Life & health

6 Makanan Yang Baik Untuk Penderita Asam Urat, Patut Dicoba!

By : Her World Indonesia - 2024-02-26 18:00:02 6 Makanan Yang Baik Untuk Penderita Asam Urat, Patut Dicoba!

Memiliki penyakit asam urat dapat menghambat kamu untuk beraktivitas setiap hari. Ketika asam urat pertama kali muncul, ada beberapa bagian sendi dalam tubuh yang akan membengkak dan terasa sakit. Tidak dapat disembuhkan tapi dapat dihindarkan dengan merubah pola hidup menjadi lebih sehat. Salah satu caranya adalah mengonsumsi makanan yang lebih sehat. Inilah beberapa makanan sehat yang bisa membantu kamu melawan dan menghindari gejala asam urat.



(Baca Juga : Metabolisme Membaik, Berat Badan Turun Berkat Bariatrik)


1. Pisang


( Pisang sangat mudah dicari dan sangat bermanfaat untuk tubuh. Foto: Dok. Juan Salamanca / Pexels)


Sangat tidak terduga, bahwa mengonsumsi pisang dapat mencegah gejala asam urat. Pisang mengandung kadar kalium yang tinggi. Kalium merupakan senyawa yang bisa mencegah terjadinya kristalisasi asam urat pada tubuh. Jika kamu seseorang yang memiliki asam urat, disarankan untuk mengonsumsi pisang setiap hari. Selain dari kalium, pisang juga memiliki banyak khasiat yang baik dan juga penting untuk tubuh, seperti vitamin C. Jadi, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi pisang bukan?



2. Buah ceri


Merupakan fakta bahwa fruktosa atau gula yang dihasilkan oleh buah, jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menjadi asam urat. Namun buah ceri adalah salah satu buah, selain dari pisang, yang bisa membantu mencegah asam urat. Kenapa buah ceri bagus untuk penderita asam urat? Dikarenakan buah ceri memiliki antosianin. Antosianin merupakan senyawa yang membuat pigmen merah dan ungu dan memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi. Jadi, ketika sendi kamu sedang sakit karena kambuhnya asam urat, makanlah buah ceri agar gejala kamu teringankan.



3. Sayur Sayuran


Sayur-sayuran merupakan salah satu makanan yang memiliki banyak khasiat yang baik untuk tubuh. Meskipun begitu, perlu diketahui bahwa ada beberapa sayuran yang harus dihindari ketika kamu sering mengalami gejala asam urat. Sayur seperti bayam atau asparagus memiliki kadar purin yang tinggi, sehingga dapat menaikan kadar asam urat. 


Namun ini bukanlah alasan untuk kamu menghingdari sayuran. Ada banyak sayuran yang dapat membantu mencegah asam urat. Contohnya seperti wortel, tomat, atau brokoli. Memiliki kadar purin yang rendah dan juga menjaga kadar kolesterol. Sayur lainnya yang rendah akan purin adalah timun, kentang, dan kubis.



4. Kacang - Kacangan


Lentil, polong, dan buncis merupakan tiga contoh baik dari kacang-kacangan yang bisa menjadi makanan penurun asam urat. Jenis makanan ini mengandung protein nabati tinggi yang baik untuk tubuh. Perlu diketahui bahwa penderita asam urat yang mengkonsumsi protein nabati memiliki kadar asam urat yang rendah. Makanan tinggi protein hewani, seperti daging, sering bisa menjadi salah satu alasan kenapa asam urat kambuh. 


Sama seperti sayur, tidak semua kacang-kacangan baik untuk penderita asam urat. Seperti kacang tanah dan kancang panjang, karena memiliki kadar purin yang tinggi sehingga dapat meningkatkan kadar asam urat.



5. Ikan Salmon



( Salmon bisa menjadi opsi pengganti protein yang baik ketika sedang mengalami asam urat. Foto: Dok.Krisztina Papp/Pexels)


Salah satu makanan yang harus dihindari ketika memiliki gejala asam urat adalah memakan daging. Daging yang berasal dari sapi, kambing, maupun babi sangat tidak dianjurkan karena memiliki level purin yang tinggi. Kamu bisa menggantikan daging dengan ikan agar nutrisi tubuh tetap terpenuhi. Ikan yang bisa kamu konsumsi adalah ikan salmon. Terkenal sebagai salah satu makanan penurun kadar asam urat dalam tubuh karena omega-3 yang tinggi, salmon juga bisa menurunkan atau menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. 

 


6. Makanan Tinggi Serat


Kamu juga bisa mencegah terjadinya asam urat dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki serat yang tinggi. Selain membantu untuk pencernaan yang lebih lancar, makanan tinggi serat juga dapat menyerap asam urat dari tubuh. Ini dapat mengurangi resiko kambuhnya asam urat pada tubuh kamu. Contoh makanan yang memiliki serat yang tinggi adalah alpukat atau apel. Pisang juga merupakan salah satu buah yang mengandung serat yang tinggi. 


(Baca Juga : 5 Buah Yang Mengandung Vitamin E, Efektif Menjaga Kesehatan)


Semoga dengan artikel ini, kamu bisa mengubah pola hidup kamu menjadi lebih baik. Tidak hanya untuk mencegah asam urat, tetapi juga hidup sehat secara keseluruhan.




( Penulis : Ruby Ishak )

Life & health