Intip Kebaya Dikenakan Dian Sastrowardoyo Di Gadis Kretek


  • Intip Kebaya Dikenakan Dian Sastrowardoyo Di Gadis Kretek
    Kebaya Janggan, kebaya yang dikenakan Jeng Yah di Gadis Kretek. (Foto: Dok. Gadis Kretek/Netflix)

    Gadis Kretek, merupakan serial Netflix yang sedang menjadi topik terhangat saat ini. Bukan hanya karena alur ceritanya yang luar biasa dan rumit, tetapi juga karena pakaian yang dikenakan para pemainnya. Dengan menggunakan pakaian adat, pemeran utamanya, Jeng Yah, tampil memukau. Hari ini, Her World akan menjelaskan ke kamu, apa jenis kebaya dan warna yang digunakan Dian Sastrowardoyo dalam serial pertama Netflix Indonesia, Gadis Kretek.


    (Baca Juga : 8 Drama Series Indonesia Terbaik, Wajib Banget Ditonton! )




    Kebaya yang digunakan oleh Dian Sastro itu bernama Kebaya Janggan. Seperti dengan surjan seorang pria, Kebaya Janggan merupakan kebaya yang berkerah tinggi dan menutupi leher. Terinspirasi dari seragam militer Eropa yang sempat menempati Indonesia. Sampai saat ini, kebaya Janggan sering digunakan untuk berbagai acara dan menjadi salah satu warisan adat dari keraton Yogyakarta.


    Ketika kita pertama melihat Jeng Yah di adegan pasar, dia terlihat sangat memikat dengan menggunakan Kebaya Janggan yang berwarna hitam. Dilengkapi dengan bros yang simple membuat Jeng Yah terlihat sangat elegan. Menggunakan kebaya tersebut mempunyai makna yang dalam, memperlihatkan keilahian, keindahan, dan kesucian dari seorang perempuan.


    Jeng Yah di adegan pasar, dia terlihat sangat memikat dengan menggunakan Kebaya Janggan yang berwarna hitam. Dilengkapi dengan bros yang simple membuat Jeng Yah terlihat sangat elegan. Menggunakan kebaya tersebut mempunyai makna yang dalam, memperlihatkan keilahian, keindahan, dan kesucian dari seorang perempuan.




    ( Dasiyah sedang mencoba kretek dari merek lain. Foto: Dok. Gadis Kretek/ Netflix )



    Jeng Yah hanya terlihat menggunakan dua warna, yaitu hitam dan putih. Seperti kata Hagai Pakan, desainer yang merancang busana pemeran utama Gadis Kretek, warna hitam sangat mendukung karakter Dasiyah. Warna hitam tetap teguh dan tidak akan berubah. Sama dengan karakter Dasiyah yang mempunyai pendirian teguh untuk memperlihatkan bahwa dia bisa.


    Setelah melewati masa sulit, Dasiyah mulai terlihat menggunakan warna putih. Sama seperti warna hitam, warna putih yang digunakan juga mempunyai arti tersendiri. Ketika Jeng Yah menggunakan warna putih itu menandakan perubahan atau awal yang baru. Kayak kanvas yang kosong siap untuk diisi.



    ( Dasiyah Mengenakan Kebaya Janggan Putih. Foto: Dok. Gadis Kretek/ Netflix )


    (Baca Juga : Simak 4 Fakta Menarik Serial Pertama Indonesia Gadis Kretek)


    Dari antara semua pakaian yang dikenakan Dasiyah, manakah kebaya favorit kamu? Kalau belum menonton Gadis Kretek, segera menontonlah di Netflix!




    ( Penulis: Ruby Ishak)




 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below