Life & health

Ini Pentingnya Support System dalam Menjaga Kesehatan Mental

By : Her World Indonesia - 2024-01-17 14:00:02 Ini Pentingnya Support System dalam Menjaga Kesehatan Mental

Kesehatan mental atau mental health dan mental illness merupakan dua aspek kesehatan yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia. Kesehatan mental mencakup kesejahteraan emosional, psikologis, dan sosial, sementara mental illness merupakan kondisi yang mengganggu fungsi-fungsi tersebut. Penting untuk memahami perbedaan antara keduanya, serta mengetahui penyebab hadirnya mental illness dan dukungan apa yang dapat membantu mengatasinya.


Mental health sendiri dapat diartikan sebagai kondisi kesejahteraan emosional, psikologis, dan sosial yang memungkinkan seseorang untuk mengatasi stres, menjalani kehidupan yang bermakna, dan berkontribusi pada masyarakat. Ini mencakup keseimbangan antara perasaan positif dan negatif, kemampuan mengelola stres, serta hubungan sosial yang sehat.


Sebaliknya, mental illness adalah kondisi yang mengganggu pikiran, perasaan, perilaku, dan interaksi sosial seseorang. Ini bisa melibatkan berbagai gangguan, seperti depresi, kecemasan, skizofrenia, dan gangguan makan. Penting untuk memahami bahwa mental illness bukanlah kelemahan karakter, tetapi suatu kondisi medis yang memerlukan perhatian dan dukungan.


Penyebab mental illness bersifat kompleks dan melibatkan kombinasi faktor genetik, biologis, lingkungan, dan psikososial. Faktor genetik dapat meningkatkan risiko seseorang terhadap pengembangan penyakit mental, tetapi lingkungan juga memiliki peran penting. Trauma, kehilangan, stres kronis, dan ketidakseimbangan zat kimia dalam otak adalah beberapa faktor lingkungan yang dapat memicu atau memperburuk kondisi mental.


Lebih dari itu, stigma sosial juga dapat menjadi pemicu atau faktor memperburuk mental illness. Diskriminasi dan kurangnya pemahaman terhadap penyakit mental dapat membuat individu merasa terisolasi dan kesulitan mencari bantuan. Oleh karena itu, upaya untuk mengatasi stigma dan meningkatkan kesadaran tentang kesehatan mental menjadi kunci penting dalam mencegah dan mengelola mental illness.


Mengatasi mental illness juga jelas memerlukan dukungan yang luas dari berbagai pihak. Sebuah support system yang efektif dapat membantu individu menghadapi tantangan dan mengembalikan keseimbangan dalam kehidupan mereka. Berikut ini support system yang bisa membantu mengatasi mental illness!


1. Temukan seseorang yang bisa mendengarkan kamu


(Kamu bisa menemukannya dari lingkungan keluarga atau pertemanan kamu. Foto: Dok. Elle Hughes/Pexels)


Dukungan dari keluarga dan teman adalah salah satu elemen terpenting dalam mengatasi ketidaknyamanan perasaan dan mental. Mereka dapat memberikan dukungan emosional, memahami kebutuhan individu, dan membantu dalam pengelolaan stres sehari-hari. Terbuka dan jujur dalam berkomunikasi dengan keluarga dan teman juga dapat membuka pintu bagi pemahaman yang lebih baik tentang kondisi mental seseorang.


2. Temui profesional


(Jika dirasa perasaanmu semakin tidak nyaman, tidak ada salahnya untuk pergi menemui profesional. Foto: Dok. SHVETS Studio/Pexels)


Peran profesional kesehatan mental, seperti psikolog, psikiater, atau konselor, sangat penting dalam diagnosis dan pengobatan penyakit mental. Terapi kognitif perilaku, konseling, dan terapi obat adalah beberapa pendekatan yang dapat membantu individu mengatasi berbagai gangguan mental. Ketersediaan perawatan kesehatan mental yang terjangkau dan tanpa stigma adalah kunci dalam menjamin aksesibilitas bagi semua individu yang membutuhkan bantuan, ini juga merupakan support system terbaik bagi seseorang.


(Baca juga: Menjaga Kesehatan Mental, Ini Manfaat Self Talk Positif)


3. Bergabunglah dengan komunitas atau organisasi yang kamu sukai


(Bergabung dengan komunitas atau organisasi yang kamu minati, dapat membantu rutinitas kamu lebih berwarna. Foto: Dok. Fauxels/Website)


Bergabung dengan komunitas atau organisasi sesuai dengan hobi atau minat kamu dapat memberikan tempat bagi dirimu untuk berbagi pengalaman, mendapatkan informasi, dan merasa diterima. Kelompok dukungan dapat membantu mengurangi rasa sendirian dan memberikan dukungan sebaya yang memahami perjuangan yang dihadapi.


4. Menghargai dirimu sendiri


(Hal paling penting dalam hidup, untuk menghargai dan mencitai diri kamu sendiri. Foto: Dok. Andrea Piacquadio/Pexels)


Diri kamu adalah support system terbaik dan yang paling mengenalmu. Iya, kesadaran atas dirimu dan perasaanmu sendiri merupakan kunci untuk membangun dukungan internal, upaya menjaga kesehatan mentalmu sendiri. Dengan mengenali perasaan, kebutuhan, dan batasan diri, kamu akan lebih efektif mengelola respon dan dirimu sendiri.


(Baca juga: 9 Tanda Fisik dari Gangguan Kesehatan Mental)


Karena, menerima diri sendiri dengan segala kelebihan dan kekurangannya merupakan pondasi paling penting untuk kesehatan mental kamu. Penerimaan diri mengurangi tekanan untuk menjadi sempurna dan menciptakan ruang bagi pertumbuhan dirimu sendiri.


Selebihnya, perlu diingat jika upaya untuk memberikan ruang yang aman dan nyaman bagi seseorang yang sedang tidak stabil kesehatan mentalnya merupakan upaya bersama secara eksternal dan internal. Dukungan dari keluarga, teman, profesional, komunitas, serta lingkungan kerja yang mendukung dapat membantu individu mengatasi tantangan kesehatan mental mereka.


(Penulis: Adila Firani)


Life & health