Life & health

Pakai Fitur Do Not Disturb di Handphone, Ini 4 Manfaatnya

By : Her World Indonesia - 2024-04-19 10:00:01 Pakai Fitur Do Not Disturb di Handphone, Ini 4 Manfaatnya

Seberapa sering kamu menggunakan fitur do not disturb di handphone? Ketika notifikasi panggilan, pesan, media sosial, dan email kian berdatangan tiada henti, tentunya kamu akan merasa terganggu dan menghambat produktivitas. Sekilas fun fact: Dalam sehari, rata-rata seseorang memeriksa handphone-nya adalah sekitar 85 kali! Jadi tidak heran kalau banyak dari kita yang kesulitan untuk tetap fokus saat beraktivitas.

Fitur tersedia di handphone ini tidak semata-mata untuk menonaktifkan notifikasi saja, tapi kamu juga bisa menemukan kembali ketenangan saat melewati hari-hari yang hektik. Terkadang, terkoneksi 24/7 ke handphone bisa mengganggu keseimbangan kehidupanmu dan pekerjaan serta kesehatan mental.

Selain meningkatkan produktivitas, terdapat beberapa manfaat lainnya yang patut kamu ketahui untuk tetap bisa menemukan momen fokus dan lebih produktif tanpa adanya gangguan. Simak uraiannya di bawah ini yuk!


(Baca juga: Kenali Konmari: Gaya Hidup Minimalis ala Marie Kondo)


1. Meningkatkan Kualitas Tidur


(Tidur lebih nyenyak dengan menggunakan fitur do not disturb di handphone. Foto: Dok. Andrea Piacquadio/Pexels)


Getaran notifikasi dari handphone akan secara otomatis membuatmu terpancing untuk memeriksa notifikasi tersebut. Seiring melihat layar handphone, blue light atau sinar biru yang terpancar dari layar akan menghambat produksi melatonin, hormon yang mengatur waktu bangun-tidur selama 24 jam. Akibatnya, kamu akan sulit untuk merasakan kantuk dan sulit untuk terbangun di esok harinya.


Fitur do not disturb ini dapat menjadi solusi untuk meningkatkan kualitas tidurmu dengan mengurangi gangguan notifikasi dan kebiasaan untuk terus-menerus memeriksanya. Pola tidur akan lebih teratur dan badan akan terasa lebih segar untuk beraktivitas esoknya.


2. Menurunkan Stres dan Kecemasan


(Menjalani hari secara produktif tanpa stimulasi berlebih dari notifikasi handphone. Foto: Dok. SAULO LEITE/Pexels)

Saat mendengar notifikasi atau bahkan hanya sekadar melihatnya, hormon kortisol dalam tubuh akan meningkat sebagai respons terhadap stres. Perasaan tidak nyaman dan cemas pun akan mulai dirasakan. Tubuh akan secara spontan ingin segera membuka handphone untuk melepaskan stres yang dirasakan. Namun, apabila kamu mengaktifkan fitur do not disturb, stimulasi tersebut dapat berkurang.


3. Meningkatkan Fokus


(Fitur do not disturb membantu meningkatkan produktivitas dengan lebih fokus saat bekerja. Foto: Dok. Thirdman/Pexels)


Pernahkah perhatianmu teralihkan saat bekerja karena suara notifikasi handphone? Pada akhirnya kamu pun menjadi lupa akan kerjaan yang sedang dilakukan. Masuknya notifikasi secara terus-menerus menimbulkan rasa kewalahan berlebih sehingga menghambat kemampuan untuk fokus pada tugas-tugas penting.


Sebaliknya, menyalakan fitur do not disturb berfungsi untuk meminimalkan gangguan dari getaran dan suara notifikasi, yang membuat lingkunganmu lebih tenang. Alhasil kamu pun dapat sepenuhnya membenamkan diri dalam pekerjaan.


(Baca juga: 5 Quotes Wanita Independen yang Bisa Jadi Inspirasi Kamu!)


4. Mengatasi Ketegangan Mata


(Aktifkan fitur do not disturb dapat mengurangi paparan layar handphone. Foto: Dok. Andrea Piacquadio/Pexels)


Sekali membuka satu notifikasi di handphone, biasanya akan diiringi dengan notifikasi-notifikasi berikutnya yang tiada henti. Tanpa disadari, kamu pun akan melihat layar dalam waktu yang lama. Paparan terhadap layar tersebut dapat meningkatkan ketegangan mata dan lebih cepat membuatnya lelah. Hal tersebut dapat dihindari dengan mengaktifkan fitur do not disturb.


Durasi melihat layar menjadi tidak berlebihan karena kamu hanya akan fokus untuk membuka handphone saat diperlukan saja. Tidak hanya itu, saat suara dari notifikasi berkurang, kamu akan lebih teratur untuk  mengistirahatkan mata dari layar.


Kini handphone sudah melekat pada diri kita. Baik saat sebelum tidur maupun di siang hari, gawai yang satu ini akan selalu menjadi bagian dari rutinitas sehari-hari. Namun, paparan berlebih justru akan memberikan dampak yang buruk. Kehadiran fitur do not disturb pada handphone memberikan berbagai manfaat secara mental dan fisik. 


(Penulis: Zahrah Pricila)


Life & health