Food & travel

Makanan Khas dari Italia, Wisata Kuliner Yang Wajib Dicoba!

By : Her World Indonesia - 2024-03-28 19:00:01 Makanan Khas dari Italia, Wisata Kuliner Yang Wajib Dicoba!

Ketika membahas tentang makanan khas dari Italia, kamu pasti langsung terbayang pizza dan pasta. Faktanya, ada banyak sekali keajaiban kuliner khas Italia, mulai dari makanan olahan daging hingga es krim. Orang Italia terkenal sangat menghargai makanan, mulai dari pemilihan bahan berkualitas, proses memasak yang dilakukan sepenuh hati, memerhatikan detail penyajian, hingga cara menyantap makanan yang begitu diperhatikan. Itulah yang membuat makanan khas Italia terasa otentik dan menarik untuk dicicipi. Berikut ini, beberapa makanan khas dari Italia, termasuk Pizza dan pasta. Simak!


1. Pizza


(Makanan khas dari Italia. Photo by Vincent Rivaud on Pexels)


Pizza adalah salah satu makanan khas dari Italia yang paling ikonik dan populer. Menurut sejarahnya, pizza berasal dari daerah Napoli, yang berada di bagian selatan Italia. Pada awalnya, pizza merupakan makanan sederhana bagi pekerja di sana, yang terbuat dari adonan tipis dengan topping saus tomat dan keju mozzarella. Seiring berkembangnya dunia kuliner di Italia (dan dunia), kini varian topping pizza sudah sangat beragam mulai dari jamur, oregano, daging ham, zaitun, daun basil, artichoke, dan lain-lainnya. Jika kamu berkunjung ke Italia, kamu bisa mencicipi berbagai jenis pizza khas Italia, seperti Pizza Margherita yang paling terkenal, lalu ada Pizza Calzone, Pizza al Taglio, dan masih banyak lagi.


2. Pasta

Di samping pizza, pasta juga merupakan makanan khas dari Italia yang paling ikonik dan terkenal. Bagi orang Italia, pasta bisa dikatakan sebagai menu yang selalu hadir di meja makan, baik untuk makan siang atau makan malam. Orang Italia menciptakan banyak jenis pasta, seperti Spaghetti yang berupa mi panjang, Farfalle yang berbentuk kupu-kupu, Fusilin yang berpilin, Panne yang bentuknya tabung, dan masih banyak yang lainnya. Cara penyajian pasta terbilang cukup mudah, hanya ditinggal direbus dan disajikan dengan saus khusus, biasanya disesuaikan dengan jenis pasta.

Seperti pizza, cara menyantap pasta bagi orang Italia juga ada etikanya. Misalnya, menambahkan saus botol ketika menyantap pasta spaghetti di restoran Italia dianggap menyinggung. Spaghetti ini menjadi olahan pasta yang paling populer di Italia dan dunia, disusul Lasagna dan Carbonara.


3. Bruschetta


(Makanan khas dari Italia. Photo by Shameel mukkath on Pexels)


Nikmati pengalaman menjadi warga lokal dengan mencicipi makanan khas dari Italia yang disebut bruschetta. Sajian ini berupa roti panggang renyah yang disantap dengan berbagai topping segar di atasnya. Rasa otentik Italia didapat dari perpaduan roti garing dengan buah tomat segar, bawang putih, daun basil, potongan buah zaitun, dan minyak zaitun—yang kerap digunakan di hampir semua sajian Italia.


4. Risotto

Ketika berlibur ke Italia, jangan lupa untuk mencicipi salah satu hidangan khas Italia, yaitu Risotto. Hidangan lezat berupa nasi ini memiliki tekstur lembut dan creamy. Dalam pembuatannya, biasanya beras akan dikukus dan diberi tambahan kuah kaldu dan bawang yang sudah ditumis. Nasi yang dimasak terus diaduk hingga mendapat tekstur yang diinginkan. Untuk ekstra creamy, biasanya diberi tambahan keju parmesan di atasnya. 


(Baca Juga: Caramel Macchiato: Perjalanan Eksotis dari Italia)


5. Ossobuco

Beralih ke Milan yang terkenal dengan kuliner olahan dagingnya yang disebut Ossobuco. Ossobuco merupakan makanan olahan daging sapi, yang biasanya mengambil bagian betis atau potongan tulang kaki sapi, lalu dimasak dengan tambahan bawang, wortel, dan tomat hingga daging menjadi sangat empuk. Ossobuco adalah kuliner yang mengandalkan keahlian dan tradisi memasak khas orang Italia. Saat disajikan dengan bawang putih, daun peterseli, dan kulit jeruk lemon, kamu akan mencium aroma segar yang sangat khas. Orang Italia biasanya menikmati Ossobuco dengan risotto.


6. Tiramisu


(Makanan khas dari Italia. Photo by Mehrdad Badr on Pexels)


Siapa yang menyukai dessert beraroma kopi yang manis dan lembut ini? Sama seperti pizza dan pasta, tiramisu juga termasuk salah satu makanan khas dari Italia yang sangat populer. Tiramisu khas Italia memiliki rasa otentik dengan aroma kopi yang kuat. Tiramisu khas Italia dibuat dari biskuit yang sudah direndam dalam larutan kopi. Adonan biskuit disusun dalam wadah dan disusun dengan bahan-bahan lain di atasnya. Krim kocok untuk tiramisu dibuat dari telur, gula, coklat bubuk dan keju mascarpone. Di bagian paling atas ditaburi dengan bubuk kakao lalu disimpan dalam kulkas. Tiramisu khas Italia ini menghadirkan cita rasa unik antara biskuit, krim dan kopi.


7. Panettone


(Makanan khas dari Italia. Photo by Chanlervid85 on Freepik)

Selain tiramisu, ada panettone yang wajib dicoba, terutama kamu yang menyukai makanan manis. Panettone merupakan roti manis tradisional Italia yang berasal dari Milan. Bentuk roti ini besar dengan tekstur unik dari campuran kismis dan zest jeruk atau lemon. Biasanya panettone disajikan selama liburan atau saat musim natal dan tahun baru. Namun, kamu tetap bisa menikmati makanan ini sepanjang tahun saat kamu berkunjung ke Italia. Di kalangan penduduk asli, Panettone biasanya menjadi camilan penutup yang sangat lezat. 


8. Gelato

Gelato adalah es krim khas Italia yang wajib kamu coba! Tekstur gelato lebih padat dengan konsentrasi rasa yang lebih intens dibandingkan es krim biasa. Perbedaan lainnya adalah dari segi kandungan lemak yang lebih rendah dibanding es krim konvensional.

Bahan utama untuk membuat gelato adalah susu, gula, dan krim. Proses pembuatannya juga sangat berbeda dari es krim biasa dengan lebih sedikit udara. Gelato khas Italia biasanya ditambahkan dengan berbagai varian rasa seperti buah-buahan, cokelat, kacang dan vanila. Kini gelato hadir dengan rasa yang lebih unik dan beragam seperti pistachio, panna cotta, hingga rasa bunga mawar dan lavender.


(Baca Juga: il Mare: Tawarkan Rasa Italia Utara yang Autentik)


Itulah beberapa makanan khas dari Italia yang bisa jadi pilihan wisata kuliner saat kamu liburan ke negara ini. Daftar di atas tentu hanya sebagian kecil, karena Italia memiliki banyak sekali kuliner khas dan otentik dengan keunikannya masing-masing. Selamat mencoba dan berlibur!




(Penulis: Calvin)

Food & travel