Life & health

Jarang Diketahui, Ini 4 Manfaat Sarapan Pagi Bagi Kesehatan

By : Her World Indonesia - 2024-04-18 17:00:01 Jarang Diketahui, Ini 4 Manfaat Sarapan Pagi Bagi Kesehatan

Sarapan pagi seringkali disebut sebagai kunci untuk menjadi lebih produktif dan energetik seharian. Sayangnya, masih banyak yang melewatkannya dan memilih untuk makan berat di siang hari. Asumsi sarapan tidak memberikan efek jangka panjang bagi kesehatan membuatnya jarang menjadi bagian dari rutinitas di pagi hari. Takut telat ke kantor, tidak lapar, dan tidak ada waktu pun kerap menjadi alasan untuk tidak sarapan pagi.


Namun, tahukah kamu dengan melewatkan sarapan, tubuh justru akan menyimpan kalori yang ada daripada membakarnya sepanjang hari? Sebaliknya, dengan sarapan pagi, tubuhmu akan menerima sinyal bahwa kalori yang ada cukup untuk beraktivitas dan lebih banyak membakar kalori yang masuk ke tubuh. Tidak hanya memberikan energi untuk menjalani hari, sarapan pagi ternyata memiliki segudang manfaat bagi kesehatan fisik maupun mental.


Kamu tentunya akan tertarik untuk rutin sarapan pagi setelah mengetahui empat manfaatnya bagi kesehatan. Penasaran? Simak ulasan Her World di bawah ini!


1. Menjaga Kesehatan Jantung 


(Kondisi jantung yang lebih sehat dengan sarapan pagi setiap hari. Foto: Dok. Puwadon Sang-ngern/Pexels)


Dalam jangka panjang, sarapan bisa menjaga kesehatan jantung dengan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Menurut riset yang dipublikasikan di Jurnal American College of Cardiology, mereka yang melewatkan sarapan pagi memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit jantung. Tidak hanya itu, terdapat peningkatan risiko kematian kardiovaskular 2,5 kali lipat bagi mereka yang tidak sarapan di pagi hari. Untuk menghindarinya, kamu bisa rutin sarapan pagi dengan menu sarapan yang tidak berminyak dan perbanyak konsumsi serat serta protein.


(Baca juga: Ini Investasi Terbaik bagi Wanita, Penasaran?)


2. Menjaga Berat Badan yang Ideal


(Salah satu cara menjaga berat badan yang ideal dengan sarapan pagi. Foto: Dok. Ketut Subiyanto/Pexels)


Persepsi bahwa melewatkan sarapan dapat membantu menurunkan berat badan justru dianggap keliru. Sebaliknya, melewatkan sarapan dapat menyebabkan makan berlebihan di siang hari dan mengonsumsi camilan berkalori tinggi, yang bisa menganggu metaboslime tubuh. Sementara dengan rutin sarapan, metabolisme tubuh akan meningkat dan membakar lebih banyak kalori seharian. Selain itu, rasa lapar pun akan lebih mudah untuk dikontrol.


3. Memperbaiki mood


(Sarapan pagi membuat diri menjalani aktivitas dengan mood yang baik. Foto: Dok. Andrea Piacquadio/Pexels)


Kamu mudah merasa cranky bahkan sebelum jam makan siang? Itu tandanya tubuhmu membutuhkan asupan sarapan yang bernutrisi. Ketika melewatkan sarapan, kadar gula darahmu menjadi rendah sehingga lebih mudah merasa lelah dan tersinggung. Produktivitasmu pun akan terganggu. Setelah tubuh tidak menerima asupan selama tidur di malam hari, sarapan di pagi hari dapat memperbaiki glukosa di tubuh sehingga akan lebih berenergi. Jadi, manfaat dari sarapan ini tidak hanya dirasakan tubuh saja, tapi bisa membuatmu jauh merasa senang dan tidak mudah marah sepanjang hari.


(Baca juga: 40 Kata-kata Motivasi Singkat untuk Penyemangat Harimu!)


4. Memperbaiki Memori dan Konsentrasi


(Tingkatkan konsentrasi agar lebih produktif dengan sarapan pagi. Foto: Dok. Andrea Piacquadio/Pexels)


Sulit untuk memusatkan fokus saat sedang bekerja? Mungkin kamu sedang mengalami brain fog. Istilah ini identik dengan kondisi seseorang yang memiliki masalah dengan memorinya dan sulit untuk berpikir secara jernih. Melewatkan sarapan bisa meningkatkan terjadinya brain fog karena tubuh tidak memiliki energi yang cukup untuk membuat otak berfungsi secara optimal. Sementara sarapan di pagi hari dengan menu yang kaya akan nutrisi seperti yoghurt, oatmeal, dan buah-buahan bisa memberikan energi yang cukup untuk otak berpikir.


Gimana sekarang kamu sudah tahu kan empat manfaat yang sarapan pagi yang jarang diketahui, namun baik untuk kesehatan tubuh dan mental? Pastikan sarapan ini menjadi rutinitasmu di pagi hari, ya! 


(Penulis: Zahrah Pricila)

Life & health