Life & health

Ada 5 Aktivitas Buat Kamu yang Tidak Mudik, Apa Saja?

By : Her World Indonesia - 2024-04-04 15:00:02 Ada 5 Aktivitas Buat Kamu yang Tidak Mudik, Apa Saja?

Mudik, sebuah fenomena yang telah menjadi tradisi khas Indonesia yang menghadirkan momen-momen berharga bagi banyak orang setiap tahunnya. Seiring berjalannya waktu, fenomena ini telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Indonesia. Fenomena mudik sendiri mulanya dilakukan sebagai sarana untuk berkumpul dengan keluarga besar, merayakan momen-momen penting, seperti Idul Fitri, Natal, atau peristiwa-peristiwa penting lainnya yang biasanya dirayakan setahun sekali.


Menjelang Hari Raya Idul Fitri tahun ini juga, ada ratusan bahkan jutaan orang memutuskan untuk kembali ke kampung halaman mereka agar bisa lengkap bersama keluarga merayakan kemenangan setelah menjalani ibadah Ramadan selama sebulan penuh. Selain itu, libur panjang seperti Natal dan Tahun Baru juga sering menjadi momen yang dimanfaatkan untuk mudik.


Hanya saja, tidak selalu semua orang dapat merayakan mudik. Ada saat-saat ketika kamu mungkin menghadapi tantangan seperti kehabisan tiket kereta api atau pesawat, jadwal yang terlalu padat, atau kendala lainnya yang membuatmu tidak dapat mudik. Namun, ingatlah bahwa mudik bukanlah kewajiban mutlak. Yang terpenting adalah semangat untuk tetap merayakan momen bersama keluarga, meskipun dari jauh.


(Baca juga: 5 Rekomendasi Rice Bowl Lokal, Bikin Kamu Kenyang Seharian!)


Jika kamu mengalami kendala dalam merayakan mudik, jangan sedih. Ada banyak cara untuk tetap merayakan momen bersama keluarga meskipun dari kejauhan. Kamu bisa melakukan panggilan video, atau bahkan mengirimkan kartu ucapan. Yang terpenting adalah menjaga semangat kebersamaan dan menghargai nilai-nilai keluarga, meskipun dalam situasi yang berbeda.


Kamu juga bisa memanfaatkan momen ini untuk melakukan banyak hal lainnya daripada hanya bengong dan memikirkan hal-hal yang belum tentu terjadi. Her World telah merangkum khusus untuk kamu, lima kegiatan yang bisa kamu lakukan jika tidak mudik, simak di bawah ini.


1. Tonton semua watchlist kamu


(Nikmati waktu sendiri dengan aktivitas yang ringan dan menyenangkan. Foto: Dok. Freepik)


Salah satu cara yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu ketika tidak mudik adalah dengan menonton film, serial, atau acara televisi yang kamu sukai. Kamu bisa memilih judul sesuai rekomendasi yang ada di internet ataupun menonton daftar judul yang sudah kamu kumpulkan sebelumnya. Entah itu film komedi yang lucu, drama yang mengharukan, atau dokumenter yang mendidik, menonton dapat menjadi cara yang bagus untuk menghilangkan stres dan menikmati waktu luangmu.


2. Tuntaskan buku-buku bacaan kamu


(Nikmati waktu sendiri dengan aktivitas yang ringan dan menyenangkan. Foto: Dok. Freepik)


Jika kamu suka membaca, tidak ada waktu yang lebih tepat untuk segera mengambil bukumu dan terjun ke dalam dunia buku. Pilihlah buku-buku yang telah lama ingin kamu baca, atau jelajahi genre baru yang menarik minatmu. Dengan membaca, kamu dapat menjelajahi tempat-tempat baru, mengenal karakter-karakter yang menarik, dan menemukan inspirasi dalam cerita-cerita yang kamu baca. Selain itu, membaca juga dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan imajinasi yang kamu miliki, lho!


3. Buat menu favorit kamu


(Nikmati waktu sendiri dengan aktivitas yang ringan dan menyenangkan. Foto: Dok. Freepik)


Memasak adalah aktivitas yang tidak hanya menyenangkan, tetapi juga bermanfaat. Gunakan waktu luang yang kamu miliki untuk mencoba resep-resep baru atau memasak makanan favoritmu. Kamu bisa memadukan memasak dengan kegiatan lain seperti menghabiskan waktu sendirian di dapur sambil menikmati musik atau podcast kesukaanmu. Selain bisa menikmati makanan yang lezat, memasak juga dapat menjadi cara yang baik untuk mengasah keterampilan


(Baca juga: Baru! The Coach Restaurant Telah Buka di Grand Indonesia)


4. Belajar hal-hal baru


(Nikmati waktu sendiri dengan aktivitas yang ringan dan menyenangkan. Foto: Dok. Freepik)


Sekalipun kamu tidak pergi mudik, tidak ada salahnya untuk tetap keep up the update terutama tentang peristiwa-peristiwa yang dekat dengan Hari Raya dan hal lainnya sehingga kamu tetap terhubung dengan informasi-informasi penting.


5. Rileks


(Nikmati waktu sendiri dengan aktivitas yang ringan dan menyenangkan. Foto: Dok. Freepik)


Terakhir, tetapi tidak kalah pentingnya, gunakan waktu luangmu untuk istirahat dan merawat diri. Jangan biarkan kesibukan sehari-hari menghalangi kamu untuk mengambil waktu untuk diri sendiri. Luangkan waktu untuk tidur yang cukup, beristirahat, dan melakukan aktivitas relaksasi seperti meditasi atau yoga. Dengan istirahat yang cukup, kamu akan merasa lebih segar dan siap menghadapi tantangan yang ada di hari berikutnya, terutama saat momen liburan.


Dengan demikian, meskipun kamu belum bisa ikut mudik seperti yang lainnya kamu bisa menjadikan momen ini sebagai waktu istirahat yang menyenangkan dan dapat tetap merayakan semangat kebersamaan dan hubungan keluarga dimanapun kamu berada.

 

(Penulis: Adila Firani)


Life & health