Sex & relationship

5 Tanda Kamu Feeling Lonely Dalam Suatu Hubungan

By : Her World Indonesia - 2024-03-06 20:00:01 5 Tanda Kamu Feeling Lonely Dalam Suatu Hubungan

Apakah kamu pernah merasakan kesepian?

Nyatanya dalam berbagai lapisan kehidupan dan cerita yang ada di dunia ini setiap orang tidak semuanya pernah merasakan kesepian. Banyak bukan berarti seluruh bukan? Tapi perlu disadari juga bahwa merasa kesepian merupakan hal yang wajar dan bukanlah sesuatu yang harus membuat kamu malu atau kesal. 


Feeling lonely merupakan salah satu istilah gaul yang digunakan untuk menggambarkan kondisi bahwa seseorang sedang merasa kesepian, dan tentunya rasa kesepian ini terjadi melalui berbagai faktor pemicu. Namun, feeling lonely sendiri biasanya erat kaitannya dengan seseorang yang tetap merasa kesepian sekalipun sedang menjalin sebuah hubungan, terutama romantic relationship. 


Lho, kok bisa? Kesepian bukanlah sesuatu yang muncul hanya karena kamu sedang sendiri, perasaan ini mudah muncul dalam berbagai bentuk dan kesempatan. Maka, iya bisa. Sekalipun kamu sedang menjalin sebuah hubungan dengan seseorang kamu juga bisa merasakan feeling lonely. Kesepian sendiri menurut John T Cacioppo dan William Patrick dalam buku mereka yang berjudul, Loneliness: Human Nature and the Need for Social Connection mengemukakan jika kesepian merupakan perasaan yang muncul karena adanya persepsi negatif tentang sebuah kondisi termasuk hubungan sosial yang mengalami perbedaan kualitas dari hubungan yang diinginkan dan yang dimiliki oleh individu.


(Baca juga: Jangan Diabaikan, Ini Dia Ciri-Ciri Depresi Ringan)


Artinya, seperti yang sudah disampaikan sebelumnya bahwa perasaan kesepian ini bisa muncul kapanpun tanpa aba termasuk ketika kamu sedang menjalankan komitmen dengan seseorang. Sebenarnya, ketika membahas faktor atau pemicu apa saja yang bisa menyebabkan hadirnya rasa kesepian kamu tidak akan menemukan jawaban yang tepat. Tidak ada jawaban itu, hanya ada kumpulan kemungkinan dari apa yang telah kamu lakukan sebelumnya.


Dan biasanya dimulai dengan, kurang atau sudah berubahnya komunikasi yang efektif antara kamu dengan pasangan kamu. Sebab, ketika komunikasi tidak terjalin dengan baik, perasaan yang semua tenang bisa menjadi bergemuruh karena merasa tidak dihargai atau didengarkan dengan baik dan hal tersebut dapat memengaruhi kondisi hubungan untuk waktu yang lama. Selain itu, perubahan dalam dinamika hubungan juga dapat menyebabkan rasa kesepian. Misalnya, ketika salah satu pasangan mulai menghabiskan lebih banyak waktu di luar rumah atau memiliki aktivitas yang sangat padat sehingga kehilangan waktu untuk satu sama lain, hal ini dapat menyebabkan perasaan terpisah dan kesepian.


Dampaknya, tentu buruk dan bisa merusak satu atau dua orang di dalam hubungan tersebut jika tidak dibahas dan diselesaikan dengan cara yang baik. Mulai dari menurunnya kebahagiaan dan kepuasan dalam hubungan. Selain itu, rasa kesepian juga dapat mengganggu kesehatan mental seseorang karena merasa terisolasi dan tidak terhubung secara emosional dalam sebuah hubungan dapat meningkatkan risiko stres, kecemasan, dan depresi. 


(Baca juga: 5 Cara Mudah Menghilangkan Belang di Wajah)


Oleh karena itu, Her World akan membantu kamu untuk mengenal lima tanda-tanda feeling lonely agar kamu dapat menyadarinya.


1. Kehilangan minat untuk terbuka

Salah satu tanda kesepian dalam sebuah hubungan adalah kehilangan minat untuk terbuka atau berbagi pikiran, perasaan, atau pengalaman dengan pasangan kamu. Orang yang merasa kesepian mungkin mulai menahan diri untuk berbicara tentang hal-hal yang penting karena merasa tidak dipahami atau dihargai oleh pasangan. Ini bisa menghasilkan perasaan isolasi dan kesepian yang lebih dalam karena kurangnya koneksi emosional.


2. Perubahan kebiasaan dan rutinitas

Perubahan yang signifikan dalam kebiasaan dan rutinitas sehari-hari juga dapat menjadi tanda kesepian dalam sebuah hubungan. Ketika kamu merasa kesepian dalam sebuah hubungan hal ini akan menyebabkan terjadinya perubahan kebiasaan atau rutinitas baik secara sadar maupun tidak. Kamu biasanya akan memilih untuk menghabiskan lebih banyak waktu sendirian atau menghindari aktivitas yang biasanya dilakukan bersama pasangan.


3. Ketidakpuasan secara emosional

Ini merupakan tanda lain dari kesepian dalam sebuah hubungan. Kamu yang merasa kesepian mungkin merasa tidak puas dengan tingkat dukungan, pemahaman, atau perhatian emosional yang diberikan pasangan kamu. Hal ini dapat menyebabkan perasaan terisolasi dan kurangnya koneksi emosional yang mendalam antara pasangan.


4. Lebih memilih untuk menyendiri

Seseorang yang merasa kesepian dalam sebuah hubungan mungkin cenderung lebih memilih untuk menyendiri daripada menghabiskan waktu bersama pasangan. Mereka mungkin merasa lebih nyaman atau terlindungi dalam kesendirian daripada berada dalam situasi yang membuat mereka merasa tidak dihargai atau tidak dipahami oleh pasangannya.


5. Tidak lagi membahas rencana jangka panjang

Tidak lagi tertarik atau berminat untuk membahas rencana jangka panjang bersama pasangan juga dapat menjadi tanda bahwa kamu sedang dalam fase feeling lonely. Itu dapat disebabkan karena kamu merasa tidak terhubung secara emosional atau merasa bahwa hubungan tersebut tidak memenuhi kebutuhan kamu lagi secara emosional.


Dengan memperhatikan tanda-tanda ini, kamu jadi lebih bisa memahami apa yang sedang kamu rasakan dan dapat diambil langkah-langkah yang efisien untuk memperbaiki koneksi emosional dan mempertahankan hubungan yang lebih sehat dan memuaskan.


(Penulis: Adila Firani)

Sex & relationship