Life & health

3 Gerakan Senam Lantai yang Mudah Dilakukan Setiap Pagi

By : Her World Indonesia - 2024-06-11 16:00:02 3 Gerakan Senam Lantai yang Mudah Dilakukan Setiap Pagi

Masyarakat kini semakin sadar untuk menjaga kesehatan fisik dan mental di tengah era yang serba cepat. Olahraga di luar ruangan seperti berlari, bulu tangkis, dan futsal kini semakin gencar dilakukan. Namun, bagi sebagian orang yang memiliki jadwal padat, menyelipkan waktu untuk berolahraga di luar menjadi sulit.


Bagi kamu yang mengalami hal serupa, senam lantai bisa menjadi alternatif olahraga yang dapat dilakukan di rumah dan tidak akan menganggu jadwal harianmu. Kamu hanya perlu menyiapkan matras sebagai alas senam di lantai untuk memulai berolahraga. Tertarik untuk mencoba? Her World bakal spill rekomendasi gerakan senam lantai yang bisa dilakukan di pagi hari di bawah ini!


1. Hundred

(Gerakan yang cocok untuk memulai senam lantai. Foto: Dok. livemettapilates/Instagram)


Setelah melakukan pemanasan, kamu bisa melakukan hundred sebagai gerakan sederhana yang cocok untuk memulai senam lantai. Selain mudah, gerakan yang satu ini ampuh untuk mengencangkan bagian perut, melatih otot inti (core muscles), memberi kekuatan pada paru-paru, tubuh lebih lentur, dan juga memperkuat otot bagian bawah seperti bokong.


Untuk memulai gerakan ini, baringkan seluruh tubuhmu di atas matras; lalu angkat kedua kakimu sehingga membentuk sudut 45 derajat. Sejajarkan kedua lenganmu dengan tubuh, angkat sedikit tubuh bagian atas (kepala hingga punggung). Lalu, angkat lenganmu ke atas sambil tarik napas dan ke bawah sambil buang napas secara perlahan.


(Baca juga: Kenali Perbedaan Jenis-Jenis Terapi Pijat dan Manfaatnya)


2. Glute Bridge


(Mulailah dengan perlahan agar tubuh terbiasa dengan gerakan glute bridge. Foto: Dok. ashley_parker_angel/Instagram)


Gerakan selanjutnya yang bisa kamu coba adalah glute bridge. Masih dalam posisi terlentang, kamu perlu menekuk kedua kaki dan dekatkan ke arah bokong. Posisikan kedua tanganmu di samping badan dengan telapak tangan menghadap ke bawah. Lalu, angkat pinggulmu ke atas hingga lutut dan bahu membentuk garis lurus. Tahan posisinya selama beberapa saat. Setelahnya, turunkan kembali pinggul secara perlahan.


Ulangi gerakan ini 10 sampai 15 kali. Senam lantai ini memberikan banyak manfaat untuk tubuh, salah satunya menjaga keseimbangan otot inti sehingga menurunkan risiko cedera di kehidupan sehari-hari. Tak hanya itu saja, glute brigde membantu memperbaiki postur tubuh menjadi lebih tegak.


3. Plank

(Arahkan pandangan ke lantai saat plank agar leher tidak tegang. Foto: Dok. Andrea Piacquadio/Pexels)


Untuk melakukan gerakan plank yang benar, kamu perlu meletakkan kedua tangan di atas matras dan melebarkannya sebahu. Posisikan bagian siku lurus sejajar dengan bahumu. Lalu, luruskan kakimu ke belakang layaknya ingin melakukan push-up. Setelah memastikan postur tubuhmu sudah benar, angkat badan secara perlahan sambil mengunci otot area perut agar tetap seimbang selama plank. Tahan posisinya selama 12-15 detik. Kemudian, tingkatkan durasi plank secara bertahap.


Bagi pemula, plank bisa membuat leher tegang. jadi, tips untuk menghindarinya, dengan mengarahkan pandangan matamu ke bawah dan sejajar dengan matras. Meski terkesan sederhana, plank bisa membantu turunkan berat badan dengan menghancurkan lemak perut. Selain itu, senam lantai yang satu ini juga bisa meningkatkan koordinasi pikiran dan tubuh menjadi lebih baik.


(Baca juga: Intip Manfaat dan Cara Melakukan Water Fasting yang Efektif)


Memulai hari dengan berolahraga bisa membuat hari-harimu menjadi lebih positif. Kamu tak perlu membeli alat-alat atau membership di gym untuk mulai berolahraga. Cukup siapkan matras dan kamu bisa mulai rutin menerapkan senam lantai yang kaya akan manfaatnya untuk tubuh serta pikiran. Selamat mencoba!


(Penulis: Zahrah Pricila) 


Life & health