Hair & beauty

5 Cara Mengencangkan Kulit Wajah Secara Alami

By : Her World Indonesia - 2024-03-05 13:00:02 5 Cara Mengencangkan Kulit Wajah Secara Alami

Kulit adalah organ terbesar pada tubuh manusia dan memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan secara keseluruhan. Terlebih lagi, kulit wajah, bagian yang paling terlihat dan terpapar oleh lingkungan, memerlukan perhatian khusus karena sensitivitasnya yang lebih tinggi dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya. Kesehatan kulit wajah sangat penting terutama untuk menjaga kebahagiaan secara keseluruhan, karena dapat mempengaruhi penampilan dan kesehatan mental seseorang.


Nah, kamu perlu tahu jika kulit wajah memiliki sensitivitas yang lebih tinggi daripada kulit di bagian tubuh lainnya. Hal ini karena kulit wajah cenderung lebih tipis dan memiliki jumlah kelenjar minyak yang lebih banyak, membuatnya lebih rentan terhadap iritasi dan masalah kulit lainnya. Oleh karena itu, perawatan khusus diperlukan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah.


Faktor-faktor yang dapat menyebabkan kulit wajah kehilangan kekencangannya cukup banyak. Mulai dari yang paling alami, adalah faktor usia. Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen dan elastin dalam kulit menurun, menyebabkan kulit kehilangan elastisitas dan kekencangannya. Kemudian faktor terkena paparan sinar UV juga dapat menyebabkan kerusakan kulit yang mengakibatkan penurunan kekencangan. Selain itu, gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, konsumsi alkohol berlebihan, dan pola makan yang tidak seimbang juga dapat mempercepat proses penuaan kulit dan membuatnya tampak tidak kencang.


Efek dari kulit wajah yang tidak kencang dapat beragam, mulai dari kerutan halus, garis-garis halus, kehilangan elastisitas, hingga kendur dan kendurnya kulit. Selain itu, kulit wajah yang tidak kencang juga dapat memengaruhi kepercayaan diri seseorang dan memicu masalah emosional seperti kecemasan dan depresi. Oleh karena itu, penting untuk memahami pentingnya merawat kulit wajah secara teratur.


Untuk menjaga kulit wajah tetap kencang dan sehat, ada beberapa langkah yang dapat kamu lakukan. Her World telah merangkum beberapa cara alami yang efektif untuk mengencangkan kulit wajah, simak di bawah ini. 


1. Mengonsumsi kolagen


Kolagen merupakan protein struktural utama yang membentuk jaringan ikat dalam tubuh, termasuk kulit. Mengonsumsi kolagen secara teratur dapat membantu mencegah penuaan dini dan meningkatkan kekencangan kulit wajah. Hal ini karena kolagen membantu mempertahankan elastisitas kulit dan memperkuat struktur kulit, sehingga mengurangi munculnya kerutan dan garis-garis halus. Selain itu, kolagen juga membantu meningkatkan produksi sel-sel baru dalam kulit, menyebabkan kulit terlihat lebih segar dan bersinar. 


Beberapa contoh makanan yang kaya akan kolagen untuk mengencangkan kulit wajah, antara lain ikan, brokoli, bayam, tomat, dan stroberi. Dengan merangsang produksi kolagen, kulit wajah menjadi lebih kencang dan tampak lebih muda.


2. Lakukan face yoga


Face yoga atau yoga wajah menurut Dr. Murad Alam, Profesor Dermatologi dari Northwestern University, adalah serangkaian latihan yang dirancang untuk memperkuat, meremajakan, dan meremajakan otot-otot wajah. Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan sirkulasi darah, merangsang produksi kolagen, dan mengurangi ketegangan otot-otot wajah. Jadi face yoga efektif untuk menjaga kekencangan kulit wajah kamu.


(Baca juga: Memahami Face Yoga dan 5 Latihan Awal Untuk Pemula)


3. Gunakan tabir surya


Penting sekali! Kamu jangan sampai lupa ya. Menggunakan tabir surya sangat penting dalam menjaga kesehatan kulit wajah dan mencegah kerusakan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar UV, karena sinar UV dapat merusak kesehatan dan kelembapan kulit yang dapat menyebabkan penuaan dini, kerutan, bintik-bintik gelap, bahkan kanker kulit. Tabir surya memberikan perlindungan dari sinar UV dengan menghalangi sinar UVA dan UVB yang merusak menyentuh kulit kamu secara langsung sekaligus mengurangi risiko terkena kerusakan kulit.


4. Gunakan masker alami


Cara lain yang bisa kamu coba untuk mengencangkan kulit wajah adalah dengan konsisten dan rutin menggunakan masker alami. Hal ini karena konsisten menggunakan masker alami mengandung bahan-bahan yang kaya akan nutrisi dan antioksidan, yang dapat memberikan manfaat besar bagi kulit. Beberapa masker alami yang cocok untuk menyehatkan dan mengencangkan kulit wajah antara lain, madu dan pisang, alpukat, dan timun.


(Baca juga: 5 Bahan Alami Untuk Menghilangkan Flek Hitam, Kira-Kira Apa?)


5. Jaga pola tidur


Saat tidur, tubuh kamu akan memulai proses perbaikan dan regenerasi sel-sel kulit. Selama tahap tidur ini juga hormon pertumbuhan dilepaskan, yang merangsang produksi kolagen dan elastin, protein yang penting untuk menjaga kekencangan dan kelembapan kulit. Maka dari itu, tidur yang cukup dan berkualitas dapat membantu mengurangi stres, yang akan mengurangi potensi jerawat atau keriput. Kamu juga perlu tahu bahwa kurang tidur dapat meningkatkan kadar kortisol, hormon stres, yang dapat merusak kolagen dan menyebabkan kulit tampak kusam dan tidak sehat. Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan dan kekencangan kulit wajah, penting untuk menjaga pola tidur yang baik dengan tidur cukup, nyenyak, dan teratur setiap malam. 


Kesehatan kulit wajah sangat penting bagi diri kamu apalagi kulit wajah memiliki sensitivitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya. Oleh karena itu, kamu bisa mencoba perawatan alami yang tentunya aman bagi kulit kamu dan efektif untuk mengencangkan kulit wajah.


(Penulis: Adila Firani)


Hair & beauty