Food & travel

Resep Mudah Membuat Mochi Isi Buah, Kreasi dari Rumah!

By : Her World Indonesia - 2024-04-17 14:00:01 Resep Mudah Membuat Mochi Isi Buah, Kreasi dari Rumah!

Mochi merupakan salah satu makanan yang paling terkenal dan berasal dari Jepang. Dalam berbagai catatan, disebutkan jika mochi pertama kali dibuat pada periode Heian. Awalnya, mochi digunakan untuk ritual keagamaan sebagai persembahan kepada para dewa. Kemudian, pada abad ke-17, mochi menjadi makanan yang populer di kalangan bangsawan Jepang. Namun, saat ini, mochi telah menjadi makanan yang dicintai oleh semua kalangan di Jepang dan di seluruh dunia.


Ada berbagai jenis mochi yang dapat kamu temui, mulai dari yang tradisional hingga variasi modern yang kreatif. Salah satu jenis mochi yang paling terkenal adalah daifuku, yang terdiri dari mochi yang diisi dengan pasta kacang merah manis. Kemudian ada ichigo daifuku, varian yang lebih modern yang diisi dengan stroberi segar bersama pasta kacang merah. Selain itu, ada juga mochi yang disajikan dengan kuah miso, yang dikenal sebagai zenzai, atau yang disajikan panggang dan dilumuri saus, dikenal sebagai kinako mochi. Pilihan yang beragam ini menawarkan pengalaman rasa yang unik dan memuaskan.


(Baca juga: 7 Cara Mudah Mengatasi Insomnia, Penasaran?)


Tidak hanya lezat, mochi juga memiliki manfaat kesehatan yang menarik. Mochi terbuat dari beras ketan, yang kaya akan karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks memberikan energi yang stabil dan tahan lama, menjadikan mochi sebagai pilihan camilan yang baik untuk menjaga stamina kamu sepanjang hari. Selain itu, mochi juga rendah lemak dan bebas gluten, menjadikannya pilihan yang aman bagi mereka yang memiliki sensitivitas terhadap gluten atau mencari camilan rendah lemak.


Namun, seperti halnya makanan manis lainnya, konsumsi mochi sebaiknya dalam jumlah yang moderat. Meskipun kaya akan karbohidrat, mochi juga mengandung gula yang tinggi, sehingga penting untuk tetap memerhatikan asupan gula kamu.


Saat ini kamu juga bisa membeli mochi di berbagai tempat, tidak hanya di toko-toko khas Jepang. Dan! Bahkan kamu bisa membuatnya sendiri dengan mudah di rumah saja, menjamin kebersihan dan kesehatan kamu dengan isian yang bisa kamu sesuaikan dengan selera. Her World telah merangkum resep mudah untuk membuat mochi isian buah dari rumah, simak berikut ini.


Resep ini bisa kamu gunakan dengan isian buah apapun yang kamu inginkan. Mulai dari strawberry, mangga, kelapa, hingga kiwi dan pepaya. Pertama-tama, siapkan bahan dasar untuk membuat adonan mochinya itu sendiri, kamu perlu menyiapkan 150 gram tepung ketan, 20 gram tepung maizena, 65 gram gula halus, dengan 250 mililiter air. Kemudian yang terpenting lainnya adalah menyiapkan pewarna makanan dan tepung tapioka serta siapkan buah-buahan yang ingin kamu gunakan, bersihkan buah tersebut dan potong kecil-kecil untuk memudahkan proses selanjutnya.



(Resep mudah membuat mochi isi buah. Foto: Dok. Freepik)


(Baca juga: 5 Model Rambut Pendek Untuk Kamu Pemilik Wajah Bulat)


Selanjutnya, mix semua bahan dasar tadi mulai dari tepung maizena, gula, tepung ketan, dan air kemudian aduk hingga merata dan diamkan selama 20 hingga 30 menit. Sembari menunggu adonan dingin, kamu bisa sangrai tepung tapioka dan setelah itu gabungkan adonan di atas tepung tapioka yang sudah disangrai dan teteskan pewarna makanan kemudian kamu tinggal membentuk adonan sesuai ukuran yang kamu inginkan. 



(Resep mudah membuat mochi isi buah. Foto: Dok. Freepik)


Setelah mendapatkan ukuran yang pas, kamu tinggal isi adonan dengan buah-buahan yang kamu miliki dan bulatkan kembali, lakukan terus hingga buah habis dan masukkan mochi ke dalam pendingin untuk hasil yang maksimal. Mochi isi buah kamu siap disajikan! 


Mudah bukan? Sekaligus kamu pasti bisa lebih menjamin kebersihan dan rasanya sesuai selera kamu. Jangan lama-lama, ayo buat mochi isi buah versi kamu!


(Penulis: Adila Firani)

Food & travel