Food & travel

Ini 5 Ide Aktivitas Selama Liburan Buat Kamu yang Introvert!

By : Her World Indonesia - 2024-03-05 15:00:02 Ini 5 Ide Aktivitas Selama Liburan Buat Kamu yang Introvert!

Dengan dunia yang terus bergerak, cepat atau lambat, dan terus berkembang kamu tentunya tidak bisa memungkiri pesona dan manfaat dari melakukan traveling. Namun, tidak semua orang bisa menemukan kenikmatan yang sama dalam setiap perjalanan. Terutama bagi kamu yang introvert, kegiatan traveling mungkin terlihat menakutkan, tetapi kamu juga bisa melihatnya sebagai alternatif yang menarik untuk mengeksplorasi dunia dengan cara yang lebih tenang dan menyenangkan. Tentunya, kamu bisa memilih solo traveling!


Traveling sendiri membawa manfaat yang tak ternilai bagi semua orang, termasuk bagi kamu yang introvert. Traveling dapat menjadi peluang untuk mengeksplorasi minat dan hobi pribadi tanpa tekanan dari lingkungan sosial yang biasa. Hal ini memungkinkan mereka untuk menikmati waktu sendiri dan merenung dengan lebih dalam tentang diri sendiri.


Selain itu, traveling juga membuka pintu untuk bertemu dengan pengalaman baru yang mungkin tidak akan ditemukan di negaranya sendiri. Ada beberapa negara yang menawarkan lingkungan yang cocok bagi traveler introvert seperti kamu untuk mengeksplorasi diri dan dunia sekitar dengan damai. Mulai dari negara-negara Nordik seperti Norwegia, Swedia, dan Finlandia atau beberapa negara lainnya. 


(Baca juga: Intip 5 Kota di Asia Yang Cocok Untuk Solo Traveling)


Her World telah merangkum aktivitas yang bisa kamu lakukan selama liburan, tentunya tidak harus membuat kamu bergerak dalam kerumunan yang padat dan menyesakkan. Kamu bisa menemui tenang dan menikmati momen kamu selama traveling dengan kegiatan-kegiatan seperti berikut ini:


1. Menikmati Alam


Jika kamu benar-benar ingin menghabiskan liburan kamu dengan suasana yang tenang dan jauh dari kebisingan kota, kamu bisa memilih negara atau tempat-tempat yang menawarkan lokasi sedikit lebih jauh dari keramaian dan mendekatkan kamu dengan alam. Menghabiskan waktu di alam terbuka seperti hutan, gunung, atau pantai dapat memberikan ketenangan dan kedamaian bagi traveler introvert. Kamu dapat melakukan kegiatan seperti hiking, camping, atau hanya duduk-duduk menikmati pemandangan alam yang menakjubkan tanpa harus pusing memikirkan interaksi dengan orang lain.


2. Mengikuti Kelas atau Workshop


Eits, tenang, sekarang ini banyak workshop yang sudah menyediakan paket pribadi atau ekslusif yang bisa kamu ambil sendiri atau cukup berdua. Jadi, kamu tetap bisa mencoba mempelajari hal baru sesuai minat atau hobi kamu tanpa khawatir mengganggu kenyamanan diri kamu sendiri. 


(Baca juga: 5 Ide Menata Polaroid di Kamar, Buat Kamar Lebih Estetik)


3. Membuat jurnal dan membaca


Liburan juga bisa menjadi waktu yang tepat untuk mengeksplorasi kreativitas melalui menulis atau membaca. Menulis jurnal perjalanan atau menceritakan pengalaman dalam bentuk cerita dapat menjadi cara yang bermanfaat bagi traveler introvert untuk merenung dan mengekspresikan diri.


4. Meditasi dan Refleksi


Menghabiskan waktu untuk meditasi atau refleksi pribadi dapat membantu kamu menghubungkan diri dengan alam sekitar dan efektif membantu kamu menyusun kembali isi kepala yang semula rumit dan riuh. Lokasi penginapan yang tenang dan nyaman bisa menjadi tempat yang cocok untuk meditasi.


5. Mengunjungi Museum atau Pameran Seni


“Di Museum kita menemukan ketenangan dalam keramaian bersama seni dan kehidupan,” kutipan itu rasanya pas untuk kamu yang introvert dan masih ragu untuk mengunjungi museum. Ketika kamu melakukan traveling, kamu bisa mencoba untuk mengunjungi museum atau pusat pameran seni di tempat tersebut untuk melihat keindahan karya seni lokal yang mereka sajikan. Salah satu pilihan terbaik saat kamu ingin menghabiskan waktu dalam keindahan seni tanpa harus berinteraksi dan menghabiskan energi untuk hal lainnya kamu bisa memilih Paris. 


Kepadatan Paris sebagai Tourism City memang tidak bisa dihindari, tetapi puluhan museum yang Paris tawarkan patut kamu pertimbangkan. Mulai dari De La Terre A La Plume, Petit Palais, Musee d'Orsay, hingga yang paling terkenal Museum Louvre. Kamu bisa memperluas pengetahuan dan apresiasi terhadap seni dan budaya yang hidup untuk waktu lama dan juga menemukan kedamaian untuk diri kamu sendiri.


Maka, traveling dapat menjadi pengalaman yang memuaskan dan bermanfaat bagi kamu yang introvert sekalipun. Yang kamu perlu lakukan adalah memilih destinasi yang sesuai dengan kepribadian kamu dan menghabiskan waktu dengan kegiatan-kegiatan yang sudah Her World rekomendasikan.


(Penulis: Adila Firani)


Food & travel