Hair & beauty

Agar Muka Simetris, Kenali Penyebabnya & Cara Memperbaikinya

By : Her World Indonesia - 2024-03-11 15:00:01 Agar Muka Simetris, Kenali Penyebabnya & Cara Memperbaikinya

Untuk menunjang penampilan secara fisik maupun emosional, ternyata bentuk muka memiliki pengaruh yang sangat besar. Namun sayangnya, tak semua orang memiliki bentuk wajah yang simetris atau seimbang. Bentuk muka atau wajah yang simetris merupakan sebuah kondisi yang menunjukkan kedua sisi wajah seseorang mempunyai kesamaan atau keseimbangan yang mendekati sempurna. Sederhananya, jika wajah ditarik garis secara vertical menjadi dua bagian, maka akan terlihat pada kedua bagian tersebut hampir identik secara seimbang atau simetris. Bisa terlihat semua anggota bagian wajah seperti pipi, hidung, mata, bibir, dan dagu terlihat seimbang di kedua sisi wajah. 


Lantas, apa penyebab bentuk waja tidak simetris? Perlu disadari bahwa setiap bentuk wajah mempunyai derajat simetris tersendiri. Tetapi, beberapa kondisi tertentu bisa membuat bentuk wajah menjadi tidak simetris. 

Berikut ini selengkapnya tentang apa saja penyebab bentuk wajah tidak simetris dan cara agar muka simetris. Simak!

Penyebab Bentuk Wajah Tidak Simetris


(Penyebab wajah tidak simetris. Photo by @kroshka__nastya on Freepik)


1. Kebiasaan merokok yang membuat wajah terpapar racun nikotin secara terus-menerus

2. Paparan sinar matahari berlebihan yang bisa menyebabkan kerusakan di salah satu bagian sisi wajah

3. Faktor kelainan genetik, seperti bibir sumbing dan gangguan langit-langit mulut

4. Faktor pertumbuhan tulang rawan yang menjadi bagian alami dari proses penuaan

5. Faktor kebiasaan tidur yang salah seperti tengkurap atau dengan posisi wajah menempel ke bantal bisa membuat bentuk muka tidak seimbang

6. Bentuk muka yang tidak simetris juga bisa disebabkan karena pernah mengalami cedera

7. Pernah mengalami prosedur medis di bagian wajah seperti pencabutan gigi, pemasangan veneer atau gigi palsu

8. Kondisi abnormal otot leher atau yang dikenal dengan tortikolis

9. Mengalami gejala atau serangan stroke

10. Menderita Bell’s Palsy


(Baca Juga: 5 Makanan Wajib Untuk Kulit Berjerawat, Wajib Tahu!)


Cara Memperbaiki Wajah Tidak Simetris


(Cara memperbaiki wajah tidak simetris. Photo by @senivpetro on Freepik)


Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ada banyak sekali hal yang bisa menyebabkan bentuk wajah tidak simetris. Tergantung penyebabnya, tetapi secara umum, ada beberapa cara untuk memperbaiki wajah tidak simetris yang bisa kamu lakukan, antara lain:

1. Latihan Kencangkan Pipi

Kamu bisa memperbaiki bentuk wajah yang tidak simetris dengan melakukan latihan untuk mengencangkan pipi. Caranya adalah dengan langkah berikut:

- Tekan kedua pipi di bagian atas dengan menggunakan tiga jari

- Lalu dorong otot di bagian pipi tersebut ke arah rahang sambil melakukan gerakan tersenyum

- Tahan tekanan tiga jari kamu dengan menggunakan senyuman

- Usahakan untuk tidak menggerakkan kepala selama melakukan latihan ini


2. Lakukan peregangan otot wajah

Kamu bisa mulai secara rutin melakukan latihan peregangan otot wajah dengan cara rentangkan wajah sambil melihat ke arah atas. Lalu tarik pada bagian bibir atas hingga menutupi bagian bawah bibir bawah, lalu tersenyum dengan lebar. Latihan peregangan otot wajah seperti ini bisa dilakukan sebanyak 20 kali, yang bisa membantu menyelaraskan otot wajah dan menyegarkan kulit wajah.


