Life & health

Serupa Tapi Tak Sama, Berikut 6 Perbedaan Es Krim dan Gelato

By : Her World Indonesia - 2024-03-26 15:00:02 Serupa Tapi Tak Sama, Berikut 6 Perbedaan Es Krim dan Gelato

Dear sweet tooth, es krim dan gelato adalah dua makanan penutup yang sangat populer di seluruh dunia. Meskipun terlihat serupa, keduanya memiliki perbedaan yang signifikan dalam hal tekstur, rasa, dan cara pembuatannya, lho! Dalam artikel ini, Her World akan membahas perbedaan antara es krim dan gelato.


1. Komposisi dan kandungan lemak


Es krim biasanya memiliki kandungan lemak yang lebih tinggi dibandingkan gelato. Es krim tradisional terbuat dari krim, susu, gula, dan pengental seperti telur, sementara gelato cenderung memiliki lebih sedikit kandungan lemak karena menggunakan lebih sedikit krim dan telur.


2. Tekstur


(Tekstur gelato yang lembut dan halus. Foto: Dok. Roman Odintsov/Pexels)


Tekstur es krim umumnya lebih kaya dan creamy karena kandungan lemak yang tinggi dan pengocokan yang kuat selama proses pembuatannya. Di sisi lain, gelato memiliki tekstur yang lebih lembut dan halus karena lebih sedikit udara yang dikocok ke dalam adonan selama proses pembuatannya.


3. Rasa


Es krim cenderung memiliki rasa yang lebih kuat dan kaya karena kandungan lemak dan penggunaan lebih banyak bahan tambahan seperti perisa buatan. Gelato, di sisi lain, memiliki rasa yang lebih murni dan intens karena lebih sedikit bahan tambahan yang digunakan.


(Baca Juga: Cara Membuat Es Krim Tiramisu)


4. Warna


Warna es krim sering kali lebih cerah dan terang karena penggunaan pewarna buatan dan bahan tambahan lainnya. Gelato cenderung memiliki warna yang lebih alami dan lembut karena penggunaan bahan-bahan alami dan minimnya pewarna buatan.


5. Pembuatan


(Hidangan penutup lezat. Foto: Dok. Roman Odinstov/Pexels)


Proses pembuatan es krim melibatkan pengocokan adonan dalam mesin es krim yang menghasilkan udara lebih banyak, sehingga teksturnya lebih ringan dan berongga. Gelato, di sisi lain, diproduksi dengan memperlambat proses pengocokan, menghasilkan tekstur yang lebih padat dan lembut.


6. Suhu


Es krim biasanya disajikan pada suhu yang sangat rendah, sekitar -12°C hingga -18°C, sementara gelato disajikan pada suhu yang sedikit lebih tinggi, sekitar -10°C hingga -14°C, untuk mempertahankan tekstur dan rasa yang ideal.


(Baca Juga: Caramel Macchiato: Perjalanan Eksotis dari Italia)


Meskipun es krim dan gelato memiliki perbedaan yang signifikan dalam hal tekstur, rasa, dan cara pembuatannya, keduanya tetap menjadi pilihan makanan penutup yang lezat dan memuaskan bagi banyak orang di seluruh dunia. Apakah Anda lebih suka es krim yang kaya atau gelato yang lembut, keduanya menawarkan pengalaman rasa yang unik dan memikat untuk dinikmati.


(Penulis: Nada Kamiliya)



Life & health