Food & travel

Ini Dia 5 Tips yang Perlu Kamu Siapkan Untuk Solo Traveling

By : Her World Indonesia - 2024-05-04 14:00:01 Ini Dia 5 Tips yang Perlu Kamu Siapkan Untuk Solo Traveling

Untuk beberapa orang, solo traveling atau berlibur sendirian bisa jadi sesuatu yang terasa mencekam. Namun, kamu juga harus tahu bahwa solo traveling akan memberikan kepuasan dan kesenangan tersendiri untuk mereka yang mau mencobanya. Setidaknya sekali seumur hidup, kamu harus memberikan kesempatan pada dirimu untuk merasakan pengalaman ini. Kenapa? Karena solo traveling adalah cara terbaik untuk menemukan diri sendiri, menguji batasan, dan memperluas wawasan.


Mulailah dari tempat terdekat, tidak harus keluar negeri. Indonesia memiliki begitu banyak destinasi menakjubkan yang memukau untuk dieksplorasi. Mulai dari jalan-jalan di kota-kota kecil yang indah hingga mendaki gunung yang megah, pilihanmu tak terbatas.


(Baca juga: Hidden Gem! Ini 5 Negara yang Paling Jarang Dikunjungi)


Solo traveling menjadi cara yang sempurna untuk mengisi waktu luang juga membantu memperkuat kemandirian dan rasa percaya diri. Ketika kamu hanya bergantung pada dirimu sendiri untuk membuat keputusan dan mengatasi rintangan, kamu akan belajar mengandalkan dirimu sendiri dengan lebih baik. Selain itu, solo traveling juga membuka pintu untuk bertemu dengan orang-orang baru dan mengalami budaya yang berbeda dan dapat memberikan perspektif baru tentang hidup dan mengajarkan kita untuk lebih menghargai momen kecil. 


Berikut ini lima tips dan persiapan untuk solo traveling yang perlu kamu perhatikan. Penasaran? Intip rangkuman Her World di bawah ini.


1. Lakukan riset destinasi wisata

Sebelum berangkat, pastikan kamu sudah melakukan riset tentang kota hingga destinasi wisata yang akan kamu kunjungi. Ketahui informasi penting seperti cuaca, bahasa yang digunakan, budaya lokal, serta atraksi dan kegiatan yang tersedia di daerah tersebut. Dengan mengetahui lebih banyak tentang tempat tujuanmu, kamu dapat merencanakan rencana perjalanan yang lebih baik dan menghindari masalah yang tidak diinginkan.


2. Siapkan uang tunai dan copy dokumen


(Persiapan solo traveling yang harus kamu lakukan. Foto: Dok. Freepik)


Pastikan untuk membawa uang tunai dalam jumlah yang cukup dan menyimpannya di tempat yang aman selama perjalanan karena tidak semua negara atau kota terbiasa dengan metode pembayaran cashless. Selain itu, buatlah salinan dokumen penting seperti paspor, visa, dan tiket perjalanan, serta simpan di tempat yang terpisah dari dokumen asli. Hal ini akan membantu memudahkan proses jika dokumenmu hilang selama perjalanan.


3. Temukan rute perjalanan umum


Salah satu tantangan terbesar saat solo traveling adalah navigasi di tempat yang tidak familiar. Sebelum berangkat, kamu bisa mencari informasi tentang rute perjalanan umum di destinasi wisata yang akan kamu kunjungi. Ketahui jadwal dan tarif transportasi seperti bus, kereta, atau taksi lokal. Dengan demikian, kamu dapat merencanakan perjalananmu dengan lebih efisien dan menghemat waktu dan biaya transportasi.


4. Gunakan pakaian yang nyaman


(Persiapan solo traveling yang harus kamu lakukan. Foto: Dok. Freepik)


Saat melakukan solo traveling, kamu mungkin akan menghabiskan banyak waktu berjalan kaki atau berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Oleh karena itu, sangat penting untuk menggunakan pakaian yang nyaman dan sesuai dengan kondisi cuaca di tempat tujuanmu. Pastikan untuk membawa pakaian yang sesuai dengan aktivitas yang akan kamu lakukan, termasuk pakaian hangat jika kamu akan mengunjungi daerah dengan cuaca dingin.


5. Jangan ragu untuk bertanya


Ini sangat penting, jangan ragu untuk bertanya kepada penduduk lokal atau petugas wisata jika kamu membutuhkan bantuan atau informasi tambahan. Mereka biasanya akan senang membantu dan memberikan saran tentang tempat-tempat menarik yang layak kamu kunjungi, restoran lokal yang enak, atau cara terbaik untuk mencapai tujuanmu. Jadi, jadilah proaktif dalam mencari informasi dan jangan malu untuk bertanya.


(Baca juga: Ini 5 Ide Aktivitas Selama Liburan Buat Kamu yang Introvert!)


Solo traveling memang bisa terasa menegangkan, tetapi dengan persiapan yang matang kamu dapat menghadapi tantangan tersebut dengan percaya diri dan merasakan kenikmatan yang tak terlupakan.


(Penulis: Adila Firani)


Food & travel