Life & health

Mengenal Olahraga Padel Mulai dari Asal-usul hingga Manfaat

By : Her World Indonesia - 2024-03-14 16:00:01 Mengenal Olahraga Padel Mulai dari Asal-usul hingga Manfaat

Olahraga padel mulai terdengar namanya di Indonesia baru-baru ini. Sebuah olahraga yang cukup menarik minat masyarakat Indonesia. Olahraga padel merupakan perpaduan yang menarik antara olahraga tenis dan squash. Perbedannya terdapat pada lapangan yang lebih kecil dan lebih terkendali daripada tenis, serta menggunakan dinding sebagai bagian integral dari permainannya, padel memberikan pengalaman baru yang seru dan menarik bagi kamu yang memainkannya. Pada artikel ini kamu akan diajak untuk mengenal lebih dalam tentang olahraga padel, mulai dari asal-usul hingga manfaat untuk kesehatan kamu. Yuk, simak!


Asal-usul Padel


(Lapangan padel yang lebih kecil dari lapangan tenis. Foto: Dok. Padel/Instagram)


Rupanya, olahraga padel berasal dari Meksiko pada awal tahun 1970-an. Diciptakan oleh Enrique Corcuera yang ingin membuat olahraga dapat dimainkan oleh seluruh keluarga yang tidak terlalu berat secara fisik dan dapat dinikmati oleh berbagai kalangan usia. Oleh karena itu, Enrique merancang lapangan yang lebih kecil dari lapangan tenis standar dan menggunakan dinding sebagai bagian dari permainannya.


Kemudian, olahraga ini menyebar ke Spanyol dan disambut dengan senang hati oleh masyarakat Spanyol karena olahraga ini meledak popularitasnya dan menjadi olahraga yang sangat populer di sana. Dari Spanyol, padel menyebar ke seluruh Eropa dan kemudian ke Amerika Latin dan menemukan pangsa pasar yang besar di negara-negara seperti Argentina, Brasil, dan Chili.


Peralatan Padel


tentunya untuk melakukan olahraga ini kamu perlu menyiapkan peralatan-peralatan untuk menunjang olahraga ini. Sebelum memulai berikut peralatan yang kamu butuhkan:


1. Raket padel


(Persiapan sebelum melakukan padel. Foto: Dok. Padel/Instagram)


Pastinya kamu butuh raket padel untuk melakukan olahraga ini. Raket padel memiliki perbedaan dari raket tenis. Mereka biasanya lebih pendek, lebih ringan, dan memiliki permukaan yang sedikit berlubang untuk meningkatkan kontrol dan presisi dalam bermain.


2. Bola padel


Perlengkapan yang satu ini salah satu yang terpenting selain raket padel. Bola padel sedikit lebih kecil dan memiliki lebih sedikit tekanan udara daripada bola tenis. Ini memberikan permainan yang lambat dan lebih terkendali, cocok untuk lapangan yang lebih kecil dari padel.


3. Sepatu padel


Setiap olahraga pasti memiliki sepatu khusus yang sengaja dirancang untuk menunjang performa olahraga kamu. Begitu juga padel, memiliki sepatu yang dirancang khusus untuk memberikan traksi yang baik pada permukaan lapangan dan mendukung gerakan lateral yang sering terjadi dalam permainan padel.


(Baca Juga: Saat Tubuh Tidak Nyaman, Kenali 5 Tanda Anxiety Attack)


4. Pakaian


(Pakaian olahraga padel untuk wanita. Foto: Dok. dilara_torssell/Instagram)


Untuk melakukan olahraga padel, kamu dapat memilih pakaian olahraga yang nyaman untuk kamu. Pastikan baju yang kamu pakai juga sesuai untuk bergerak di lapangan, disarankan kamu memilih baju olahraga yang ringan dan tidak ketat agar memberikan napas kepada kulitmu.


5. Pelindung


Pelindung memang tidak wajib digunakan, tetapi beberapa pemain memilih untuk menggunakan pelindung mata dan pelindung tangan untuk melindungi diri dari cedera selama permainan.


Manfaat Kesehatan Padel


Bukan olahraga jika tidak ada manfaat bagi kesehatan. Olahraga padel memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Mulai dari peningkatan kesehatan jantung karena gerakan intens dan kardiovaskular yang membantu meningkatkan kesehatan jantung dan sistem kardiovaskular. 


Peningkatan kebugaran fisik, akibat aktivitas padel membantu meningkatkan kekuatan otot, daya tahan, dan fleksibilitas, memberikan kamu kebugaran fisik yang komprehensif.


Selain bagus bagi jantung dan kebugaran fisik, olahraga padel membakar banyak kalori. Dengan melakukan olahraga ini kamu dapat memanajemen berat badan dan menurunkan berat badanmu.



(Olahraga padel sangat menyenangkan dan bagus untuk menghilangkan stres. Foto: Dok. A_vichithong/Instagram)


Tidak hanya dari segi fisik, tetapi juga bagus bagi mental. Aktivitas fisik seperti padel dapat membantu mengurangi stres, meningkatkan suasana hati, dan meningkatkan kesejahteraan mental secara keseluruhan. Cocok banget bagi kamu yang sedang stres memikirkan kerjaan!


(Baca Juga: Yuk, Ikut Ajang Lari Menyenangkan untuk Wanita Indonesia)


Itu dia asal-usul hingga manfaat seputar olahraga padel. Olahraga yang menarik dan menyenangkan serta memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Berolahraga padel menjadi salah satu solusi terbaik kamu untuk meningkatkan kesehatan dengan cara yang menyenangkan. Hanya dengan peralatan yang relatif tidak banyak, memudahkan kamu untuk memulai. Coba, yuk!


(Penulis: Nada Kamiliya)

Life & health