Life & health

Ini 5 Efeknya Kalau Kamu Tidur Terlalu Larut Malam

By : Vanessa Masli - 2024-04-22 19:00:00 Ini 5 Efeknya Kalau Kamu Tidur Terlalu Larut Malam

Mungkin malam jadi satu-satunya waktu yang terasa panjang untuk memusatkan perhatian pada diri sendiri. Setelah bekerja seharian dan menyusuri jalanan ibukota, rasanya kamu berhak untuk sejenak bersantai sebelum terlelap. Mungkin kamu termasuk orang yang justru produkti di malam hari dan memilih untuk terbangun, saat tubuh butuh istirahat.


Jika kamu salah satu dari dua tipe orang tersebut atau memiliki berbagai macam alasan yang mengharuskanmu tidur larut malam, mungkin ada kebiasaan yang harus diubah. Sebab, tidur yang cukup bagi kesehatan tidak hanya menekankan pada durasi tidur, yaitu 7-8 jam, tetapi juga waktu tidurmu.


Pada dasarnya, waktu tidurmu bisa disesuaikan dengan waktu bangun pagimu keesokan harinya. Namun, disarankan untuk tidur sebelum tengah malam karena membantu proses kerja tubuh sehingga memastikan kamu tetap sehat. Sebaliknya, kalau kamu tidur terlalu larut di malam hari, ada beberapa efek yang bisa mengganggu keseharian dan sudah Her World rangkum di bawah ini.


1. Mudah lupa sesuatu


Ketika otak kamu paksakan untuk terus aktif tanpa istirahat, akan ada momennya otak juga kelelahan. Hal sederhana yang menandakan kalau kamu butuh istirahat yang lebih, kamu jadi mudah lupa sesuatu. Fungsi otak untuk mengingat sangat dipengaruhi pada waktu tidur yang harus cukup.


Mulai dari hal yang baru kamu pelajari hingga kebiasaan yang sebenarnya bisa dilakukan di luar kepala, saat tubuh dan pikiran belum diberikan istirahat yang cukup, performanya pun akan menurun.


2. Malas berolahraga



(Tidur terlalu larut bikin malas olahraga. Foto: Dok. Tim Samuel/Pexels)


Kalau kamu menjalani gaya hidup sehat, olahraga menjadi salah satu aktivitas penting. Namun ada yang tak kalah penting dalam gaya hidup sehat seseorang, tidur yang cukup. Saat kamu punya rencana untuk berolahraga keesokan harinya, khususnya pagi, lalu malam sebelumnya tidur larut, godaan untuk batal berolahraga akan lebih terasa.


Padahal, olahraga di pagi hari memiliki banyak manfaat termasuk menurunkan berat tubuh lebih signifikan, tapi tak akan membuat tubuh sehat ketika kamu tak sesuaikan dengan waktu tidur yang baik. Sebab, rasa malas olahraga juga muncul saat kamu tidur larut karena energi tubuhmu belum sepenuhnya terisi sehingga untuk melakukan aktivitas berlebih juga sulit dilakukan.


3. Masalah kulit bermunculan


Kalau wajahmu gampang jerawatan atau sering terlihat kusam, padahal sudah pakai berbagai macam produk skincare. Mungkin masalah kulit yang kamu alami berangkat dari kebiasaan sehari-hari, termasuk tidur. Kondisi kulit terus berubah karena berbagai faktor dan ketika kamu terbiasa tidur larut malam, proses regenerasi memiliki kemungkinan tidak berjalan maksimal.


Saat prosesnya tak maksimal, sel-sel kulit mati yang masih tersisa ditambah debu dan polusi sepanjang hari bisa membuat wajahmu alami masalah kulit seperti jerawatan dan iritasi. Makanya penting bagimu untuk memastikan istirahat yang cukup dan tidur malam sesuai waktunya, minimal baik bagi kondisi kulitmu.


(Baca Juga: Pakai Fitur Do Not Disturb di Handphone, Ini 4 Manfaatnya)


4. Konsumsi alkohol dan tembakau meningkat



(Tidur larut malam bisa tingkatkan konsumsi alkohol. Foto: Dok. Mahrael Boutros/Pexels)


Tidur larut malam yang kerap kali kamu lakukan juga berdampak pada pola konsumsimu, termasuk alkohol dan tembakau. Kalau kamu suka minum alkohol atau memiliki kebiasaan merokok, jumlah konsumsinya kemungkinan meningkat saat kamu kurang tidur.


Sebuah studi yang dilakukan pada 2020 menunjukkan kalau anak-anak muda yang memilih tidur larut malam justru punya kecenderungan lebih impulsif termasuk dalam kebiasaan minum alkohol dan merokok. Kualitas tidurmu juga bisa terganggu karena konsumsi alkohol maupun merokok.


5. Risiko terkena diabetes


Sebuah analisa yang dipublikasikan dalam junral Advances in Nutrition, orang-orang yang memiliki kebiasaan tidur larut malam atau bahkan bergadang berisiko lebih tinggi terkena diabetes. Lalu, untuk mengatasi dampak dari diabetes sendiri jadi sulit kalau kamu masih membiasakan diri tidur larut malam.


Sebab, tidur larut malam dan mungkin dengan durasi yang kurang memengaruhi jumlah konsumsi, apa yang dikonsumsi, hingga respon tubuh terhadap insulin. Beberapa hal ini memengaruhi pengelolaan gula darah dan risiko diabetesmu. Jadi, kalau kamu tidur tepat waktu, tubuh akan lebih mudah terhindar dari risiko diabetes.


(Baca Juga: Jarang Diketahui, Ini 4 Manfaat Sarapan Pagi Bagi Kesehatan)


Beberapa hal di atas adalah efek-efek yang mungkin kamu rasakan kalau terbiasa tidur larut malam. Jadi, buat yang mau jalani hidup lebih sehat, mungkin kebiasaan untuk tidur lebih tepat waktu bisa coba dilakukan.


Life & health