15 Tempat Wisata di Medan dan Sekitar


  • 15 Tempat Wisata di Medan dan Sekitar
    (Foto: GNNick/Shutterstock/ClickPhotos)

    Sumatra Utara, terutama Medan, sudah menjadi tempat wisata kuliner bagi wisatawan Indonesia. Tidak hanya kulinernya saja yang menarik, namun, tempat-tempat seru, wisata alam dan lokasi bersejarah lainnya dapat membuat Anda banyak belajar betapa indahnya negeri ini.

    (Baca juga Artikel: Negara Bebas Visa untuk Wisata Bulan Ramadhan)

     



    Maha Vihara Adhi Maitreya

    Sebagai Vihara terbesar di Indonesia, Vihara Maha Adhi Maitreya atau Vihara Cemara Asri ini mempersilahkan pengunjung untuk masuk secara gratis. Namun yang harus Anda ingat untuk selalu menjaga ketenangan di sini karena vihara merupakan tempat suci bagi umat Budha untuk berdoa.

     

     

    Air Terjun Sipiso-piso

    Terletak dekat dengan Gunung Sipiso-piso, Air terjun dengan tinggi 120 meter ini menjadi salah satu daya tarik bagi para pengunjung. Anda pun bisa menikmati panorama danau Toba dari lokasi air terjun.

    (Baca juga Artikel: Hotel Budget Under IDR 500,000 di Bali)

     

     

    Gunung Sibayak

    Anda dapat melihat jelas keindahan kota Medan dari gunung Sibayak yang merupakan salah satu gunung api yang masih aktif. Dalam waktu dua jam dari kota Medan yang Anda tempuh, tentu tidak akan sia-sia ketika melihat pemandangan di atas Gunung Sibayak pada saat matahari terbenam.

     

     

    Graha Santa Maria Annai Velangkanni

    Gereja umat Katolik yang ada di Medan ini memang unik karena terlihat seperti kuil Hindu. Awalnya dibangun oleh orang Tamil beragama Katolik dari India di kota Medan.

     

    (Baca juga Artikel: Hotel Budget Under Rp 300,000 di Malang)

     

     

    Taman Alam Lumbini

    Memiliki lokasi di kaki gunung Sibayak, taman alam lumbini dapat Anda kunjungi secara gratis. Ada pagoda-pagoda yang mirip seperti di Myanmar dan beberapa patung Budha, stupa dan lainnya, membuat Anda merasa seperti di negara yang berbeda, terlebih karena udaranya yang sejuk.

     

     

    Huta Siallagan

    Jika Anda berkunjung ke Huta Siallagan, Anda dapat melihat pemandangan rumah bolon dan sopo. Lucunya di sini ada deratan kursi tempat di mana ketua adat duduk, permaisuri, dan lainnya yang masih dijaga.

     

    (Baca juga Artikel: 8 Tempat Paling Instagrammable di Belgia)

     

     

    Cagar Alam Sibolangit

    Sekitar satu jam dari kota Medan, Anda akan menemukan tempat peristirahatan yang asri. Di sini Anda dapat mencoba segala aktivitas yang membuat Anda semakin dekat dengan alam.

     

     

    Pantai Pandan

    Bagi Anda yang suka berselancar, pantai pandan merupakan salah satu destinasi yang masih belum terlalu banyak diketahui. Hamparan pasir lembut dan omak biru yang pasti akan menjadi kecintaan para peselancar.

     

    (Baca juga Artikel: Tempat Wisata Paling Cantik di Myanmar)

     

     

    Danau Toba

    Siapa yang tidak kenal danau dengan pulau vulkanik yang ada di tengahnya ini? Selain menjadi salah satu tempat wisata yang dibanggakan di Indonesia, sejarah dan cerita mitologinya pun selalu dikenang oleh masyarakat Sumatra Utara. Bagi Anda yang ingin mengunjungi danau Toba, Anda dapat meluangkan waktu dua hari satu malam di sini, banyak hotel dan tempat penginapan yang ada di sekitarnya untuk Anda santai sejenak dari hiruk pikuk kota Medan.

     

     

    Pulau Samosir

    Pulau Samosir ini terletak di tengah danau Toba dan dapat Anda kunjungi dengan menyewa perahu yang dapat membawa Anda ke sana. Sayang sekali jika Anda lewatkan ketika sudah sampai di danau Toba.

     

    (Baca juga Artikel: Tempat Wisata di Surabaya yang Harus Dikunjungi)

     

    Masjid Raya Medan

    Masjid Raya Medan dibangun pada tahun 1906 dan dulunya menyatu dengan kompleks istana. Anda akan dibuat kagum dengan percampuran budaya yang ada di masjid yang megah ini, terlebih karena ukurannya yang besar dan bertahan selama hampir satu abad!

     

     

    Istana Maimun

    Istana yang berada di dekat Masjid Raya Medan ini didesain oleh arsitek asal Italia, dan juga merupakan contoh percampuran budaya yang kental.

     

    (Baca juga Artikel: Tempat Wisata yang Hits dan Istimewa di Kota Jogja)

     

    Pulau Nias

    Jika Anda merindukan sebuah pulau yang sepi dan nyaman, Nias lah jawabannya. Ada enam penerbangan dari Medan ke Nias yang hanya memakan waktu 50 menit dan harganya pun tidak mahal. Mengenal budaya Nias sangatlah menarik, terlebih menikmati alamnya yang indah.

     

     

    Air Terjun Sigura-gura

    Air terjun sigura-gura adalah air terjun tertinggi di Indonesia yang terletak di kawasan perbukitan di Sumatra Utara. Dari kejauhan, dentuman airnya sudah dapat Anda dengar, sehingga mampu membuat Anda merasa bersatu kembali dengan alam.

     

    (Baca juga Artikel: 8 Hewan Liar yang Bisa Ditemui di Alam Bebas Indonesia)

     

     

    Rumah Tjong A Fie

    Dulunya, Tjong A Fie adalah seorang pengusaha asal Tiongkok yang berhasil membuka perkebunan besar di Sumatra Utara. Oleh karena kesuksesannya, ia pun diangkan menjadi kaum bangsawan di Sumatra Utara. Tidak hanya itu, ia pun seorang yang dermawan, karena pada saat ia menghembuskan nafas terakhir, ia memberikan wasiat agar seluruh penghasilannya diberikan kepada yayasan yang dapat menyekolahkan para pemuda berbakat.

    Sekarang, kecintaan orang Sumatra Utara kepada Tjong A Fie pun tidak pernah hilang sehingga rumahnya dijadikan tempat wisata agar para wisatawan dapat belajar banyak dari kehidupan Tjong A Fie.



    0


    0


 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below