Hair & beauty

5 Cara Mudah Menghilangkan Belang di Wajah

By : Her World Indonesia - 2024-02-16 14:00:01 5 Cara Mudah Menghilangkan Belang di Wajah

Kulit wajah yang belang adalah kondisi ketika warna kulit wajah tidak merata, biasanya disebabkan oleh produksi melanin yang tidak seimbang. Kondisi ini sering membuat tidak nyaman bagi banyak orang karena mengganggu penampilan dan kepercayaan diri. Untuk memahami mengapa kulit wajah bisa menjadi masalah, perlu dipahami beberapa faktor yang menjadi penyebabnya.


Salah satu penyebab utama kulit wajah belang adalah paparan sinar matahari. Paparan sinar UV dapat merangsang produksi melanin, yang bertanggung jawab untuk memberikan warna pada kulit. Jika terjadi produksi melanin yang tidak merata, terutama akibat paparan sinar matahari yang berlebihan, maka warna kulit wajah bisa menjadi tidak merata, sehingga menimbulkan bercak-bercak belang.


Selain paparan sinar matahari, perubahan hormon juga dapat menjadi faktor penyebab kulit wajah belang. Perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan, pubertas, atau bahkan akibat konsumsi pil kontrasepsi dapat mempengaruhi produksi melanin dalam tubuh, yang pada pasangannya dapat menyebabkan kulit wajah menjadi belang.


Faktor genetik juga dapat memainkan peran dalam menentukan warna kulit seseorang. Jika seseorang memiliki kerentanan genetik terhadap hiperpigmentasi atau kondisi kulit tertentu lainnya, maka mereka mungkin lebih rentan terhadap kulit wajah, terlepas dari faktor lingkungan atau gaya hidup.


Selain itu, kebiasaan merokok sampai salah produk perawatan kecantikan juga dapat menimbulkan belang di wajah. Zat-zat kimia dalam produk kecantikan memiliki potensi merusak kulit dan memengaruhi produksi melanin, yang pada akhirnya dapat menyebabkan belang pada kulit wajah. Untuk mengatasi kulit wajah belang, langkah-langkah tertentu dapat diambil. Her World akan menamni kamu untuk mengatasi belang di wajah melalui lima cara yang bisa kamu lakukan dari rumah, simak di bawah ini. 


1. Gunakan produk dengan kandungan licorice


Licorice, atau yang dikenal juga dengan nama Glycyrrhiza glabra, adalah bahan alami yang terkenal akan sifat pemutih dan anti inflamasinya. Dengan menggunakan produk yang mengandung licorice sebagai salah satu bahan utamanya, seperti krim wajah, serum, atau masker, kamu dapat membantu mengurangi produksi melanin yang berlebihan, sehingga membantu mencerahkan kulit dan mengurangi bercak belang.


(Baca juga: Jangan Sampai Salah, Ini Cara Eksfoliasi Wajah Dengan Benar)


2. Pastikan kulit selalu lembap dan terhidrasi


Kulit yang kering cenderung lebih rentan terhadap masalah kulit seperti belang. Oleh karena itu, lembapkan kulitmu dengan pelembap yang cocok untuk jenis kulitmu setiap hari, terutama setelah membersihkan wajah dan sebelum menggunakan produk perawatan lainnya. Selain itu, pastikan juga untuk minum cukup air setiap hari, karena hidrasi dari dalam juga penting untuk menjaga kulit tetap lembap dan sehat.


3. Rajin eksfoliasi

Melakukan eksfoliasi efektif untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang memendam dalam lapisan kulit wajah kamu. Oleh karena itu, rajinlah melakukan eksfoliasi untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menyebabkan kulit belang. Eksfoliasi secara teratur membantu menghilangkan sel-sel kulit mati yang menumpuk sehingga mampu membuka pori-pori dan mempercepat regenerasi sel-sel kulit baru. Dengan melakukan eksfoliasi secara rutin, kamu dapat membantu menjaga kulit wajah tetap segar, cerah, dan bebas dari bercak belang.


4. Gunakan tabir surya

Jangan lupa untuk mengenakan tabir surya setiap hari untuk melindungi kulitmu dari sinar UV yang memiliki potensi merusak skin barrier kamu. Paparan sinar matahari merupakan salah satu penyebab utama kulit belang karena dapat merangsang produksi melanin yang berlebihan. Oleh karena itu, gunakan tabir surya dengan SPF yang cukup setiap hari, bahkan saat cuaca tidak terlalu terik. Ini akan membantu melindungi kulitmu dari kerusakan akibat sinar UV dan mencegah timbulnya belang yang baru.


(Baca juga: Simak 4 Cara Sederhana Untuk Memutihkan Lutut)


5. Konsumsi banyak air putih


Kenyataannya, minum air putih sesuai dengan rekomendasi ahli kesehatan sebanyak dua liter atau setara sepuluh gelas dalam sehari, dapat membantu kamu menghidrasi dan melembapkan kulit. Air putih memiliki peran penting dalam menjaga hidrasi kulit dari dalam. Dengan memperbanyak konsumsi air putih setiap hari, kamu dapat membantu menjaga kulitmu tetap terhidrasi dengan baik, sehingga mampu mengatasi masalah kulit seperti bercak belang dan menjaga kulit tetap sehat dan berseri.


Maka, kulit wajah belang bisa menjadi masalah yang membuat tidak nyaman untuk kamu. Namun, sekarang kamu bisa coba mengatasinya dengan lima langkah sederhana seperti yang sudah direkomendasikan. Selamat mencoba! 


(Penulis: Adila Firani)

Hair & beauty