Life & health

Bisa Menjaga Berat Badan, Ini 5 Manfaat Tahu Untuk Kesehatan

By : Her World Indonesia - 2024-04-30 14:00:01 Bisa Menjaga Berat Badan, Ini 5 Manfaat Tahu Untuk Kesehatan

Tubuh yang sehat adalah investasi terbaik yang bisa kamu lakukan untuk diri sendiri. Salah satu kunci utamanya adalah menjaga pola makan. Pola makan yang baik merupakan fondasi dari tubuh yang sehat. Ketika kamu memberikan nutrisi yang tepat kepada tubuhmu, kamu memberi energi yang cukup untuk beraktivitas sepanjang hari. Selain itu, pola makan yang seimbang juga membantu menjaga berat badanmu agar tetap ideal dan mengurangi risiko penyakit seperti diabetes dan penyakit jantung.


Satu hal yang tak boleh diabaikan adalah pemilihan bahan makanan yang berkualitas. Kamu harus memastikan bahwa makanan yang kamu konsumsi mengandung nutrisi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuhmu. Cobalah untuk memilih makanan yang segar dan alami, seperti buah-buahan, sayuran, protein nabati, dan protein hewani rendah lemak. Hindari makanan yang mengandung banyak gula tambahan, garam, dan lemak jenuh.


(Baca juga: Kenali 5 Jenis Soto di Indonesia, Menu Paling Nyaman!)


Pengaruh pola makan terhadap kesehatan tubuh sangatlah besar. Pola makan yang buruk dapat meningkatkan risiko obesitas, penyakit jantung, diabetes, dan bahkan kanker. Sebaliknya, pola makan yang sehat dapat membantu menurunkan risiko terkena penyakit tersebut dan meningkatkan kualitas hidupmu secara keseluruhan. Salah satu menu makanan yang mampu membantu kamu menjaga pola makan sehat dan efektif untuk menjaga kesehatan tubuh kamu adalah tahu.


Berikut ini lima manfaat mengonsumsi tahu untuk kesehatan tubuh kamu,


1. Menurunkan Kadar Kolesterol


(Tahu mampu menurunkan kadar kolesterol. Foto: Dok. Pexels)


Salah satu manfaat utama tahu adalah kemampuannya untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Tahu mengandung senyawa yang disebut isoflavon yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Dengan mengonsumsi tahu secara teratur, kamu dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mencegah risiko penyakit kardiovaskular.


2. Memelihara Fungsi dan Kesehatan Otak


Tidak hanya baik untuk kesehatan jantung, tahu juga mengandung asam amino esensial dan lemak omega-3 yang penting untuk memelihara fungsi dan kesehatan otak. Kandungan ini dapat membantu meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan mengurangi risiko penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson.


3. Mengontrol Gula Darah


(Tahu mampu mengontrol gula darah. Foto: Dok. Pexels)


Bagi kamu yang memiliki masalah dengan gula darah, tahu dapat menjadi pilihan makanan yang baik. Kandungan protein dan serat yang tinggi dalam tahu membantu mengontrol penyerapan gula dalam darah setelah makan. Hal ini dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil dan mencegah lonjakan gula darah yang berbahaya.


4. Mencegah Anemia

Anemia seringkali disebabkan oleh kekurangan zat besi dalam tubuh. Tahu merupakan sumber yang kaya akan zat besi, sehingga dapat membantu mencegah atau mengatasi anemia. Dengan mengonsumsi tahu secara teratur, kamu dapat meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh dan memperbaiki produksi sel darah merah.


5. Menjaga Berat Badan


(Tahu mampu menurunkan berat badan, lho. Foto: Dok. Pexels)


Bagi kamu yang sedang dalam program penurunan berat badan, tahu dapat menjadi sahabatmu. Tahu mengandung protein yang tinggi dan rendah kalori, sehingga dapat membantu menjaga perasaan kenyang lebih lama tanpa menambah banyak kalori dalam makananmu. Dengan mengganti sumber proteinmu dengan tahu, kamu dapat membantu mengontrol nafsu makan dan menjaga berat badanmu tetap stabil.


(Baca juga: 5 Rekomendasi Rice Bowl Lokal, Bikin Kamu Kenyang Seharian)


Tidak dapat dipungkiri lagi, tahu memiliki banyak manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh. Dari menurunkan kadar kolesterol hingga menjaga berat badan, tahu dapat menjadi tambahan yang sangat berharga dalam pola makan sehatmu. Jadi, jangan ragu untuk menyertakan tahu dalam menu makananmu sehari-hari dan nikmati manfaatnya untuk kesehatanmu secara keseluruhan.


(Penulis: Adila Firani)


Life & health