Food & travel

Hidden Gem! Ini 5 Negara yang Paling Jarang Dikunjungi

By : Her World Indonesia - 2024-02-19 17:00:02 Hidden Gem! Ini 5 Negara yang Paling Jarang Dikunjungi

Solo traveling atau melakukan perjalanan sendirian adalah pengalaman yang memiliki makna berbeda-beda bagi sebagian orang. Namun, biasanya solo traveling menjadi kenangan yang tak mudah untuk dilupakan. Sebab, melakukan solo traveling selalu melibatkan banyak hal tanpa disadari dari diri sendiri termasuk menuntut keberanian, kemandirian, dan sebagai salah satu cara untuk menenangkan diri sendiri. Meskipun tidak dapat dipungkiri masih banyak orang lebih suka bepergian dalam kelompok atau bersama pasangan karena dianggap lebih menyenangkan, melakukan solo traveling juga tetap bisa memberikanmu kesenangan dan kebahagiaan. Lebih lagi, dengan sudut pandang yang autentik.


Pertama, kamu perlu tahu bahwa ada berbagai kemungkinan alasan seseorang memilih melakukan solo traveling seperti mencari ketenangan dan refleksi diri, sementara yang lain melakukannya untuk mengasah kemandirian dan kepercayaan diri, mengunjungi tempat-tempat indah sesuai keinginan pribadi tanpa khawatir preferensi orang lain. Kedua, manfaat dari solo traveling juga memungkinkan seseorang untuk lebih terhubung dengan diri sendiri dan lingkungan sekitarnya. Membawa kamu dalam pengalaman yang unik dan menyenangkan. Ini juga merupakan cara yang efektif untuk mengatasi rasa takut dan memperluas wawasan tentang dunia.


Beberapa negara seperti Amerika, Australia, Belanda, Prancis, dan Spanyol menjadi top list country yang sering dikunjungi para solo traveler karena akses yang mudah dan tawaran destinasi yang melimpah. Selain itu, di Asia terdapat negara-negara seperti Thailand, Jepang, dan Korea Selatan yang menjadi pilihan untuk melakukan solo traveling, terutama karena biaya yang dikeluarkan cenderung lebih ringan daripada pergi ke Eropa. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa mencoba pilihan lain untuk memulai solo trip kamu. kamu bisa mencoba mengunjungi negara-negara di bawah ini untuk merencanakan perjalanan solo kamu, terutama untuk hari-hari traveling yang tenang, dan penuh pengalaman baru.


1. Andorra


(Pemandangan perkemahan yang ada di kota pas de la casa, Andorra. Foto: Dok. Wirestock)


Andorra menjadi salah satu negara terkecil di Eropa yang letaknya sangat strategis untuk bepergian ke negara-negara Eropa lainnya. Berdiri di ketinggian Pegunungan Pyrenees dan terjepit di antara Perancis di utara dan Spanyol di selatan, membuat alam dan keindahan bangunan di Andorra memikat siapapun yang mengunjunginya.


Lebih lagi, masih banyak yang belum tahu negara ini membuat kemungkinan perjalanan solo kamu menjadi semakin menyenangkan. Andorra memiliki ibu kota bernama Andorra la Vella yang menjadi salah satu ibu kota tertinggi di dunia. Salah satu saat yang tepat untuk mengunjungi Andorra adalah ketika musim dingin datang, kamu akan dimanjakan dengan perkemahan indah dan hangat dengan gunung es yang akan membuat kamu bersemangat untuk berselancar dengan warga setempat.


(Baca juga: Intip 5 Kota di Asia Yang Cocok Untuk Solo Traveling)


2. Mongolia


(Pemandangan indah yang akan menyapa kamu di Mongolia. Foto: Dok. Discover Central Asia Tour/Website)


“A Mongol without a horse is like a bird without wings,” pernah mendengar kalimat itu? Itu merupakan kalimat yang menjelaskan bahwa Mongolia merupakan negara yang berdiri dengan wilayah gurun, stepa, dan pegunungan terluas di dunia dan ada banyak kuda yang hidup berdampingan dengan masyarakat setempat. Kamu juga harus tahu bahwa Mongolia bukanlah negara kecil, negara ini tercatat di nomor 19 sebagai negara terbesar dan terluas dengan kepadatan penduduk yang rendah.


