Fashion

1970’s Fashion Trend! Masih Banyak Dipakai Sampai Saat Ini

By : Her World Indonesia - 2024-02-28 14:00:02 1970’s Fashion Trend! Masih Banyak Dipakai Sampai Saat Ini

Periode 1970-an menjadi periode penting dalam sejarah fashion yang dipengaruhi oleh berbagai faktor termasuk perubahan sosial, politik, dan budaya. Dalam rentang waktu ini, fashion mengalami evolusi yang signifikan, tercermin dari munculnya berbagai tren melalui gerakan, event, dan tokoh-tokoh tertentu yang berhasil memengaruhi dunia mode.


Periode ini merupakan momen transisi signifikan di dunia. Mulai dari maraknya gerakan feminisme yang berhasil melepaskan stigma atas identitas pakaian, menghadirkan banyak perempuan punya kebebasan untuk menggunakan celana dan setelan. Kemudian disusul dengan Hippie Counterculture dengan pola-pola yang cerah dan berani, perkembangan musik disko yang memengaruhi gaya berpakaian masyarakat mulai dari platform tebal, kacamata berwarna, hingga scarf motif. Belum lagi adanya gerakan Punk Rebellion sampai pada maraknya pergolakan di setiap wilayah dengan perkembangan teknologi yang ada memberikan jalan bagi hasil budaya lain untuk mengikuti tren fashion arus utama.


Kamu juga harus tahu jika dalam periode ini, perkembangan fashion semakin beragam dan berwarna dengan maraknya acara musik, pengguna televisi, dan pengaruh dari selebriti terkenal seperti Cher dengan gaya rambutnya yang panjang dan lurus, setelan celana dengan model lonceng, detail crop top, dan bohemian-inspired prints. Kemudian nama terkenal lainnya ada David Bowie yang menginspirasi mode glam rock avant-garde: jumpsuit/baju ketat/sepatu platform berwarna-warni. Sampai kehadiran Farrah Fawcet yang memberikan tren pada gaya rambut di era 70-an yang dikenal dengan “Farah Flip” membawa tampilan sederhana yang tetap berkelas dan santai.


Agar kamu tidak tertinggal tren, Her World telah merangkum delapan fashion items yang tren pada 1970-an, simak di bawah ini.


1. Textured Bandana and Hat


(Jenna Coleman untuk The Serpent, 1970-an. Foto: Dok. Pexels)



(Lynda Carter sebagai Diana Prince, Wonder Woman, 1970-an. Foto: Dok. Pexels)


Topi dan bandana yang berwarna dan bermotif cerah sangat banyak digunakan pada 1970-an, terutama yang memiliki tekstur karena dinilai sebagai fashion item yang penting untuk mendukung setiap penampilan. Tak jarang, banyak orang juga menggunakan kreativitas mereka dengan menjadikan sapu tangan sebagai bandana.


(Baca juga: Fun and Classy! Ini Dia Gaya Retro Wanita, Cocok Untuk Kamu!)


2. Flare Jeans


(Farrah Fawcett dalam Nike campaign, 1970-an. Foto: Dok. Freepik)


Exactly! Kalau kamu bingung sejak kapan flare jeans muncul, maka jawabannya adalah sejak 1970-an terutama setelah banyak selebreti dunia pada era itu yang menggunakannya di berbagai kesempatan. Sampai saat ini flare jeans masih eksis dan menjadi pilihan banyak fashion enthusiast karena modelnya yang unik dan bahan yang nyaman digunakan, cocok untuk berbagai acara. 


3. Striped Trousers


(Striped trousers yang sering digunakan dan menjadi tren di 1970-an. Foto: Doc. ModCloth/Website)


Back to the og 1970-an banyak wanita yang menggunakan striped trousers seperti ini untuk menunjukkan bahwa fashion has no gender juga menunjukkan kebebasan mereka untuk memiliki pakaian dan penampilan yang disukai. Jadi bisa dikatakan, pada masa itu celana ini menjadi tren sebagai bentuk kebebasan berekspresi. Namun, bahan yang digunakan juga biasanya nyaman untuk dipakai seharian.


4. Over-the-knee Boots


(Over-the-knee boots menjadi tren di 1970-an. Foto: Dok. Cherry Fashion Boutique/Website)


Boots ini muncul karena tingginya keragaman genre dalam musik dan siaran televisi yang membuat masyarakat banyak terinspirasi dari para penyanyi dan selebriti terkenal. Over the knee boots sering digunakan sebagai fashion item pelengkap untuk menghadirkan penampilan yang lebih berwarna dan bervolume.


5. Hippie Vest


(Hippie vest yang marak digunakan. Foto: Dok.Etsy/Instagram)


Vest ini merupakan salah satu item penting bagi kamu penikmat Hippie Counterculture yang akan membuat penampilan kamu lebih berwarna, ramai, dan memberikan kesan yang menyanangkan. Saat ini banyak kalangan muda yang menggunakan hippie vest seperti ini untuk rutinitas sehari-hari.


6. Floral Dress


(Floral dress yang sering menjadi pilihan item fashion. Foto: Dok. SHEIN/Website)


Sepertinya, floral dress belum juga menemukan ujung trennya mengingat sejak 1970-an sampai saat ini dress dengan motif bungsa seperti ini masih banyak digunakan dan menjadi pilihan ketika ingin menghadiri sebuah acara yang membuat kamu harus tampil anggun dan memesona.


7. Maxi Dress


(Maxi dress yang sering menjadi pilihan item fashion. Foto: Dok. Dania Siddiqui/Website)


Pada era 1970-an maxi dress menjadi pilihan yang praktif dan banyak digunakan, terutama karena motifnya yang klasik dan mudah untuk dikombinasikan dengan bebragai pakaian lainnya.


(Baca juga: 6 Rekomendasi Outer Wanita yang Bisa Kamu Pakai ke Kantor)


8. Platform Cogs


(Clogs yang menjadi tren. Foto: Dok. Charlotte Stone Shoes/Website)


Cogs pada masa ini biasnaya terbuat dari kayu dengan model yang lebih sederhana dan menutupi kaki bagian atas. Bentuknya yang kokoh, tetap tidak akan membuatmu merasa berat. Jadi jangan khawatir. Cogs juga biasanya digunakan ketika sedang menggunakan flare jeans ataupun drees.


Dari delapan fashion item yang terkenal di 1970, mana yang paling kamu suka? 


(Penulis: Adila Firani)

Fashion