Food & travel

Caramel Macchiato: Perjalanan Eksotis dari Italia

By : Her World Indonesia - 2024-03-19 18:00:01 Caramel Macchiato: Perjalanan Eksotis dari Italia

Ketika datang ke dunia kopi, ada satu minuman yang telah menarik perhatian pecinta kopi di seluruh dunia dengan keunikan rasanya yang memukau dan tampilannya yang menggoda, caramel macchiato. Dari akar-akarnya yang berakar dalam tradisi kopi Italia hingga popularitas globalnya saat ini, caramel macchiato telah menjadi salah satu favorit yang tak terbantahkan di kedai-kedai kopi di mana pun Anda berada. Yuk, mengenal asal-usul hingga fakta menarik tentang caramel macchiato!


Asal-Usul Caramel Macchiato



(Negara asal caramel macchiato. Foto: Dok. Rawpixel/Freepik)


Caramel Macchiato memiliki akar yang dalam dalam tradisi kopi Italia. Istilah “macchiato” dalam bahasa Italia berarti “ditandai” atau “bermudah-mudahan”, mengacu pada cara espresso ditambahkan ke dalam susu dengan cara yang menciptakan lapisan visual yang menarik. Meskipun sejarah pasti caramel macchiato tidak dapat dipastikan, minuman ini diyakini berasal dari varian minuman kopi Italia yang lebih tradisional, seperti Latte Macchiato.


Bahan-Bahan dan Proses Pembuatan Caramel Macchiato


Caramel Macchiato adalah campuran yang sempurna antara espresso, susu, dan sirup karamel. Proses pembuatannya dimulai dengan penambahan sirup karamel ke dalam cangkir, diikuti dengan penambahan susu panas. Kemudian, espresso diseduh secara terpisah dan dituangkan dengan hati-hati di atas campuran susu dan sirup karamel, menciptakan efek lapisan yang khas dari Caramel Macchiato. Terakhir, minuman ini sering dihiasi dengan tambahan sirup karamel di permukaannya untuk sentuhan akhir yang sempurna.


Inovasi dan Kreativitas


Salah satu hal yang membuat Caramel Macchiato begitu menarik adalah fleksibilitasnya untuk disesuaikan dengan preferensi individu. Meskipun versi klasiknya terdiri dari espresso, susu, dan sirup karamel, banyak kedai kopi menawarkan berbagai varian dengan tambahan rasa seperti vanilla, hazelnut, atau bahkan chocolate untuk menciptakan pengalaman yang unik dan memuaskan.



(Pilihan susu untuk caramel macchiato. Foto: Dok. Jcomp/Freepik)


Iced Caramel Macchiato, versi dingin dari caramel macchiato ini disajikan dengan es dan sering menjadi pilihan yang menyegarkan terutama pada musim panas. Es yang ditambahkan memberikan sentuhan segar pada minuman ini. Vegan Caramel Macchiato, untuk para pencinta kopi yang menjalani gaya hidup vegan atau memiliki intoleransi laktosa, banyak kedai kopi menawarkan varian Caramel Macchiato yang menggunakan susu nabati seperti almond, soy, atau oat sebagai pengganti susu sapi. 



Caramel Macchiato dengan Whipped Cream, varian ini menghadirkan tambahan whipped cream di atas minuman, memberikan sentuhan krimi dan beraroma yang lebih berlimpah. Caramel Macchiato dengan caramel drizzle, beberapa kedai kopi menambahkan tambahan sirup karamel atau saus karamel di atas minuman untuk memberikan sentuhan manis ekstra dan memberikan estetika yang lebih menggoda


Fakta Menarik


 1. Varian dingin


Selain versi panasnya, Caramel Macchiato juga tersedia dalam versi dingin yang disebut “Iced Caramel Macchiato”. Minuman ini disajikan dengan es dan sering kali menjadi pilihan yang populer saat cuaca panas.


 2. Pilihan susu


Sebagian besar kedai kopi menawarkan opsi untuk menggunakan susu nabati, seperti almond, soy, atau oat, sebagai alternatif untuk susu sapi dalam pembuatan Caramel Macchiato, memperluas daya tariknya kepada para pelanggan vegan atau yang memiliki intoleransi laktosa.


 3. Kisah di balik nama


Meskipun istilah “macchiato” secara tradisional merujuk pada espresso yang ditambahkan ke dalam susu, Starbucks memperkenalkan istilah “Caramel Macchiato” untuk menyoroti ciri khasnya yang unik, yaitu penambahan sirup karamel yang membedakannya dari minuman kopi macchiato lainnya.


(Baca Juga: Butuh Tempat Tenang, Inilah 4 Kafe Untuk Orang Introvert)


Tidak dapat dipungkiri bahwa peran Starbucks sangat besar dalam mempopulerkan Caramel Macchiato di seluruh dunia. Sebagai salah satu merek kopi terbesar di dunia, Starbucks telah memperkenalkan minuman ini kepada masyarakat luas melalui rantai kedai kopi mereka yang tersebar di berbagai negara. Dengan citarasa khasnya dan konsistensi dalam penyajian, Starbucks telah membantu Caramel Macchiato mendapatkan tempat yang kokoh di dunia kopi global.



(Kopi menjadi bagian dari gaya hidup. Foto: Dok. Senivpetro/Freepik)


Selain popularitasnya di kedai-kedai kopi, Caramel Macchiato juga telah muncul dalam budaya populer, sering kali menjadi ikon dari gaya hidup kopi yang modern dan trendi. Referensi terhadap minuman ini sering muncul dalam film, acara televisi, dan lagu, memperkuat posisinya sebagai salah satu minuman kopi yang paling diinginkan di dunia.


(Baca Juga: Ungkap Kasih Sayang dengan Koleksi Terbaru Kopi Nespresso)


Caramel Macchiato bukan sekadar minuman kopi, melainkan perpaduan seni dan rasa yang memukau. Dari sejarahnya yang kaya hingga fleksibilitasnya yang tak tertandingi, minuman ini telah memenangkan hati pecinta kopi di seluruh dunia. Caramel Macchiato tidak pernah gagal untuk memberikan kenikmatan yang luar biasa dalam setiap tegukan.


(Penulis: Nada Kamiliya)


Food & travel