Bagi kamu yang suka alam bebas, bergerak tanpa batas di rumput-rumout hijau yang sejuk dengan komunitas kecil yang sederhana dan ramah, maka mengunjungi Mongolia adalah pilihan terbaik yang kamu lakukan! Kamu bisa berkemah di bawah langit yang berbintang hingga menjelajahi Gurun Gobi yang menakjubkan, termasuk menikmati Naadam Festival yang hanya diselenggarakan setahun sekali dengan perlombaan panahan, berkuda, dan gulat.


3. Estonia


(Bangunan-bangunan megah yang akan memanjakan mata kamu selama traveling di Estonia. Foto: Dok. Megan Arzbaecher/Instagram)


Estonia rasanya sempat dilupakan oleh dunia, terutama karena negara ini pernah menjadi jajahan Soviet dalam sejarahnya. Namun, lupakan gambaran Estonia yang hambar dan tidak menarik karena inilah saatnya bagi kamu untuk melihat indahnya Estonia. Ibu kota Estonia disebut, Tallinn merupakan kota abad pertengahan yang paling terpelihara dan terjaga keasliannya di sepanjang Eropa utara. Estonia menawarkan hutan indah dengan sauna khas yang akan membantu kamu meregangkan tubuh dengan kesunyian dan suara-suara alam yang menenangkan. 


4. Wales


(Pemandangan alam dan ketenangan yang ada di Pembrokeshire, Wales. Foto: Dok. Hawlfraint Goron/Website)


Wales merupakan negara terkecil dalam jajaran negara-negara di bawah United Kingdom. Wales juga dikenal sebagai the country where history meets timeless beauty karena keindahan setiap sudut kota yang memesona, tempat di mana sejarah bernafas melalui jalan-jalan berbatu dan keajaiban arsitektur. Dengan katedralnya yang menakjubkan, arsitektur abad pertengahan, dan taman yang tenang, Wales adalah permata tersembunyi yang menjanjikan perjalanan dan magic yang melintasi waktu.


Bagi kamu yang sangat menyukai berjalan, Wales menawarkan Vicar’s Close, salah satu jalanan tertua di Eropa yang akan membuat kamu bertemu para penduduk lokal. Wales adalah tempat yang akan membuat kamu merasakan magis di setiap sudutnya.


(Baca juga: 4 Manfaat Solo Travelling Buat Kamu yang Butuh Healing)


5. Liechtenstein


(Lingkungan yang tenang dan asri di Liechtenstein. Foto: Dok. Michelle Della Giovanna/Instagram)


Liechtenstein adalah negara monarki kecil di Eropa yang letaknya diapit Austria di sisi utara dan timur, serta Swiss di barat dan selatan. Liechtenstein tercatat sebagai negara kecil keempat di Eropa dengan kawasan dataran tinggi yang luas dan dikelilingi gunung-gunung es yang memukau. Kamu mau tahu fakta menarik Liechtenstein? Negara ini tidak memiliki tentara! Iya, kehidupan negara monarki yang kecil ini dikenal sangat tenang dan tentram sehingga masyarakat tidak merasa membutuhkan badan pertahanan. Liechtenstein juga memiliki tingkat ekonomi yang sejahtera. Jadi, ketika kamu mengunjungi Liechtenstein kamu tidak perlu khawatir tentang keamanan dan kesulitan akses, kamu hanya perlu menikmati keindahan yang negara ini tawarkan.



(Castle di Liechtenstein. Foto: Dok. Expat Explore/Website)


Tak jarang, solo traveling menjadi pengalaman yang dapat mengubah hidup dan menginspirasi pertumbuhan pribadi seseorang. Meskipun banyak negara populer untuk solo traveling, negara-negara yang jarang dikunjungi seperti yang sudah disebutkan juga menawarkan pesona yang tak akan terlupakan bagi kamu. Jadi, dari lima negara itu, mana yang akan kamu kunjungi lebih dulu?


(Penulis: Adila Firani)

Food & travel