Life & health

Ini Dia, 5 Manfaat Puasa Untuk Kesehatan

By : Her World Indonesia - 2024-03-18 18:00:01 Ini Dia, 5 Manfaat Puasa Untuk Kesehatan

Puasa merupakan praktik yang telah dilakukan oleh manusia selama ribuan tahun dalam berbagai budaya dan agama. Selain memiliki makna spiritual, puasa juga memiliki manfaat yang signifikan bagi kesehatan tubuh manusia.


Her World telah merangkum melalui berbagai sumber, berikut ini manfaat puasa bagi kesehatan tubuh yang perlu kamu ketahui.


1. Detoksifikasi Tubuh

Puasa membantu tubuh dalam proses detoksifikasi atau membersihkan diri dari racun dan zat-zat berbahaya. Selama puasa, tubuh beristirahat dari proses pencernaan makanan, sehingga memberikan kesempatan bagi sistem pencernaan untuk membersihkan diri dari kotoran dan racun yang terakumulasi. Proses detoksifikasi ini membantu meningkatkan fungsi organ-organ vital seperti hati dan ginjal dalam menghilangkan zat-zat beracun dari tubuh.


(Baca juga: Perhatian! 5 Tanda-tanda Kamu Tidak Cocok Memakai Serum)


2. Menurunkan Berat Badan

Puasa merupakan salah satu metode yang efektif dalam menurunkan berat badan, you know it right? Saat berpuasa, tubuh kamu menggunakan cadangan energi yang tersimpan dalam bentuk glikogen dan lemak sebagai sumber energi, karena tidak ada asupan makanan baru yang masuk. Hal ini dapat menyebabkan penurunan berat badan secara signifikan, terutama jika kamu memadukannya dengan pola makan yang sehat dan seimbang saat tidak berpuasa.



(Puasa membantu kamu menurunkan berat badan. Foto: Dok. Freepik)


3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Puasa dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi kesehatan jantung. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa puasa secara teratur dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dengan mengendalikan faktor risiko seperti tekanan darah, kolesterol, dan kadar gula darah. Selain itu, puasa juga dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh yang berkontribusi terhadap penyakit jantung.


4. Meningkatkan Kesehatan Mental

Puasa tidak hanya memberikan manfaat bagi kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan mental. Berpuasa dapat membantu kamu meningkatkan fokus, konsentrasi, dan ketajaman mental. Selain itu, puasa juga dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan dengan memberikan kesempatan bagi tubuh dan pikiran untuk beristirahat dan bersantai.


(Baca juga: Kombinasi Warna Biru, Cocok untuk Berbagai Acara)


5. Memperbaiki Kualitas Tidur

Kamu perlu tahu jika saat tubuh berpuasa, hormon-hormon tertentu seperti melatonin, yang mengatur siklus tidur dan bangun, dapat diproduksi lebih efisien. Selain itu, puasa juga membantu mengatur ritme sirkadian tubuh, yang merupakan faktor penting dalam memastikan tidur yang nyenyak dan berkualitas. Dengan tidur yang berkualitas, kamu akan merasa lebih segar dan bugar saat bangun, serta memiliki energi yang cukup untuk menjalani aktivitas sehari-hari.


Sekalipun puasa memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh, penting untuk diingat bahwa penting juga untuk tetap memerhatikan dan menjaga pola makan yang sehat dan seimbang serta menjaga asupan cairan yang cukup selama periode berpuasa untuk mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan.


(Penulis: Adila Firani)


Life & health