Life & health

Rayakan Hari Perempuan Sedunia dengan 5 Ide Ini!

By : Her World Indonesia - 2024-03-11 18:00:01  Rayakan Hari Perempuan Sedunia dengan 5 Ide Ini!

Hei kamu! Wanita hebat yang sudah melalui banyak cerita dan kasih sampai hari ini, Happy International Women’s Day! 


Setiap tanggal 8 Maret, dunia merayakan International Women’s Day atau Hari Perempuan Internasional untuk menghormati prestasi, perjuangan, dan kontribusi wanita dalam berbagai bidang kehidupan. International Women’s Day lahir dalam perjuangan wanita untuk kesetaraan termasuk di dalamnya hak politik, pekerjaan, dan keadilan sosial.


International Women’s Day digagas pertama kali oleh Clara Zetkin, anggota Partai Sosialis Jerman, pada Konferensi Internasional Pekerja Perempuan yang diadakan di Copenhagen, Denmark pada tahun 1910. Ide ini lahir dari realita sejak belasan tahun sebelumnya ada banyak perempuan dari berbagai lapisan dunia yang turun ke jalan untuk melakukan protes dan menyuarakan aspirasi mereka tentang adanya ketimpangan akses dan hak terhadap perempuan. 


Setiap tahun, setiap negara pasti memiliki agenda perempuan tersendiri dengan dasar dan tujuan yang sama, kesetaraan gender untuk berbagai lapisan kehidupan. Mulai dari aksi Seneca Falls pada Juli 1848 di Seneca Falls, New York, Amerika Serikat yang dihadiri lebih dari 300 wanita, Pemberontakan Wanita di Prancis pada 1902, lahirnya Women's Trade Union League hingga Suffragette Movement yang memengaruhi kondisi politik wanita saat ini.


Oleh karena itu, dalam pertemuan tersebut Clara Zetkin mencetuskan bahwa seharusnya dunia merayakan hari perempuan dalam waktu yang sama sebagai bentuk apresiasi. Kemudian, ide ini disambut baik dengan munculnya International Women’s Day serentak pertama pada 19 Maret 1911 bagi Austria, Jerman, Swiss, dan Denmark.


Sementara itu, beberapa negara lain masih memiliki International Women’s Day yang berbeda seperti Amerika merayakannya pada 28 Februari atau Rusia pada 23 Februari. Maka, melalui berbagai konferensi dan pertemuan internasional Hari Perempuan Sedunia akhirnya disepakati jatuh pada 8 Maret.


Sampai hari ini, kamu tentu merasakan ada banyak perubahan signifikan dan kemajuan yang telah wanita capai dalam berbagai kondisi sosial saat ini. Namun, kamu juga harus peduli bahwa meskipun ada banyak hal yang sudah dicapai oleh para wanita di dunia ini yang telah dicapai dalam perjuangan kesetaraan gender, nyatanya wanita masih menghadapi berbagai tantangan di era modern. Salah satu tantangan utama yang dihadapinya adalah kesenjangan dalam pendidikan sampai upah yang adil.


Lebih dari itu, kekerasan terhadap gender tetap menjadi masalah yang mendesak di banyak bagian dunia. Di era modern yang dipenuhi dengan perubahan cepat dan kompleksitas, disertai dengan pesatnya teknologi dan media sosial International Women’s Day merupakan momen penting untuk kamu dan semua orang merayakan juga menyuarakan kesetaraan. 


Sembari tetap fokus dengan pekerjaan dan jadwal kamu yang lain, Her World sudah merangkum 5 cara yang bisa kamu lakukan to participate International Women’s Day! Simak berikut ini.


1. Mengirimkan Kartu Ucapan


(Contoh kartu ucapan yang bisa kamu berikan. Foto: Dok. Freepik)


Merayakan International Women’s Day bisa dimulai dengan tindakan sederhana seperti mengirimkan kartu ucapan kepada perempuan-perempuan yang berarti dalam hidup kamu. Dengan pesan-pesan menyenangkan yang kamu susun, kamu bisa menunjukkan apresiasi kamu terhadap mereka, juga dapat memberikan dukungan yang mungkin mereka butuhkan. More easier, sekarang kamu tidak harus mengirimkannya melalui kertas, cukup by texting dan kamu bisa merayakan hari istimewa dengan langkah berarti bagi orang-orang terdekat kamu.


(Baca juga: Saat Tubuh Tidak Nyaman, Kenali 5 Tanda Anxiety Attack)


2. Merayakannya di Media Sosial


(Easier and wiser. Foto: Dok. Good Housekeeping/Website)


Saat ini, media sosial adalah platform yang sangat luas dan berpengaruh untuk menyebarkan pesan-pesan positif dan mendorong perubahan. Dengan menggunakan media sosial kamu untuk rayakan International Women’s Day menjadi cara yang efektif untuk menunjukkan dukungan dan upaya melanjutkan perjuangan wanita. Kamu bisa membagikan foto, video, atau sebatas membuat insta-story dengan quotes andalan kamu yang berkaitan dengan International Women’s Day, mudah bukan?


3. Dukung Women-owned Business


Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah mendukung bisnis yang dimiliki oleh wanita sebagai bentuk perayaan International Women’s Day. Berbelanja di toko-toko yang dimiliki oleh wanita atau menggunakan layanan yang ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan yang dipimpin oleh wanita adalah cara yang efektif untuk memberdayakan mereka secara ekonomi. Dukungan ini tidak hanya memberikan dorongan finansial, tetapi juga membantu memperkuat posisi mereka di pasar dan memberikan contoh bagi generasi mendatang.


4. Melakukan Donasi


Salah satu hal lainnya adalah melakukan donasi, terutama ketika banyak bencana terjadi dalam beberapa tahun terakhir dan sangat berdampak kepada kesejahteraan banyak wanita di dunia. Ada banyak organisasi atau komunitas yang memperjuangkan hak-hak perempuan, termasuk organisasi yang fokus pada pendidikan, kesehatan reproduksi, pengentasan kekerasan terhadap perempuan, dan masih banyak lagi.


Melalui kontribusi seperti ini kamu sudah membantu memperkuat upaya-upaya ini dan memberikan dukungan yang sangat dibutuhkan kepada perempuan di seluruh dunia.


(Baca juga: 5 Tanda Kamu Feeling Lonely Dalam Suatu Hubungan)


5. Enjoy Yourself For Being a Women


(Merayakan dengan menghargai diri kamu sendiri. Foto: Dok. Lookstudio/Freepik)


Easy to talk, tapi sulit untuk dilakukan. Mencintai diri kamu sendiri juga merupakan bentuk dari perayaan International Women’s Day sebagai bentuk penghargaan terhadap diri kamu sendiri karena sudah berusaha dan bertahan sejauh ini. You did it great, jadikan hari istimewa ini sebagai waktu untuk merayakan identitas kamu, melihat apa yang sudah kamu miliki dan merencanakan mimpi-mimpi selanjutnya, because you have always been enough.


Jangan lupa juga untuk tetap jaga kesehatan dan melanjutkan perjuangan perempuan sejauh yang kamu bisa. Happy International Women’s Day! 


(Penulis: Adila Firani)


Life & health