Food & travel

Jangan Lewatkan 5 Kuliner yang Lagi Hits di Bandung!

By : Her World Indonesia - 2024-05-23 19:40:01




Kulineran ke Bandung rasanya kini sudah menjadi gaya hidup yang wajib dilakukan di sela-sela waktu berlibur. Bahkanorang-orang akan rela bermacet-macetan tiap akhir pekan hanya untuk menyantap sajian baru nan unik yang hadir di Kota Kembang ini. Mulai dari jajanan pinggiran hingga restoran sunda pun dijajali oleh masyarakat. Tak jarang bahkan macam makanan yang populer di Bandung pun akan muncul 'dupe'-nya di berbagai kota lain. Sebab, hanya dengan memberikan julukan 'asal Kota Bandung', tempat kulineran pasti akan langsung ramai pengunjung.


Terdapat persepsi tersendiri bahwa kulineran asal Bandung sudah pasti memiliki cita rasa yang lezat dan mengunggah selera. Sebut saja seperti makanan khas bernama cimol atau cilok digemol (makanan baso dari sagu), Brownies Amanda, Klapertart Bandung, dan kue kering Ina Cookies yang selalu menjadi incaran masyarakat.


Apabila kamu berencana ingin menyantap kuliner Bandung saat long weekend ini, kunjungilah sederet tempat kuliner yang lagi hits di bawah ini. Dijamin enggak akan nyesal!


1. Tji Laki 9


(Perpaduan bolu dan butter yang creamy. Foto: Dok. tjilaki9/Instagram)


Tji Laki 9 ini menjadi surga bagi penggemar bolu pisang yang autentik! Terletak di Jalan Cilaki No. 9, Tji Laki 9 mengusung konsep vintage pada toko mininya. Saat berkunjung ke sini, kamu bisa mencicipi cita rasa bolu pisang jadul yang akan membawamu bernostalgia. Tji Laki 9 menawarkan empat varian bolu pisang: keju, kacang, cokelat, dan stroberi. Menariknya lagi, kamu akan menyantap bolu pisang ini dengan topping butter! Perpaduan keduanya akan terasa leleh dimulut dan lezat. Tertarik mencicipi semua rasa? Kamu bisa membelinya dalam potongan yang seharga Rp25.000! Selain potongan, kamu pun tetap bisa membeli bolu pisangnya dalam bentuk loaf yang dihargai Rp140.000.


(Baca juga: 3 Menu Enak dan Lebih Sehat, Ada di Grand Indonesia)


2. Cuanki Asli Bandung (CAB)

(Sajian cuanki dengan kaldu gurih. Foto: Dok. kantin_cab/Instagram)


Saat berkunjung ke Bandung, rasanya kurang lengkap kalau tidak mencicipi cuanki asli kota ini. Cuanki Asli Bandung (CAB) yang terletak di KPAD ini menjadi pilihan kuliner banyak orang termasuk masyarakat asli Bandung. CAB menyuguhkan cuangki berkuah bening nan padat rasa yang dilengkapi nuansa tempatnya yang homey. CAB sebenarnya berada di dalam rumah sehingga akan terasa nyaman saat kamu berkunjung dengan keluarga atau teman-temanmu!Salah satu signature CAB adalah cuangki bakso urat dengan dagingnya lembut dan pangsitnya yang gurih.

3. Khap Noodles


(Berbagai macam mie dengan cita rasa khas Thailand. Foto: Dok. khapnoodles/Instagram)


Lagi craving bakmi? Kamu bisa mengunjungi Khap Noodles! Berbeda dengan bakmi klasik yang biasa kamu jumpai di Bandung, tempat yang satu ini menawarkan bakmie khas Thailand, lho. Dengan harga yang terjangkau, mulai dari Rp12.000, kamu dapat mencicipi mie bertekstur kwetiau dengan kuah tom yam asam yang segar. Selain itu, kamu juga tetap bisa mencicipi mie tradisional dengan tekstur yang lebih tipis atau pun menu nasi gorengnya dengan cita rasa nanas. Keunikan dari Khap Noodles tak hanya terletak pada makanannya saja, tapi juga hadirnya photobooth yang bisa digunakan untuk pengunjung! Penasaran? Kamu bisa langsung mengunjungi Khap Noodles di Jalan Pasir Kaliki No. 23.


4. Seroja Bake


(Tampilan menu signature Pavlova. Foto: Dok. serojabake/Instagram)


Tak hanya menjadi surga bagi kaum pencinta kue, Seroja Bake dikenal sebagai bakery lokal yang memanfaatkan cita rasa Nusantara. Sebab, kue yang diproduksi menggunakan bahan baku asli dari Indonesia. Terinspirasi dari jajanan khas Indonesia, Seroja Bake menyajikan pavlova yang dihiasi buah-buahan lokal dan tart jeruk kunci yang terbuat dari tepung singkong. Tak terbatas pada sajian manis saja, Seroja Bake pun menghadirkan menu asin seperti quiche rendang singkong. Berlokasi di Jalan Cihapit No. 21 C, kamu bisa menyantap makanannya dengan nuansa outdoor yang rindang. Psst, ada free snacks juga di sini!


5. Dumuk Bareto

(Nuansa alam yang menyatu dengan kenikmatan camilan tradisional. Foto: Dok. dumukbareto/Instagram)


Setelah mencicipi aneka ragam kue hingga bakmie, tentunya lidah akan merindukan makanan yang lebih familier, bukan? Nah, Dumuk Bareto bisa menjadi pilihanmu! Restoran ala Sunda di Bandung ini cocok untuk dikunjungi bersama keluarga karena nuansanya yang mirip resto jaduloutdoordan akan membuatmu merasa nyaman. Berlokasi di tengah Kota Bandung, Dumuk Bareto menyajikan area khusus tempat makan dan juga ngopi! Kamu bisa mencicipi masakan Sunda seperti ayam, sayur asam, dan lainnya dengan konsep prasmanan yang nantinya akan mereka masak langsung di hawu. Sementara jika kamu tertarik untuk ngopi sambil bersantai, terdapat pilihan camilan gorengan dan bubur sumsum.


(Baca juga: Intip 6 Cara Makan Sushi yang Benar di Jepang)


Eksplorasi tempat kulineran memang menjadi kegiatan wajib saat berkunjung Bandung. Namun, dengan maraknya informasi terkait kulineran di media sosial dapat membuatmu kebingungan untuk mencobanya. Kelima rekomendasi kuliner yang lagi hits di Bandung oleh Her World di atas dapat menjadi pilihanmu untuk memberikan pengalaman menyantap yang berbeda!


(Penulis: Zahrah Pricila)