Food & travel

Intip 6 Cara Makan Sushi yang Benar di Jepang

By : Her World Indonesia - 2024-05-15 17:00:02 Intip 6 Cara Makan Sushi yang Benar di Jepang

Sushi merupakan hidangan khas Jepang yang sudah mendunia dan menjadi makanan favorit semua orang. Hampir di berbagai negara dan sudut kota akan dihiasi dengan restoran-restoran sushi yang variatif. Sushi khususnya menjadi jenis makanan yang cocok dengan perut orang-orang Indonesia. Sebab, dalam sushi terdapat nasi (shari) dan lauk di atasnya (neta). Tak hanya itu saja, sushi pun dihidangkan dalam ragam bentuk dan rasa. Setidaknya terdapat sembilan macam sushi, di antaranya mazikushi (nasi dan isian digulung ke dalam rumput laut), nigiri (nasi dengan topping ikan), inari-zushi (nasi dan isi dibaluti kulit tahu goreng), dan masih banyak lagi. Keunikan sushi membuatnya menarik nan lezat di mata orang-orang yang melahapnya.


Sushi terlihat mudah untuk disantap karena bentuknya yang padat. Sayangnya, masih banyak yang menggunakan cara yang salah saat menyantapnya. Padahal setiap makanan yang berasal dari Jepang ini memiliki unsur budayanya tersendiri dan ada etika tersirat yang perlu diikuti.

Biar enggak semakin bingung, kamu bisa ikuti cara-cara benar makan berbagai macam sushi ala lokal Jepang yang telah Her World rangkum.


1. Balikan Posisi Sushi Saat Celup Ke Bumbu


Siapa yang masih mencelupkan bagian nasi sushi ke kecap asin? Mulai sekarang, hindari melakukan ini ya! Nantinya nasi akan menyerap terlalu banyak kecap dan menjadi terlalu asin. Selain itu, bentuknya pun akan menjadi terlalu lembek untuk disantap. Jika ingin menambah cita rasa bumbu seperti kecap asin, balikkan terlebih dahulu sushinya dengan posisi nasi di bagian atas dan lauk di bagian bawah. Jadi lauknya yang akan tercelup ke bumbu.


(Baca juga: Ada Pastry & Bakmie, Ini 5 Restoran & Kedai Baru di Blok M)


2. Makan Sushi dengan Tangan


Selain menggunakan sumpit, makan sushi sangat dianjurkan menggunakan jari tangan. Namun, pastikan kamu membersihkan tanganmu terlebih dahulu, ya! Kamu tetap perlu memperhatikan posisi jari saat memegang sushi khususnya jenis nigiri. Posisikan ibu jari di bagian ikan. Sementara telunjuk dan jari tengah di bagian nasinya. Saat menyantapnya, pastikan bagian ikannya menyentuh ke lidah terlebih dahulu. Dengan cara ini, bentuk sushi tetap terjaga dan kamu bisa mendapatkan cita rasa yang segar.


3. Hindari Celup Gunkan-Maki Sushi Ke Kecap

(Gunkan-maki dengan beragam topping. Foto: Dok. kojorestaurant/Instagram)

Gunkan-maki merupakan jenis sushi yang isiannya digulung dalam rumput laut. Cara makannya pun berbeda dengan sushi nigiri yang dicelupkan ke kecap. Kamu perlu menuangkan kecap asin ke atas gunkan-maki agar membaluri seluruh bagian sushi dengan rata dan tidak merusak bentuknya.


4. Awali Menyantap Sushi dengan Rasa Ringan

(Sushi nigiri terbuat dari Japanese halfbeak. Foto: Dok. ginzasushiichisingapore/Instagram)


Sushi memiliki berbagai macam isian dan rasa. Kalau kamu ingin mencoba aneka ragam sushi sekaligus, mulailah dengan sushi yang dilengkapi rasa ringan dan halus. Contohnya, utamakan sushi dengan topping ikan daging putih dibandingkan tuna. Sebab, tuna berlemak dan memiliki cita rasa yang lebih kuat. Sederhananya lagi, kamu bisa urutkan dari sashimi (daging ikan tanpa nasi), nigiri (ikan dengan nasi), dan maki roll (sushi digulung rumput laut).


5. Taruh Wasabi di Antara Nasi dan Ikan


(Pisahkan wasabi dan kecap asin saat menyantap sushi. Foto: Dok. Ivan Samkov/Pexels)


Kebanyakan orang meletakkan wasabi di atas sushi. Padahal cara tersebut hanya berlaku untuk sushi sejenis gunkan-maki. Ada pula yang mencampurkannya dengan kecap asin yang kemudian diaduk rata. Namun, cara yang sebenarnya adalah memisahkan wasabi dengan bumbu cocolan. Jadi, kamu bisa menyembunyikan wasabi di antara balutan ikan dan nasi. Dengan cara ini, perpaduan pedas gurih pun akan lebih terasa di lidah.


6. Acar Jahe Setelah Makan Sushi

(Acar jahe menjadi makanan pendamping yang wajib disantap setelah sushi. Foto: Dok. hyokimchi/Instagram)


Saat makan sushi, biasanya kamu juga akan dihidangkan makanan pelengkap seperti acar jahe (pickled ginger). Sayangnya, sebagian orang masih makan acar jahe bersamaan dengan sushi. Tak jarang juga orang-orang memakannya sebagai camilan saat menunggu sushi datang. Padahal acar jahe disajikan untuk dikunyah di antara santapan sushi agar menyegarkan dan menetralisir mulut dari rasa sushi sebelumnya. Hal ini dilakukan agar rasa dari jenis sushi yang dicoba berikutnya tidak tercampur.


(Baca juga: Pertama di Yogyakarta, Restoran ini Sajikan Dry-aged Premium)


Jepang merupakan negara yang kental akan budaya dan tradisi dalam kehidupan sehari-harinya. Bahkan dari tata cara makan pun Negara Sakura ini memiliki peraturan tersirat yang perlu dilakukan untuk menghargai chef yang membuatnya. Sushi menjadi salah satu makanan otentik Jepang yang terikat pada tradisi di sana. Sayangnya, tata cara ala Jepang ini tidak diterapkan dengan baik oleh orang-orang yang mencoba sushi di luar Jepang. Bagi kamu yang masih bingung cara makan sushi di restoran ala orang-orang lokal Jepang, bisa menerapkan enam tips di atas dan rasakan momen makan sushi yang berbeda. 


(Penulis: Zahrah Pricila)


Food & travel