Food & travel

4 Resep Green Juice yang Mudah Kamu Coba dan Bermanfaat

By : Her World Indonesia - 2024-03-13 15:00:01 4 Resep Green Juice yang Mudah Kamu Coba dan Bermanfaat

Kamu pernah mendengar detox green juice? Salah satu tren yang banyak digunakan untuk menemani perjalanan sehat kamu. Detox green juice sendiri merujuk pada minuman yang dibuat dari sayuran hijau seperti bayam, kale, dan selada yang dipadukan dengan buah-buahan serta beberapa perasa alami lain yang menjadi jus. Green juice ini diyakini sebagai cara alami untuk membersihkan tubuh dari racun dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Minuman ini semakin diminati oleh banyak orang terutama mereka yang ingin menurunkan berat badan dan mengembalikan kondisi kulit yang sehat.


Konsumsi green juice tidak hanya membantu proses detoksifikasi tubuh, tetapi juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang signifikan. Mulai dari kandungan seratnya efektif membantu meningkatkan pencernaan dan mengurangi rasa lapar berlebihan sehingga mendukung proses penurunan berat badan. Selain itu, antioksidan dalam sayuran hijau membantu melawan kebebasan radikal dan mengurangi peradangan dalam tubuh, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan memperlambat proses penuaan. Vitamin dan mineral yang terkandung dalam minuman ini juga mendukung kesehatan kulit, rambut, dan kuku, serta menjaga keseimbangan elektrolit.


(Baca juga: Hati-hati, 5 Ikan Ini Memiliki Kolesterol Jahat)


Kamu juga tentunya harus tahu untuk Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari detox green juice, penting untuk mengonsumsinya dengan cara yang tepat. Pertama, pastikan untuk menggunakan bahan-bahan organik yang segar dan berkualitas tinggi. Hindari menambahkan gula tambahan atau bahan pengawet lainnya yang dapat mengurangi manfaat kesehatan minuman tersebut. Selain itu, cobalah untuk mengonsumsinya segera setelah jus tersebut dibuat, karena nutrisi dalam sayuran hijau dapat cepat hilang jika terpapar udara terlalu lama.


Simak empat resep green juice yang bisa kamu coba, bahan-bahannya mudah ditemukan. 


1. Sawi dan Lemon


(Green juice baik untuk kesehatan tubuh. Foto. Dok. Freepik) 


Sawi merupakan sayuran yang memiliki sedikit kalori dan lemak, sementara lemon memiliki banyak kandungan vitamin C yang bagus untuk mendetox racun dalam tubuh dan melancarkan sistem pencernaan. Kamu juga bisa menambahkan nanas yang kaya akan kandungan asam amino dengan rasa yang segar sehingga dapat menetralisir rasa mual.


Kamu bisa ambil lima hingga beberapa lembar daun sawi yang sudah tidak ada batangnya, kemudian satu buah lemon, dan beberapa tiris buah nanas yang akan kamu campurkan ke dalam air sebanyak 300 mililiter, kamu juga bisa menambahkan madu dan es madu sesuai selera kemudian tinggal blender sampai halus dan kamu bisa langsung mengonsumsinya.


2. Bayam dan Pir


(Green juice baik untuk kesehatan tubuh. Foto. Dok. Freepik)


Bayam mengandung serat tinggi, antioksidan, dan vitamin K yang mendukung kesehatan tulang dan jantung. Kandungan flavoid pada bayam juga dapat mencegah kanker, kolesterol, dan mengontrol tekanan darah. Sementara itu, pir mengandung serat larut yang membantu pencernaan dan kandungan antioksidannya melawan peradangan. Keduanya juga rendah kalori, menjadikannya pilihan yang ideal untuk menjaga berat badan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.


Ambil 200 gram pir hijau dengan 50 gram bayam hijau, kamu juga bisa menambahkan sedikit daun ketumbar dan madu untuk memberikan rasa, tuangkan air dan es batu secukupnya sesuai selera. Tinggal blender hingga halus dan kamu bisa mengonsumsinya pagi atau malam hari.


3. Timun dan Kiwi


(Green juice baik untuk kesehatan tubuh. Foto. Dok. Freepik)


Kombinasi keduanya ini cocok untuk menjaga kesehatan kulit kamu, mengembalikan kelembapan, dan kekencangan kulit. Timun kaya akan kandungan mineral yang tinggi membantu menutrisi dan meredakan peradangan pada kulit kamu. Sementara itu, kiwi sendiri mengandung vitamin E dan antioksidan yang membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas, menjaga kulit tetap sehat, cerah, dan berkilau. 


Untuk membuatnya juga sangat mudah, kamu bisa ambil lima hingga delapan buah kiwi yang sudah dikupas, kamu juga boleh menambahkan apel dan daun mint untuk menambah rasa dan kesegaran, kemudian tambahkan buah timun, tuangkan air dan es batu secukupnya karena timun akan menghasilkan banyak air. Tinggal blender dan satu gelas green juice nikmat bisa kamu nikmati. 


(Baca juga: 5 Buah dengan Kandungan Vitamin A, Mampu Menjaga Imun Tubuh)


4. Kale dan Apel


(Green juice baik untuk kesehatan tubuh. Foto. Dok. Freepik)


Kale adalah salah satu sayuran kaya akan serat, vitamin, dan mineral seperti magnesium yang membantu mengatur produksi hormon. Sementara itu, apel mengandung fitokimia dan serat larut yang membantu mengatur gula darah, menjaga keseimbangan insulin, dan mengurangi risiko resistensi insulin. Kombinasi keduanya efektif untuk membantu menjaga keseimbangan hormon tubuh secara alami, mendukung kesehatan secara keseluruhan, dan mencegah gangguan hormonal yang mungkin terjadi.


Ambil satu apel hijau dan satu genggam kale, tambahkan perasan lemon dan madu secukupnya, kamu juga bisa menambahkan pisang jika ingin kandungannya lebih kental. Campur dengan air dan es batu secukupnya, kemudian blender dan satu porsi green juice menyehatkan sudah bisa kamu konsumsi.


Penting juga untuk tidak menggantikan semua makanan dengan detox green juice. Meskipun dapat digunakan sebagai bagian dari program penurunan berat badan atau program detoksifikasi, tetaplah memperhatikan kebutuhan nutrisi tubuh kamu dengan mengonsumsi makanan yang seimbang dan memadai. Selamat mencoba!


(Penulis: Adila Firani)

Food & travel