Food & travel

Sentosa Island, Eksplorasi Sudut Berbeda di Singapura

By : Vanessa Masli - 2024-04-13 15:00:01 Sentosa Island, Eksplorasi Sudut Berbeda di Singapura

Berjalan di sepanjang Orchard Road, makan es krim potong yang ikonis mungkin sudah jadi agenda wajib kalau berkunjung ke negara satu ini. Mungkin mengeksplorasi berbagai kafe atau restoran baru juga sering dilakukan kalau kamu berlibur di negara ini. Namun, kalau kamu ingin sejenak melepas penat dan Singapura kembali menjadi destinasi, mungkin kamu bisa eksplorasi sudut yang berbeda.


Tak jauh dari pusat kota, sebuah pulau di pesisir Selatan Singapura yang kini menjadi salah satu destinasi liburan, baik warga lokal maupun turis mancanegara, Sentosa Island. Mungkin kamu pernah ke Sentosa Island untuk habiskan sepanjang hari bermain di Universal Studios Singapore, tapi sebenarnya ada banyak hal yang bisa dieksplorasi dan bikin trip kamu ke Singapura terasa berbeda.


Nah, agar liburan kamu ke Negeri Singa ini tak itu-itu saja, tim Her World Indonesia sudah merangkum apa yang bisa kamu lakukan di Sentosa Island seharian.


Hiburan sesuai preferensi


Terakhir berkunjung ke Sentosa Island sudah lebih dari 10 tahun dan pada saat itu hanya untuk bermain di Universal Studios Singapore. Jadi, memasuki kawasan Sentosa Island, kami menemukan pemandangan yang berbeda, didominasi dengan pepohonan hijau menawarkan nuansa yang asri.


Meski tak jauh dari jantung kota Singapura, suasana di Sentosa Island berbeda jauh. Dominasi pepohonan di sepanjang jalan yang menghubungkan satu lokasi dengan lokasi lain, tawarkan ketenangan tapi di beberapa titik tak luput dari keramaian. Bagi kami, Sentosa Island bisa jadi destinasi liburan untuk dieksplorasi ketika ke Singapura tanpa harus pergi ke tempat-tempat lain.


Plus, banyak pilihan hiburan dan kegiatan yang bisa dilakukan sehingga bikin betah bermain seharian (atau bahkan berhari-hari). Mulai dari UltraGolf, berlokasi di Palawan Island, sebuah permainan mini golf dengan total 18 lubang yang bisa kamu mainkan bersama keluarga maupun teman-teman. Setiap orang akan diberikan satu stik golf dan satu bola. Tentu untuk mencapai akhir, setiap lubangnya memiliki tantangannya masing-masing sehingga tawarkan keseruan selama permainan. Buat kamu yang ingin bermain di UltraGolf, kami sarankan untuk bermain di sore hari atau membawa topi jika kamu bermain di siang hari, karena panas Singapura tak main-main.


Tak jauh dari UltraGolf, kami mendapati sebuah gedung besar bertuliskan HyperDrive dan seperti namanya, sudah menduga kegiatan apa yang akan dilakukan di dalam. Ketika masuk, kami disuguhkan dengan sirkuit balap indoor sepanjang 308 meter dan beberapa tikungan panjang.


HyperDrive sendiri merupakan indoor electric go-karting yang memadukan pengalaman go-karting dengan teknologi virtual games. Selama kurang lebih satu jam, kamu akan ditantang untuk menyusuri setiap tikungan tajam dalam sirkuit selagi berlomba untuk mencapai posisi pertama. Lagi-lagi, permainan seru yang bisa kamu lakukan bersama keluarga maupun teman-teman.



