Paris Fashion Week: Dior Spring/Summer 2019


  • Paris Fashion Week: Dior Spring/Summer 2019
    Tarian menjadi inspirasi bagi Maria Grazia Chiuri, Creative Director Dior untuk koleksi Spring/Summer 2019. (Foto: Julia Perie/ChristianDior)


    Tarian sudah lama menjadi inspirasi dunia mode. Kali ini, tarian pun jadi inspirasi bagi Maria Grazia Chiuri, Creative Director Dior untuk koleksi Spring/Summer 2019. 

    Tampil di Paris Fashion Week beberapa waktu lalu, peragaan busananya pun kemudian diset sedemikian rupa ala pertunjukan tari yang dikoreografi oleh Sharon Eyal, salah satu koreografer ternama saat ini. 



    Tari tak hanya dianggap sebagai salah satu bentuk olah tubuh tapi lebih dari itu, juga merupakan harmonisasi dari gerak, musik dan irama. Dan peragaan kali ini menegaskanbahwa tari dan fashion, sama-sama mengajari kita untuk menghargai tubuh. 

    (Baca juga: NYFW: Spring 2019 Michael Kors Collection)

    Dalam catatan peragaan yang dirilis Dior, untuk koleksinya kali ini, Chiuri disebutkan terinspirasi dari sejumlah seniman tari seperti Loïe Fuller, Isadora Duncan, Ruth Saint Denis, Martha Graham dan Pina Bausch. 


    (Foto: Julia Perie/ChristianDior)

    "Tari dapat dikatakan medium universal dalam menunjukkan ekspresi, dan gestur kontemporer yang menstimulasi imajinasi saya," ujar Maria Grazia Chiuri beralasan. 

    Koleksinya kemudian merentang dalam rangkaian busana yang ringan dan segar, dari bodysuits, tanks dan jumpsuits yang hadir dalam warna variasi nude, dan menyatu dalam gerak tubuh.

     

    (Foto: Julia Perie/ChristianDior)

    Beberapa di antaranya juga ada rok yang mengembang, tutu dan kesan jatuh yang elegan sehingga bergerak sesuai tubuh. Menampilkan volume yang spesifik hingga kostum tari tradisional, yang merefleksikan budaya pop. 

    Sedangkan, materinya sendiri terdiri dari tulle, dengan korset yang digantikan atasan simple. Menangkap semangat hip hop, koleksi ini turut menghadirkan jeans dan siluet yang rileks. 

    (Baca juga: NYFW: Spring 2019 Coach 1941)

    “Ini bukan sekadar pertanyaan akan bentuk tubuh yang sempurna, tapi juga fleksibilitas dan kekuatan akan gerak," ujar Sharon Eyal. 


    (Foto: Julia Perie/ChristianDior)

    Seperti halnya tari yang juga sebuah seni yang mengalami perubahan, busana juga demikian lewat motif yang beragam, yang disampaikan melalui lukisan tangan dan menimbulkan efek sinematik tersendiri. 

    Koleksi Spring/Summer 2019 DIor kali ini menujukkan energi yang besar akan perayaan akan tubuh. Energi yang hadir menampilkan koleksi yang stylish dan sekaligus ledakan imajinasi yang kuat.