Hair & beauty

Perhatian! 5 Tanda-tanda Kamu Tidak Cocok Memakai Serum

By : Her World Indonesia - 2024-03-15 14:00:02 Perhatian! 5 Tanda-tanda Kamu Tidak Cocok Memakai Serum

Serum merupakan bagian dalam rangkaian penggunaan skincare siang dan malam. Kamu mungkin telah mengenal serum sebagai salah satu produk perawatan kulit yang memiliki konsentrasi bahan aktif yang tinggi dan berfungsi untuk menangani berbagai masalah kulit. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua produk cocok untuk semua orang. Ada beberapa tanda yang perlu kamu perhatikan yang mungkin menandakan bahwa serum yang kamu gunakan tidak cocok dengan kulitmu. Berikut adalah 5 tanda-tanda yang perlu kamu perhatikan:


1. Iritasi Kulit yang Berlebihan

Salah satu tanda yang paling umum adalah iritasi kulit yang berlebihan setelah menggunakan serum. Kamu mungkin akan merasakan sensasi terbakar, kemerahan, atau bahkan timbulnya ruam setelah mengaplikasikan serum. Ini bisa menjadi pertanda bahwa kulitmu tidak cocok dengan salah satu bahan aktif dalam serum tersebut. Beberapa bahan yang seringkali menyebabkan iritasi pada kulit sensitif adalah retinol, asam salisilat, dan beberapa jenis vitamin C. Jika kamu mengalami iritasi yang parah, sebaiknya segera hentikan penggunaan serum dan konsultasikan dengan ahli dermatologi.


2. Munculnya Jerawat atau Peradangan

Jerawat yang muncul setelah penggunaan serum bisa menjadi tanda bahwa produk tersebut tidak sesuai dengan jenis kulitmu. Beberapa bahan dalam serum, seperti minyak mineral atau komedogenik (yang dapat menyumbat pori-pori), dapat memicu munculnya jerawat atau peradangan pada kulitmu.


(Baca juga: 5 Cara Mudah Mencuci Wajah dengan Tepat)


3. Kulit Terasa Kering atau Terkelupas

Salah satu manfaat utama serum adalah untuk memberikan kelembapan ekstra pada kulit. Namun, jika setelah menggunakan serum kulitmu justru terasa kering atau terkelupas, ini mungkin menandakan bahwa serum tersebut tidak cocok untukmu. Beberapa bahan, seperti alkohol atau fragrance, dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan teriritasi. Pilihlah serum yang mengandung bahan-bahan yang melembapkan dan menenangkan kulit, seperti hyaluronic acid atau aloe vera.



(Kulit kering bisa menjadi tanda kamu tidak cocok memakai serum. Foto: Dok. Freepik)


4. Tidak Ada Perubahan yang Terlihat pada Kulit

Sekalipun serum memiliki konsentrasi bahan aktif yang tinggi, tetapi tidak semua produk akan memberikan hasil yang sama pada setiap orang. Jika setelah menggunakan serum selama beberapa waktu tidak ada perubahan yang terlihat pada kulitmu, ini bisa menjadi tanda bahwa serum tersebut tidak cocok dengan kondisi kulitmu.


(Baca juga: 5 Cara Mudah Menghilangkan Belang di Wajah)


5. Sensasi Terbakar

Jika setelah menggunakan serum kamu merasakan sensasi terbakar pada kulit, ini bisa menjadi tanda bahwa kulitmu tidak cocok dengan serum tersebut. Sensasi terbakar dapat terjadi akibat penggunaan bahan-bahan yang terlalu keras atau reaksi alergi terhadap salah satu komponen dalam serum.


Sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit, penggunaan serum dapat memberikan manfaat besar bagi kulitmu. Namun, penting untuk memilih serum yang sesuai dengan jenis kulit dan masalah kulit yang ingin kamu atasi. Jika kamu mengalami salah satu tanda-tanda di atas setelah menggunakan serum, segera hentikan penggunaan dan konsultasikan dengan dermatologi untuk mendapatkan saran yang tepat mengenai produk yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu.


(Penulis: Adila Firani)


Hair & beauty