3. Latihan kedipan satu mata

Latihan kedipan satu mata dilakukan dengan cara menyeimbangkan jaringan mata bagian bawah dengan pipi bagian atas. Kamu bisa melakukan gerakan kedipan satu mata sejumlah 50 kali, kemudian tahan setiap kedipan selama 1 detik sambil menekan pelipis dengan jari. Berikutnya, pijat dengan lembut dan tarik bagian kulit pelipis ke arah belakang dengan menggunakan sebelah mata yang tertutup sebanyak 20 kali.


4. Lakukan gerakan yoga

Gerakan yoga juga bisa dilakukan untuk membantu melatih otot wajah, mengencangkan kulit, sekaligus meningkatkan sirkulasi darah. Gerakan yoga untuk memperbaiki bentuk muka agar simetris adalah dengan cara mengembungkan pipi kemudian dorong udara ke bagian dalam mulut. Lalu gerakkan udara dari satu sisi ke sisi lain sejumlah 4 kali, kamu bisa mengulangi gerakan tersebut hingga 5 kali dalam sehari untuk bantu besarkan bagian pipi.

Gerakan lainnya adalah dengan menggenggam tangan arahkan ke bagian wajah kemudian tersenyum lebar. Usahakan tangan digunakan untuk mencegah mulut untuk benar-benar memiliki gerakan senyuman, lakukan sebanyak 10 kali. Tujuan gerakan tersebut adalah untuk membuat otot wajah bekerja melawan tangan sehingga bisa membantu mengencangkan otot wajah.


5. Kencangkan otot mulut

Cara untuk memperbaiki bentuk muka tak simetris juga bisa dengan cara mengencangkan otot mulut. Caranya dengan membuka mata selebar-lebarnya, angkat alis kemudian julurkan lidah tahan dalam waktu 60 detik, kemudian ulangi sebanyak sepuluh kali. Selanjutnya kencangkan bagian mulut hingga membentuk huruf O, ambil gerakan tersenyum dan julingkan mata, usahakan dilakukan tanpa membiarkan mulut bergerak dan ulangi hingga 10 kali.


6. Lakukan filler

Selain melakukan perbaikan bentuk muka atau wajah yang tidak simetris dengan menggunakan cara alami, kamu juga bisa melakukan cara agar muka simetris lainnya dengan prosedur bedah plastik. Diantaranya adalah dengan cara melakukan filler yaitu dengan memasukkan cairan botox atau pengisi lembut ke bagian wajah dengan menggunakan suntikan. Filler akan bekerja dengan optimal untuk bentuk wajah tidak simetris yang disebabkan dari ketidakseimbangan jaringan atau kelemahan otot.


7. Rhinoplasty

Prosedur medis untuk atasi bentuk muka yang kurang simetris berikutnya adalah rhinoplasty dikarenakan adanya insiden patah hidung atau karena dari lahir memiliki bentuk hidung yang tak sempurna. Perlu diketahui prosedur rhinoplasty memiliki sifat permanen, namun seiring berjalannya waktu kontur hidung bisa saja kembali ke bentuk aslinya.


8. Implan wajah

Perawatan bedah plastik implant wajah banyak diminati oleh kalangan wanita yang ingin memperbaiki bentuk tidak simetris khususnya di bagian pipi atau dagu. Prosedur implant wajah memiliki sifat permanen yang terbuat dari bahan logam, silicon, gel, plastik hingga protein.


(Baca Juga: 5 Cara Mengencangkan Kulit Wajah Secara Alami)


Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki agar muka simetris baik dengan cara alami maupun prosedur medis. Semoga bermanfaat!




(Penulis: Calvin)

Hair & beauty