(UltraGolf jadi salah satu atraksi di pulau ini. Foto: Dok. Sentosa Singapore)



(HyperDrive jadi pengalaman go-kart indoor pertama di Asia Tenggara. Foto: Dok. Sentosa Singapore)


Lalu, buat kamu yang ingin berfoto dengan idolamu tapi belum terwujud, mungkin Madame Tussauds Singapore bisa jadi pilihan. Museum wax figure interaktif yang tawarkan pengalaman melihat tokoh-tokoh publik dari berbagai negara dan bidang. Berbeda dengan Madame Tussauds di negara lain, di sini kamu juga akan melihat kehidupan masyarakat Singapura di masa lalu. Plus, siapa sangka di dalamnya terdapat boat ride yang membawamu melihat sedikit peradaban Singapura saat ini, menjadi boat ride pertama di Madame Tussauds.


Pada dasarnya, saat kamu memiliki agenda untuk mengeksplorasi Sentosa Island, mungkin ini menjadi satu destinasimu sepanjang liburan di Singapura karena satu hari saja belum cukup. Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan sesuai dengan preferensi dan hobi setiap orang sehingga kamu tak perlu kemana-mana untuk bersenang-senang.


(Baca Juga: Hong Kong Tawarkan Destinasi Beragam dan Muslim Friendly)


Ruang untuk menikmati liburan sendiri


Banyak atraksi dan interaksi di setiap sudut pulau ini, tapi tetap ada ruang bagi para pengunjung yang ingin nikmati momen sendiri. Jembatan sepanjang 350 meter terbentang, menyatukan sisi Utara dan Selatan Sentosa Island, hadir dengan tampilan berbeda dan berikan kesempatanmu untuk berinteraksi dengan diri sendiri.


Sentosa Sensoryscape, sebuah atraksi baru yang dihadirkan oleh Resorts World Sentosa pada 14 Maret 2024 lalu. Jembatan yang menjadi jantung Pulau Sentosa ini menghadirkan petualangan panca indra, mulai dari penglihatan, pendengaran, hingga pengecapan. Mungkin kamu menyusuri jembatan untuk sejenak nikmati liburan sendiri, tetapi setiap langkahnya akan membuat tak berhenti berdecak kagum.


Sentosa Sensoryscape berikan pengalaman berbeda bagi pengunjung yang memadukan arsitektur, alam, dan teknologi sehingga perjalanan dari sisi Utara ke sisi Selatan Sentosa Island. Terdapat enam sensory gardens – sebutan untuk setiap atraksinya – sepanjang jembatan yang meliputi Lookout Loop, Tactile Trellis, Scented Sphere, Symphony Streams, Palate Playground, dan Glow Garden.



(Sentosa Sensoryscape manfaatkan teknologi Augmented Reality untuk pengalaman berbeda bagi pengunjung. Foto: Dok. Sentosa Singapore)


Sepanjang pagi hingga petang hari, kamu bisa menikmati Sensoryscape dari segi arsitektur dan elemen alam yang mengisi setiap atraksi. Namun, setiap malam, tepatnya pukul 19.50, kamu akan melihat pemandangan berbeda menggunakan aplikasi ImagiNite, this is where the technology comes to play. Teknologi augmented reality memberi warna pada setiap atraksi dan benar-benar bisa kamu nikmati selagi menjadi kawan untuk diri sendiri.


Buat turis yang cenderung introver dan memilih untuk nikmati keindahan Sentosa Island seorang diri, pastikan Sentosa Sensoryscape masuk dalam daftar eksplorasi. Mungkin siang hari bisa duduk-duduk santai sambil membaca novel favorit, mengintip beberapa atraksi, hingga malam menjelang kamu bisa benar-benar menikmatinya.


(Baca Juga: August Berhasil Masuk Daftar Asia’s 50 Best Restaurants 2024)


Singapura bukan negara yang luas, tapi selalu ada sudut yang wajib dieksplorasi. Buat kamu yang berencana untuk sejenak lepas penat dengan berlibur ke Negeri Singa satu ini, mungkin Sentosa Island (khususnya Sentosa Sensoryscape) bisa jadi destinasi pilihan. Kira-kira tertarik?


Food & travel