Life & health

Latih Kesehatan Fisik & Mental, Kenali 6 Manfaat Leg Day!

By : Her World Indonesia - 2024-06-13 15:00:01 Latih Kesehatan Fisik & Mental, Kenali 6 Manfaat Leg Day!

Saat melihat berbagai konten fitness di media sosial, kamu pasti akan sering menemukan istilah “never skip a leg day”. Istilah ini merujuk pada macam olahraga yang fokus melatih kaki agar lebih kuat dan padat. Meski masih ada yang sering melewatkannya, leg exercise dapat dilakukan secara mudah di mana saja tanpa kamu perlu ke gym. Beberapa contohnya yang sering dilakukan adalah squat, burpees, lunges, dan calf raise. Istilah leg day tak hanya merujuk pada gerakannya saja, tapi juga mencerminkan segudang manfaat yang dirasakan jika rutin melakukan olahraganya. Untuk memahami manfaatnya secara lengkap, simak penjelasannya di bawah ini!


1. Memperbaiki Keseimbangan Tubuh

(Kaki lebih kuat dan seimbang saat memakai heels. Foto: Dok. Angela Roma/Pexels)

Ketika tubuh dibiasakan untuk berolahraga dengan menggunakan kedua kaki sekaligus, ada kemungkinan terjadinya ketidakseimbangan otot di kedua kaki seiring berjalannya waktu. Sementara dengan melakukan leg exercise yang fokus melatih kaki kanan dan kiri secara satu per satu dapat membantu menyelaraskan dan memperbaiki ketidakseimbangan otot di kaki. Kamu akan lebih kuat dan fleksibel saat bergerak sehari-hari. Khususnya bagi perempuan, rutin melatih otot kaki akan memudahkanmu untuk berjalan dengan hak tinggi lebih lama.


(Baca juga: 6 Pasangan Sayur dan Lauk yang Cocok Untuk Defisit Kalori)


2. Menstimulasi Hormon


(Melatih otot kaki dapat meningkatkan respons tubuh pada stres. Foto: Dok.  Jonathan Borba/Pexels) 

Salah satu manfaat leg day yang unik ialah mampu merangsang berbagai hormon yang baik untuk tubuh. Saat fokus melatih otot kaki, hormon yang diproduksi berupa kortisol, testosteron, dan human growth hormone (HGH). Ketiga hormon ini pun menargetkan fungsi yang berbeda. Kortisol secara spesifik melatih tubuhmu untuk bisa merespons stres dan juga meningkatkan metabolisme lemak. Sementara testosteron dapat memperbaiki protein otot yang rusak. HGH memiliki manfaat yang serupa dengan kedua hormon sebelumnya. Hanya saja HGH juga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh.


3. Membakar Kalori Lebih Cepat


(Rutin melatih otot kaki bisa lebih banyak membakar kalori. Foto: Dok. cottonbro studio/Pexels)

Semua jenis olahraga memang membakar kalori dan bisa menurunkan berat badan. Namun, tingkat efektivitasnya tentu berbeda. Leg exercise menjadi salah satu olahraga yang tak hanya melatih kekuatan otot, tapi juga membakar kalori untuk energi yang lebih besar. Seperti yang umum diketahui, semakin banyak serat otot (muscle fibers) yang digunakan dalam berolahraga, semakin banyak pula energi yang digunakan dan kalori yang terbakar. Nah, kaki menjadi salah satu area yang memiliki banyak serat otot. Alhasil, ketika memaksimalkan pelatihan otot kaki, kamu bisa merasakan efek pembakaran kalori secara langsung.


4. Memperkuat Otot Inti

(Tak hanya memperkuat otot kaki, tapi juga core muscles. Foto: Dok. Scott Webb/Pexels)

Terdapat persepsi bahwa leg exercise hanya memberikan manfaat untuk kaki saja. Namun, faktanya, melatih otot kaki bisa memperkuat otot inti atau core muscle. Bagi kamu yang masih bingung, otot inti terletak pada bagian tengah tubuh yang mengelilingi tulang belakang dan juga panggul. Maka, tak hanya berperan menjaga postur tubuh yang baik, otot inti yang kuat akan melindungimu dari berbagai macam cedera seperti cedera punggung.


5. Mengurangi Nyeri Punggung Bawah

(Kurangi rasa nyeri pada punggung bawah dengan rutin leg exercise. Foto: Dok. Karolina Kaboompics/Pexels)

Kini orang-orang lebih banyak bekerja di rumah saja atau work from home (WFH). Meski memudahkan, WFH juga bisa memberikan dampak buruk pada tubuh, salah satunya nyeri di bagian punggung bawah. Sebab, pekerja WFH umumnya lebih banyak duduk di satu tempat selama berjam-jam. Hal tersebut dapat membuat otot menjadi lebih lemah dan tegang apalagi jika kamu hendak berdiri atau melakukan aktivitas lain. Rasa nyeri ini perlahan bisa kamu atasi dengan melatih otot kaki untuk bisa memaksimalkan fungsinya sebagai penopang tubuh dan memudahkanmu untuk beraktivitas.


6. Meningkatkan Kepercayaan Diri


(Tampil lebih percaya diri dengan melewati tantangan leg exercise. Foto: Dok. Andrea Piacquadio/Pexels)

Tak terbatas pada kesehatan fisik, melatih otot kaki juga memberikan manfaat positif pada kesehatan mental. Orang-orang biasanya akan menghindari leg exercise karena melibatkan otot yang lebih besar sehingga perlu tekad, energi, dan konsistensi untuk bisa melakukannya. Namun, ketika berhasil melakukan serangkaian latihan otot kaki, kamu akan lebih merasa percaya diri dan mengasah pola pikir yang kuat bahwa kamu bisa melewati segala tantangan.


(Baca juga: Bikin Happy, Konsumsi 4 Buah Ini Untuk Tingkatkan Mood!)


Leg day memberikan manfaat yang positif untuk fisik dan juga mental. Meski dianjurkan untuk melakukannya tiga kali dalam seminggu, penting untuk kamu menentukan frekuensi melatih otot sesuai kondisi diri. Hal ini juga dilakukan untuk menghindari overtraining yang bisa berujung cedera. Kamu bisa melewatkan atau mengurangi intensitas leg day jika merasa lelah, pilek, radang tenggorokan, sakit perut, nyeri otot parah, dan semacamnya. Menjadi lebih mindful saat berolahraga adalah kunci untuk kamu merasakan dampaknya secara optimal.


(Penulis: Zahrah Pricila)


Life & health