Life & health

7 Cara Menata Foto di Ruang Tamu untuk Kesan Lebih Estetik!

By : Her World Indonesia - 2024-04-08 16:00:01 7 Cara Menata Foto di Ruang Tamu untuk Kesan Lebih Estetik!

Bingung seperti apa cara menata foto di ruang tamu agar terlihat estetik? Pemilihan pola atau tata letak, jumlah, jarak antar foto dan tempat terbaik untuk memajang foto sangat menentukan. Penataan yang kurang tepat dapat merusak estetika ruangan dan membuatnya terlihat berantakan. Nah, buat kamu yang ingin menggunakan foto sebagai dekorasi ruang tamu bisa coba beberapa ide berikut ini. Simak!


1. Oversized Style


(Cara menata foto di ruang tamu. Foto: Dok. Minh Pham/Unsplash)


Tampilkan kemewahan di ruang tamu dengan galeri foto berukuran besar. Kamu bisa memanfaatkan dinding kosong untuk memajang satu atau dua foto berukuran besar. Pilih foto terbaik dalam tampilan portrait, jika ingin memajang foto lebih dari satu. Selain menciptakan focal point yang mencolok, penataan foto seperti ini dapat memberi kesan ruangan yang lebih tinggi.


Kamu bisa menggunakan bingkai foto yang warnanya senada dengan interior. Namun, tidak ada salahnya memilih warna kontras untuk menambah aksen menarik pada ruangan.


2. Grid Style


(Cara menata foto di ruang tamu. Foto: Dok. Spacejoy/Unsplash)


Ingin memajang lebih banyak foto di ruang tamu? Kamu bisa menata koleksi foto secara berjajar (grid) seperti ini. Meskipun tampak sederhana, tapi cara penataan foto dengan grid style seperti ini dapat menampilkan galeri foto yang lebih rapi dan elegan.


Pilih foto dengan posisi yang seragam (portrait atau landscape) agar mudah dalam menata di dinding ruang tamu. Ide ini adalah cara kreatif untuk berbagi foto-foto perjalanan atau menyoroti kisah keluarga yang mengesankan.

Cara menata foto di ruang tamu dalam grid style cocok sekali untuk hampir semua desain interior, dari klasik, modern, hingga kontemporer. Jika ingin terlihat lebih tertata, pakai foto dengan konsep yang sama atau bermain dengan warna frame yang senada.


3. Minimalist Style


(Cara menata foto di ruang tamu. Foto Dok: Collov Home Design/Unsplash)


Tidak harus terpaku pada ukuran ataupun layout foto, karena kamu bisa berkreasi dengan cara menata foto dengan minimalis style seperti ini. Jadikan foto yang paling besar sebagai center dari galeri kamu.


Pastikan jarak antar foto diatur dengan rapi. Untuk menghadirkan kesan minimalis, gunakan bingkai berwarna netral dengan pinggiran bingkai yang ukurannya kecil. Ide penataan foto seperti ini sangat cocok untuk area dinding yang luas dan tampak kosong. Pasang foto yang paling besar di bagian tengah, lalu susun di sekitarnya foto-foto yang ukurannya lebih kecil.


(Baca Juga: 5 Ide Menata Polaroid di Kamar, Buat Kamar Lebih Estetik)


4. Aesthetic A Clock


Cara menata foto di ruang tamu yang lebih unik dan estetis berikutnya yaitu dengan gaya melingkar seperti jam—sesuai namanya. Siapkan 12 foto yang ingin kamu panjang di dinding, lalu susun melingkar. Untuk membuat galeri foto kamu lebih fungsional, pasang jarum jam di bagian tengah foto.


5. Simple Vertical


Cara menata foto simple vertical seperti ini menghasilkan tampilan galeri foto yang sederhana tapi elegan. Kamu bisa memanfaatkan dinding area foyer atau sisi dinding yang tidak terlalu luas, karena penataan foto ini tidak membutuhkan banyak space menyamping. Kamu bisa memajang foto keluarga hitam putih untuk menciptakan tampilan elegant monochromatic. Bisa juga foto-foto yang lebih berwarna sesuai dengan konsep interior ruang tamu.


6. Contemporary Display

Cara menata foto dalam tampilan kontemporer memerlukan permainan warna, ukuran, tata letak yang kreatif. Kamu bisa memajang foto dengan ukuran dan warna yang berbeda, lalu susun secara kreatif. Namun, pastikan kamu memperhatikan tata letak foto agar terlihat rapi dan serasi.


7. Corner Mozaik


(Cara menata foto di ruang tamu. Jonathan Borba / Unsplash)


Buat kamu yang ingin tampilan yang lebih modern dan estetik, coba gunakan cara menata foto yang satu ini. Manfaatkan salah satu sisi dinding ruang tamu yang tampak kosong untuk memajang foto terbaik kamu, seperti foto traveling, foto pemandangan, atau foto apapun yang kamu inginkan. Cetak foto besar menjadi beberapa potongan foto dengan frame terpisah, lalu atur jarak antar frame agar foto-foto tersebut dapat menampilkan cerita di baliknya secara utuh.


(Baca Juga: Yuk Intip 7 Tips Mudah Menata Kamar Sempit Sederhana)


Itulah beberapa cara menata foto di ruang tamu yang bisa jadi ide untuk mendekorasi dinding ruang tamu, supaya tidak tampak kosong. Susun foto sesuai konsep yang kamu inginkan dan pastikan tidak ada bingkai yang miring ya!



(Penulis: Calvin)

Life & health