Life & health

Selebrasi 25 Tahun Dian Sastrowardoyo Berkarya Melalui Film

By : Vanessa Masli - 2024-03-29 12:00:01 Selebrasi 25 Tahun Dian Sastrowardoyo Berkarya Melalui Film

Ia mengawali karier sebagai model sebuah majalah remaja hingga namanya kian melambung berkat perannya sebagai Cinta dalam film ikonis di awal tahun 2000, Ada Apa Dengan Cinta?. Sudah 25 tahun berlalu dan nama Dian Sastrowardoyo masih terdengar familier di telinga karena dedikasinya dalam industri film yang tahun ini dirayakan oleh orang-orang yang mengagumi karyanya.


Sudah menjadi tradisi tahunan bagi Harper’s Bazaar Indonesia untuk mengapresiasi ragam karya-karya layar lebar, sebagai peringatan Hari Film Nasional yang jatuh pada 30 Maret, dalam edisi Bazaar Movie Issue. Pada edisi kali ini, tim Harper’s Bazaar Indonesia mendedikasikan edisi tahunannya untuk merayakan pencapaian Dian Sastrowardoyo serta karyanya selama 25 tahun.


Dari cerita hingga seni visual, Harper’s Bazaar Indonesia mengupas berbagai sisi-sisi menarik seorang Dian Sastrowardoyo, dari kesan para rekan kerja yang terus menjadi teman berbagi pengalaman hingga pesan dari orang-orang tersayang yang menjadi support system Dian untuk terus berkarya.


“Rasanya pantas Bazaar merayakan Dian, bukan saja karena prestasinya di industri perfilman Indonesia tetapi juga dedikasi, visi, dan sepak terjangnya yang tak pernah habis sampai saat ini,” ungkap Ria Lirungan, Editor in Chief Harper’s Bazaar Indonesia.


Keinginan Dian untuk terus belajar, mengembangkan akting maupun mengeksplorasi film di belakang kamera, membuat karya dan pribadinya tak bisa lepas dari sejarah perfilman Indonesia Modern yang terus berkembang.



(kiri ke kanan: Zamri Mamat, Deputy Chief Marketing Officer Plaza Indonesia; Dian Sastrowardoyo, dan Ria Lirungan, Editor in Chief Harper's Bazaar Indonesia. Foto: Dok. Gustama Pandu)


Wanita yang baru saja berulang tahun ke-42 mengungkapkan rasa syukurnya atas apresiasi dan selebrasi yang diberikan padanya. Tepatnya pada 22 Maret 2024 lalu, di La Moda Plaza Indonesia, para kerabat dan sahabat berkumpul untuk sama-sama merayakan pencapaian Dian Sastro melalui persembahan Harper’s Bazaar Indonesia bertajuk “A Tribute to Indonesian Cinema Celebrating 25 Years of Dian Sastrowardoyo”.



(Beberapa sineas film yang pernah bekerjasama dengan Dian Sastrowardoyo dan rayakan pencapaiannya. Foto: Dok. Gustama Pandu)


(Baca Juga: Intip Kebaya Dikenakan Dian Sastrowardoyo Di Gadis Kretek)


Industri film modern dengan aktor-aktor muda Tanah Air memiliki sosok Dian Sastrowardoyo yang mereka jadikan panutan. Namun, semua pencapaian ini tidak menghentikna Dian untuk terus belajar, termasuk saat masa pandemi ketika banyak waktu luang di rumah, ia habiskan untuk belajar lebih dalam mengenai film.

“Saat pandemi hampir semua lembaga pendidikan itu membuka kelas online termasuk dunia film seperti directing course keluar [kelas] online, writing course juga. Akhirnya kesempatan itu saya gunakan sebaik-baiknya,” ungkap Dian.


(Baca Juga: 4 Pilihan Buku Dian Sastrowardoyo Ini Bisa Jadi Bacaanmu)


Penting bagi Dian untuk terus memperkaya diri dengan banyak mencari tahu dan belajar, termasuk dalam berkarya di industri film. Ke depannya, Dian berencana untuk mengambil beberapa kursus, termasuk kursus-kursus akting. Baginya, pengalaman belajar ini esensial untuk pengembangan dirinya sebagai sineas film.



Life & health