8 Manfaat Makan Cokelat Pahit Secara Rutin


  • 8 Manfaat Makan Cokelat Pahit Secara Rutin
    (Foto: Brenda Carson/Shutterstock/Clickphotos)

    Siapa yang tidak senang memakan cokelat? Ternyata, mengonsumsi cokelat pahit mampu memberikan dampak baik bagi kesehatan tubuh. Simak 8 manfaak makan cokelat pahit secara rutin berikut ini.

    (Baca juga artikel: 5 Manfaat Tersenyum untuk Kesehatan)

    Meningkatkan kerja otak



    Mengonsumsi cokelat dengan tingkat flavanol yang tinggi akan meningkatkan aliran darah ke otak dan kafein serta theobromine yang terkandung di dalam cokelat pahit juga akan meningkatkan kerja otak dalam jangka pendek.

    Melancarkan aliran darah

    Kandungan bioaktif yang ada di cokelat pahit meningkatkan sirkulasi darah, termasuk aliran darah ke bola mata sehingga kesehatan mata pun juga akan membaik.

    (Baca juga artikel: Cara Mencegah Penyakit Demensia)

    Mengurangi resiko terserang stroke

    Menurut hasil riset yang dilakukan di Swedia, mengonsumsi lebih dari 45 gram cokelat setiap minggu akan mengurangi resiko terserang stroke pada wanita sebesar 20%.

    Mengurangi resiko terserang penyakit jantung

    Tidak hanya stroke, cokelat pun akan mengurangi resiko Anda terserang penyakit jantung karena salah satu makanan paling populer di dunia ini akan mencegah terjadinya penggumpalan darah.

    (Baca juga artikel: 5 Tren Makanan Sehat Tahun Ini)

    Mencegah kanker

    Pentameric procyanidin yang terkandung di dalam cokelat pahit mampu mencegah penyebaran sel kanker, sehingga pertumbuhan dari kanker pun dapat ditahan dan sel-selnya berhenti menyebar.

    Mencegah diabetes

    Salah satu makanan yang dapat meningkatkan insulin adalah cokelat, sehingga dapat membantu Anda menghindari diabetes.

    (Baca juga artikel: Tips Sehat Untuk Wanita Karier)

    Baik untuk kulit

    Meskipun tidak semua wanita senang mengonsumsi cokelat pahit, namun sebenarnya makanan ini justru baik untuk kulit. Flavanol yang ada di dalam cokelat juga mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, meningkatkan aliran darah ke kulit serta hidrasi.

    Memperpanjang usia

    Kabar terbaiknya adalah berdasarkan hasil riset yang telah dilakukan oleh Universitas Harvard, memakan cokelat dapat menambah dua tahun dari perkiraan umur hidup Anda. Wanita tertua yang pernah hidup di dunia, Jeanne Louise Calment, mampu bertahan hingga 122 tahun karena ia mengonsumsi sekitar 1.1 kilogram cokelat pahit setiap minggu.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below