Cara Mencegah Penyakit Demensia


  • Cara Mencegah Penyakit Demensia
    (Foto: Yuganov Konstantin/Shutterstock/Clickphotos)

    Sebelumnya, her world sudah pernah membahas mengenai gejala umum demensia yang perlu Anda ketahui. Lalu, hal apa saja yang harus dilakukan untuk mencegah penyakit demensia? Menurut Times of India, sejumlah langkah berikut bisa membantu pencegahan demensia.

    (baca juga artikel: 10 Gejala Demensia yang Perlu Diketahui)

    Mengonsumsi ikan



    Penelitian menunjukkan bahwa asam lemak Omega-3 mampu mencegah Alzheimer dan demensia. Perbanyaklah mengonsumsi ikan air dingin seperti tuna, salmon, atau sarden.

    Hindari stres

    Karena stres membuat otak bekerja keras. Sebuah penelitian di Swedia pada tahun 2010 menunjukkan bahwa wanita yang sering stres lebih rawan menderita demensia ketika tua.

    Tidur cukup

    Mendapatkan tidur yang cukup sangat penting bagi kesehatan tubuh dan otak. Pasien yang mengalami kesuitan tidur seringkali dikaitkan dengan munculnya penyakit Alzheimer di kemudian hari.

    Hindari rokok dan alkohol

    Kebiasaan minum alkohol dan merokok bisa meningkatkan risiko Alzheimer hingga tujuh tahun ke depan. Berhenti merokok bisa melancarkan peredaran darah ke otak.

    Latihan asah otak

    Tajamkan otak Anda dengan permainan yang bisa mengasah otak, seperti puzzle, catur, dan lainnya. Aktivitas yang mengasah otak akan menguatkan koneksi antara sel saraf dalam otak. Hal ini akan membuat otak semakin kebal terhadap kerusakan.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below