'Barbie Batik Kirana', Kala Barbie Berbusana Batik


  • 'Barbie Batik Kirana', Kala Barbie Berbusana Batik
    Barbie berkolaborasi dengan Iwan Tirta Private Collection menghadirkan dua koleksi barbie dengan batik yang khas dan gemerlap. (Foto: StephanieTanggara/herworldIndonesia)


    Seiring dengan peringatan Hari Batik Nasional, 2 Oktober, Barbie meluncurkan produk terbarunya hasil kolaborasi dengan desainer batik Iwan Tirta Private Collection di La Moda, Plaza Indonesia. 

    Bertajuk “Barbie Batik Kirana”, koleksi ini memetik inspirasi dari nilai-nilai luhur budaya Indonesia yang bertujuan untuk menginspirasi serta membangun generasi muda bangsa. Selain itu koleksi ini juga merupakan kali pertamanya Barbie berkolaborasi dengan desainer fesyen Indonesia.



    Nama koleksinya sendiri, “Kirana” memiliki arti yang dalam yakni, harapan bagi kaum wanita indonesia untuk tetap bersinar.

    (Baca juga: Daftar Promo Khusus yang Ramaikan Hari Batik Nasional)

    Melalui kolaborasinya tersebut, Barbie meluncurkan dua produk cantiknya dengan dua motif serta model busana berbeda. Di antaranya, yang pertama dinamai “Sawunggaling Latar Kopi Pecah”, yang berarti seorang pemimpin selayaknya berlaku adil dan seimbang. Hal ini ditunjukkan dengan gaun potongan A-line berdasarkan hitam dengan desain motif batik yang sangat anggun pada bagian rok gaun serta dilengkapi dengan aksesoris emas.

    Batik Barbie

    Sedangkan, Barbie yang kedua disebut dengan “Kawung Manis” yang berarti harapan untuk selalu bijaksana dan rendah hati. Hal tersebut digambarkan dari dua potongan produk yakni atasan putih, serta rok panjang dengan potongan lurus yang dipenuhi dengan motif batik, kali ini juga dilengkapi dengan kalung berwarna cerah serta tas rajutan yang membuat keseluruhan mood cenderung lebih santai dibandingkan dengan produknya yang pertama. 


    (Kawung Manis. Foto: StephanieTanggara/herworldIndonesia)

    Kolaborasi antara Barbie Mattel dan Iwan Tirta juga merupakan bentuk kampanye dari Barbie Mattel yang berbunyi “Barbie You Can Be Anything”, dimana dari koleksinya ini Roy Tandean, President director Barbie di Indonesia berharap bisa memberi inspirasi dan mendukung anak-anak muda Indonesia untuk meneruskan budaya luhur bangsa dengan menjadi desainer batik serta mengejar mimpi-mimpi mereka.

    “Memang sejak awal mula berdirinya Iwan Tirta batik, tujuan Pak Iwan Tirta sendiri adalah untuk menjadi jembatan antara nilai luhur budaya Indonesia dan generasi muda bangsa” ujar Widharmika Agung, CEO Iwan Tirta Private Collection.

    (Baca juga: Show di Bahrain, Ferry Sunarto Pamer Batik dan Kebaya)

    Pernyataan tersebut juga menjadi alasan mengapa ia memutuskan berkolaborasi dengan Barbie Martell. Widharmika melihat motif dan latar belakang serta tujuan yang selaras antara beliau dan perusahaan Barbie Mattel sendiri yaitu untuk memperkenalkan batik kepada rakyat Indonesia sejak usia dini.


    (Foto: Dok/BarbieXIwanTirtaPrivateCollection)

    “Dari produk ini kami bukan hanya ingin memperkenalkan kain batik, tetapi terlebih untuk melihat dan mengapresiasi value dan nilai dari batik itu sendiri.” ujar Ivan Franco, Country Manager dari Mattel Southeast Asia.

    Jika dilihat dari segi desain motif dan pola yang digunakan, memang difokuskan kepada motif batik secara general. Hal ini disebabkan batik sudah diakui seluruh rakyat Indonesia sebagai identitas bangsa dan bukan hanya satu daerah saja.

    'Barbie Batik Kirana' dijual seharga Rp299.000 dan tersedia di berbagai toko mainan di seluruh Indonesia, dan galeri Iwan Tirta Private Collection.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below