Life & health

5 Tips yang Bisa Kamu Lakukan Saat Hidup Terasa Sulit

By : Her World Indonesia - 2024-03-22 15:00:01 5 Tips yang Bisa Kamu Lakukan Saat Hidup Terasa Sulit

Hidup adalah perjalanan yang penuh dengan kejutan dan tidak selalu berjalan sesuai dengan rencana yang kamu buat bukan? Kamu sejak awal perlu menyadari bahwa di balik semua harapan dan impian yang besar, kegagalan adalah bagian alami dari proses tersebut. Sehingga, penting untuk memahami bahwa kegagalan bukanlah akhir dari segalanya; sebaliknya, itu adalah kesempatan untuk belajar, tumbuh, dan berkembang.


Ketika rencana tidak berjalan seperti yang kamu harapkan, tak jarang kamu akan merasa kesal, marah, muak, dan kecewa. Namun, pada saat-saat seperti itu, penting untuk mengubah pandanganmu tentang kegagalan. Alih-alih melihatnya sebagai akhir dari segalanya, kamu bisa melihatnya sebagai batu loncatan menuju kesuksesan yang lebih besar. Setiap kegagalan membawa pelajaran berharga yang akan membentuk kamu menjadi individu yang lebih kuat dan lebih baik.


Menghadapi kegagalan dengan sikap positif adalah kunci untuk pertumbuhan itu sendiri. Alih-alih menyerah dan menyesalinya kemudian, kamu punya pilihan untuk menjadikan kegagalan sebagai dorongan untuk mencoba lagi dengan pendekatan yang berbeda. Mengajukan pertanyaan seperti, “Apa yang bisa saya pelajari dari ini?” atau “Bagaimana saya bisa melakukan lebih baik next time?” kepada diri kamu sendiri akan membantu kamu melihat kegagalan sebagai kesempatan untuk berkembang, bukan sebagai hambatan. Sekalipun kegagalan menyapa dan membuat kamu merasa kesulitan hingga sesak, kamu harus mengerti jika itu adalah proses untuk terus tumbuh dan kamu bisa menyikapinya dengan lima hal berikut.


1. Terima dan akui perasaan kamu


Don’t fight your feelings. Ketika kamu merasa marah, tidak nyaman, sampai kesal terhadap sesuatu, terima perasaan-perasaan itu. Biarkan emosi itu menyapa kamu terlebih dahulu. Selalu ingat bahwa kamu adalah manusia yang berdiri dengan berbagai emosi. So, it’s okay to be mad and sad. Jangan mencoba untuk menekan atau menyangkal emosi negatif yang muncul. Mengabaikan perasaan tersebut hanya akan membuatnya semakin kuat. Sebaliknya, beri diri kamu izin untuk merasakannya sepenuhnya. Akui bahwa perasaan tersebut adalah bagian alami dari pengalaman hidup dan bahwa itu tidak berarti kamu lemah. Dengan menerima perasaanmu, kamu memungkinkan dirimu sendiri untuk mulai mengatasi mereka dengan lebih baik.


(Baca juga: Saat Tubuh Tidak Nyaman, Kenali 5 Tanda Anxiety Attack)


2. Fokus dengan apa yang ada


Focus on the present is the key. Ketika kamu menghadapi masalah atau kesulitan, seringkali kamu cenderung terjebak dalam pikiran tentang masa lalu atau khawatir tentang masa depan. Namun, cara terbaik untuk mengatasi rasa cemas atau putus asa adalah dengan fokus pada saat ini. Alih-alih terus-menerus memikirkan kejadian yang tidak bisa diubah atau khawatir tentang apa yang akan datang, berusahalah untuk hidup di saat ini. Latihlah diri kamu untuk menjadi lebih sadar akan pengalaman langsung dan nikmati momen-momen kecil dalam hidupmu. Dengan fokus pada apa yang ada dan yang bisa kamu kontrol saat ini, kamu dapat mengurangi stres.


3. Tidur yang cukup


(Tidur yang cukup sangat kamu butuhkan. Foto: Dok. Pexels)


Tidur yang cukup adalah salah satu faktor penting untuk menjaga kesehatan mental dan emosional. Ketika hidup terasa sulit, tidur bisa menjadi kurang teratur atau terganggu oleh pikiran yang berputar-putar. Namun, tidur yang cukup sangat penting untuk memulihkan energi kamu sehingga kamu bisa menyiapkan hal lainnya. 


4. Luangkan waktu untuk recall


Ketika kamu merasa terjebak dalam kekacauan hidup, penting untuk meluangkan waktu untuk merefleksikan dan mengingat kembali momen-momen ketika semuanya terasa lebih baik. Ingatlah keberhasilanmu, kebahagiaanmu, dan momen-momen kecil yang membawa kegembiraan dalam hidupmu. Dengan melihat kembali titik-titik tersebut, kamu dapat memperoleh perspektif baru tentang keadaanmu saat ini dan mengingatkan dirimu sendiri bahwa ini hanyalah bagian sementara dari perjalanan hidupmu. Luangkan waktu untuk berterima kasih atas hal-hal positif dalam hidupmu, meskipun mereka mungkin tampak kecil, kamu bisa menggunakan energi positif ini untuk membantu mengatasi kesulitan saat ini.


(Baca juga: Ini Pentingnya Support System dalam Menjaga Kesehatan Mental)


5. Olahraga


(Olahraga dapat membantu kesehatan fisik dan jiwa kamu. Foto: Dok. Freepik)


Olahraga adalah cara yang sangat efektif untuk mengatasi stres dan meningkatkan suasana hati. Saat kita berolahraga, tubuh kita melepaskan endorfin, zat kimia alami yang meningkatkan perasaan bahagia dan mengurangi stres. Apapun jenis olahraga yang kamu pilih, baik itu jogging, bersepeda, berenang, atau yoga, pastikan untuk menyisihkan waktu untuk melakukannya setiap hari. Bahkan jika itu hanya beberapa menit tetap dapat membuat perbedaan besar dalam kehidupan dan ketenanganmu.


Saat hidup terasa sulit, kamu bisa mencoba lima hal tersebut untuk membuat diri kamu lebih tenang dan rileks. Kelima hal ini juga dapat membantu mengatasi stres, kecemasan, dan putus asa. Seperti yang dikatakan C.S. Lewis, You can’t go back and change the beginning, but you can start where you are and change the ending.” 


(Penulis: Adila Firani)

Life & health