Hair & beauty

5 Makanan Wajib Untuk Kulit Berjerawat, Wajib Tahu!

By : Her World Indonesia - 2024-02-28 17:00:01 5 Makanan Wajib Untuk Kulit Berjerawat, Wajib Tahu!

Memiliki masalah kulit membuat kamu tidak pede ketika bertemu orang. Demi mendapatkan kulit wajah yang bersih, kamu pastinya memakai berbagai produk kecantikan. Berpindah merek, mencari formula lain, semua kamu lakukan demi mendapatkan kulit wajah yang kamu idamkan. 


Tahukah kamu bahwa rahasia kulit cantik tidak selalu terletak pada produk skincare. Sebenarnya, makanan yang kamu konsumsi setiap hari dapat memainkan peran besar dalam kesehatan dan kecantikan kulitmu. Dengan memilih makanan yang tepat, kamu bisa mencapai kulit yang sehat, bersih, dan bersinar secara alami, tanpa perlu mengandalkan produk perawatan kimia yang mahal. Yuk, simak makanan sehat apa saja yang cocok untuk kulit wajah berjerawat!


1. Buah-buahan Segar 

(Buah untuk kulit berjerawat. Foto: Dok. Azerbaijan_stockers/Freepik)


Buah-buahan seperti jeruk, stroberi, dan kiwi mengandung banyak vitamin C yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan meningkatkan produksi kolagen untuk kulit yang lebih kencang dan bercahaya.


2. Sayuran Hijau


Sayuran hijau seperti bayam, kale, dan brokoli kaya akan antioksidan dan vitamin yang dapat membersihkan racun dalam tubuhmu dan memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh kulitmu agar tetap sehat dan bersinar.


3. Kacang-Kacangan dan Biji-Bijian

(Almond baik untuk wajah yang berjerawat. Foto: Dok. mrshirapol/Freepik)


 Kacang-kacangan seperti almond, kacang kenari, serta biji chia dan biji rami mengandung omega-3 dan vitamin E yang membantu menjaga kelembapan kulitmu dan mengurangi peradangan yang bisa menyebabkan jerawat.


(Baca Juga: 6 Makanan Yang Baik Untuk Penderita Asam Urat, Patut Dicoba!)


4. Ikan Berlemak


Ikan berlemak seperti salmon, sarden, dan tuna mengandung asam lemak omega-3 yang dapat mengurangi peradangan kulit dan meningkatkan tekstur kulitmu agar lebih halus dan bersinar.


5. Yoghurt Greek

(Dessert lezat dan sehat. Foto:Dok. stockking/Freepik)


Yoghurt Greek mengandung probiotik yang baik untuk kesehatan ususmu, dan kesehatan usus yang baik dapat tercermin pada kulitmu. Probiotik membantu menjaga keseimbangan bakteri baik dalam tubuhmu, yang pada gilirannya dapat membantu mengurangi jerawat dan peradangan pada kulit.


(Baca Juga: Metabolisme Membaik, Berat Badan Turun Berkat Bariatrik)


Jadi, daripada hanya mengandalkan produk perawatan kulit, coba bantu sehatkan kulitmu mulai dari dalam yaitu apa yang kamu konsumsi. Makanan juga berperan penting pada kesehatan kulit wajahmu! Dengan pola makan yang kaya akan nutrisi dan seimbang, kamu bisa memiliki kulit yang cantik dan bercahaya secara alami. Jangan lupa untuk minum air putih yang cukup juga, karena hidrasi yang baik sangat penting untuk kulit yang sehat dan bersinar. 


(Penulis: Nada Kamiliya)


Hair & beauty