Food & travel

5 Buah dengan Kandungan Vitamin A, Mampu Menjaga Imun Tubuh

By : Her World Indonesia - 2024-02-02 16:00:02  5 Buah dengan Kandungan Vitamin A, Mampu Menjaga Imun Tubuh

Vitamin A merupakan salah nutrisi yang dibutuhkan tubuh terutama untuk menjaga fungsi penglihatan karena vitamin A diperlukan oleh retina mata untuk melihat dalam cahaya yang redup atau gelap. Kemudian, vitamin A juga bagus untuk pertumbuhan sel dan sistem kekebalan tubuh mengingat nutrisi ini dapat meningkatkan produksi dan fungsi sel-sel kekebalan, seperti sel darah putih. Lebih dari itu, vitamin A juga bagus untuk menjaga dan mempertahankan kesehatan kulit karena vitamin A dapat membantu membran mukosa dan efektif menjaga perkembangan sel-sel di dalam kulit. 


Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan gangguan penglihatan, tubuh menjadi rentan terhadap infeksi bakteri dan virus, mengalami kulit kering hingga bersisik, termasuk penurunan nafsu makan, dan masalah reproduksi. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk terus menjaga asupan vitamin A. Kamu, dapat mulai mengonsumsi vitamin A dengan buah-buahan yang mudah dijangkau. Tenang saja, Her World sudah merangkum lima buah yang kaya akan kandungan vitamin A.


1. Semangka


(Buah semangka mudah dijumpai dan kaya akan vitamin A. Foto: Dok. Any Lane/Pexels)


Dalam satu iris semangat kamu bisa menemukan setidaknya 569 IU vitamin A yang baik untuk tubuh. Keunggulan lain buah ini juga memiliki kandungan likopen sebagai antioksidan yang baik untuk tubuh.


2. Blewah


(Buah blewah mudah dijumpai dan kaya akan vitamin A. Foto: Dok. Any Lane/Pexels)


Blewah merupakan salah satu buah yang juga kaya akan vitamin A dan sangat baik untuk menjaga kebutuhan mata akan nutrisi sehingga memastikan mata kamu selalu dalam kondisi yang baik. Sama seperti semangka, blewah juga memiliki kandungan antioksidan yang dapat membantu tubuh kamu terhindar dari radikal bebas.


(Baca juga: 5 Buah Yang Mengandung Vitamin E, Efektif Menjaga Kesehatan)


3. Melon


(Buah melon mudah dijumpai dan kaya akan vitamin A. Foto: Dok. Karolina Grabowska/Pexels)


Kandungan vitamin A dalam melon memang tidak sebanyak buah lainnya, tetapi mengonsumsi melon juga tetap dapat memenuhi kebutuhan tubuh kamu akan asupan vitamin A. Oleh karena itu, melon banyak disukai dan mampu mempertahankan nafsu makan.


4. Apel


(Buah apel mudah dijumpai dan kaya akan vitamin A. Foto: Dok. Aphiwat Chuangchoem/Pexels)


Apel merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan serat tinggi, termasuk kandungan vitamin A di dalamnya. Mengonsumsi apel dalam kurun waktu yang rutin dan sesuai, dapat membantu kamu untuk menjaga perkembangan sel-sel kulit hingga memberikan hidrasi pada tubuh.


(Baca juga: Jaga Tubuh Dari Dalam, Ini Manfaat Buah Delima Untuk Wanita)


5. Nangka


(Buah nangka mudah dijumpai dan kaya akan vitamin A. Foto: Dok. Freepik)


Dalam 100 gram buangan setidaknya terdapat 110 miligram vitamin A yang dapat membantu terpenuhinya nutrisi untuk mata dan kulit. Kamu juga bisa membuat olahan buah nangka jika merasa bosan mengonsumsinya secara langsung.


Oleh karena itu, penting untuk memastikan asupan yang cukup dari vitamin A melalui mengonsumsi buah-buahan yang sudah disebutkan, dan lebih dari itu tentunya harus seimbang dengan makanan atau konsumsi suplemen. Makanan yang kaya akan vitamin A meliputi wortel, bayam, ubi jalar, hati sapi, telur, dan produk susu yang pada akhirnya sangat baik untuk kesehatan tubuh. 


(Penulis: Adila Firani)

Food & travel