Life & health

Anti Telat, 5 Kebiasaan Ini Bisa Buat Kamu Bangun Lebih Pagi

By : Her World Indonesia - 2024-04-03 17:00:01 Anti Telat, 5 Kebiasaan Ini Bisa Buat Kamu Bangun Lebih Pagi

Bangun pagi memiliki manfaat besar bagi kesehatan kamu secara keseluruhan. Salah satu manfaat utamanya adalah memberikan waktu tambahan untuk menjalani aktivitas fisik, seperti olahraga pagi. Berolahraga di pagi hari tidak hanya meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar lemak, tetapi juga memberikan energi tambahan yang dapat bertahan sepanjang hari. Selain itu, paparan sinar matahari di pagi hari juga sangat penting. Cahaya matahari membantu mengatur jam biologis tubuh, meningkatkan mood, dan meningkatkan produksi vitamin D yang esensial untuk kesehatan tulang dan sistem kekebalan tubuh.


Bangun pagi juga memberikan kesempatan untuk menikmati sarapan yang sehat. Sarapan yang seimbang memberikan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk memulai hari dengan baik. Dengan sarapan yang kaya akan serat, protein, dan nutrisi lainnya, kamu akan merasa kenyang lebih lama, menghindari ngemil berlebihan, dan menjaga berat badan yang sehat.


(Baca juga: 4 Resep Green Juice yang Mudah Kamu Coba dan Bermanfaat)


Lebih dari itu, bangun pagi juga memberikan kamu kesempatan untuk menikmati kedamaian dan ketenangan pagi yang tidak dimiliki oleh waktu lain dalam sehari. Saat bangun pagi, suasana masih tenang, pikiran masih segar, dan kamu dapat menikmati momen-momen berharga untuk refleksi, meditasi, atau sekadar menikmati sarapan kamu dengan tenang. 


Lima kebiasaan ini mampu membuat kamu bisa bangun pagi dan memulai harimu dengan cara dan perasaan yang lebih baik, simak di bawah ini.


1. Tentukan waktu tidur


(Tetaplah menjaga konsistensi untuk tidur tepat waktu. Foto: Dok. Freepik)


Menjaga konsistensi dalam jam tidur sangat penting untuk membantu tubuh beradaptasi dengan kebiasaan bangun pagi. Cobalah untuk menentukan waktu tidur yang sama setiap malam dan berusaha untuk tidur selama tujuh hingga delapan jam setiap malam. Kamu bisa memilih waktu tidur tidak lebih dari pukul 10.00 malam agar bisa bangun pagi. 


2. Hindari paparan cahaya biru sebelum tidur


(Cahaya tidur tidak terlalu baik untuk kesehatan mata. Foto: Dok. Freepik)


Paparan cahaya biru dari layar gadget seperti ponsel dan komputer dapat mengganggu produksi hormon tidur tubuh, melambatkan proses tidur, dan membuat kamu akan sulit untuk bangun pagi dengan segar. Untuk membantu tidur lebih nyenyak dan memudahkan bangun pagi, hindari penggunaan gadget setidaknya satu jam sebelum tidur.


3. Letakkan alarm di tempat terdekat


(Alarm yang dekat membantu kamu mudah bangun. Foto: Dok. Freepik)


Meletakkan jam alarm di tempat yang dekat akan memaksa kamu untuk bangun dari tempat tidur untuk mematikan alarm, membantu kamu untuk tetap terjaga dan memulai hari dengan baik.


(Baca juga: 7 Cara Mudah Mengatasi Insomnia, Penasaran?)


4. Jangan begadang


(Tetaplah menjaga konsistensi untuk tidur tepat waktu. Foto: Dok. Freepik)


Apapun alasannya, usahakan kamu tidur tepat waktu alih-alih bergadang karena ketika kamu sudah sekali melakukannya, kamu akan terbiasa untuk melakukannya lagi, dan lagi. Jadi, cobalah konsisten dengan jadwal tidurmu untuk tidur selama tujuh hingga delapan jam.


5. Tetap aktif di siang hari

 

(Lakukan tidur siang secukupnya saja. Foto: Dok. Freepik)


Aktivitas fisik di siang hari dapat membantu kamu mengatur kembali jam biologis tubuh dan membuat kamu lebih lelah di malam hari, memudahkan proses tidur dan bangun pagi. Kamu boleh memilih tidur siang, tetapi pastikan kamu menghabiskan tidur siang secukupnya dan tidak berlebihan.


Bangun pagi membawa manfaat yang sangat besar bagi kesehatan dan kesejahteraan kamu secara keseluruhan. Dengan memberikan waktu tambahan untuk olahraga, sarapan sehat, persiapan untuk hari yang akan datang, bangun pagi membantu menjaga tubuh dan pikiran dalam kondisi yang optimal untuk menghadapi rutinitas sehari-hari dan menikmati hidup dengan lebih baik.


(Penulis: Adila Firani)

Life & health