Life & health

5 Buah Yang Mengandung Vitamin E, Efektif Menjaga Kesehatan

By : Her World Indonesia - 2024-01-30 20:00:01 5 Buah Yang Mengandung Vitamin E, Efektif Menjaga Kesehatan

Kesehatan tubuh merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu faktor yang memengaruhi kesehatan tubuh adalah asupan nutrisi yang mencukupi, termasuk vitamin dan mineral. Diantara begitu banyak jenis vitamin yang diperlukan oleh tubuh, vitamin E memiliki peran yang sangat penting. Menjaga keseimbangan asupan vitamin E merupakan hal yang krusial untuk mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan.


Vitamin E adalah salah satu antioksidan yang diperlukan oleh tubuh untuk melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Radikal bebas adalah senyawa yang dapat merusak sel-sel tubuh dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk penuaan dini, penyakit jantung, dan kanker. Vitamin E membantu melindungi sel-sel dari kerusakan ini sehingga membantu mencegah berbagai penyakit kronis.


Vitamin E juga efektif untuk menjaga kesehatan kulit, membantu dalam memperbaiki jaringan kulit yang rusak sehingga dapat mengurangi keriput dan tanda-tanda penuaan pada kulit. Selain itu, vitamin E juga dapat membantu dalam mempercepat penyembuhan luka dan mengurangi peradangan pada kulit.


Tidak hanya itu, vitamin E juga penting untuk kesehatan mata. Vitamin E memiliki sifat anti inflamasi yang dapat membantu dalam mengurangi risiko terjadinya penyakit mata, seperti degenerasi makula, katarak, dan penyakit mata lainnya. Dengan menjaga asupan vitamin E yang cukup, kita dapat membantu melindungi kesehatan mata kita dan mencegah terjadinya gangguan penglihatan.


Dalam menjaga keseimbangan asupan vitamin E, kamu dapat memperolehnya dari berbagai sumber makanan, terutama buah. Her World sudah merangkum lima buah yang kaya akan vitamin E yang bisa kamu konsumsi.


1. Mangga


(Mangga memiliki kandungan vitamin E yang kaya. Foto: Dok. Angel/Pexels)


Mengonsumsi mangga berukuran 100 gram atau lebih membantu kamu mendapatkan 0,9 miligram vitamin E atau setara dengan 6% dari kebutuhan harian vitamin E kamu.


2. Pepaya


(Pepaya memiliki kandungan vitamin E yang kaya. Foto: Dok. Camilla/Pexels)


Pepaya memiliki vitamin E dalam jumlah yang cukup untuk mendukung kesehatan tubuh yang dapat memberikan kontribusi dalam memenuhi kebutuhan harian akan vitamin E.

Manfaat lain dari pepaya adalah kandungan vitamin C yang tinggi, yang membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperbaiki jaringan, dan menjaga kesehatan kulit.


(Baca juga: 11 Pilihan Buah yang Bagus untuk Asam Lambung!)


3. Alpukat


(Alpukat memiliki kandungan vitamin E yang kaya. Foto: Dok. Stylecraze/Pexels)


Dalam 100 gram alpukat, kamu akan mendapatkan 2,07 miligram vitamin E. Lebih lagi, kandungan lemak sehat dalam alpukat juga membantu dalam menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.


4. Kiwi


(Kiwi memiliki kandungan vitamin E yang kaya. Foto: Dok. Camilla/Pexels)


Ketika kamu mengonsumsi kiwi sekitar 177 gram maka kamu juga akan mendapatkan 2,6 miligram vitamin E yang dapat memenuhi 13% dari kebutuhan harian kamu akan vitamin E.


(Baca juga: 7 Buah Penurun Kolesterol Yang Perlu Kamu Tahu)


5. Jambu Biji


(Jambu biji memiliki kandungan vitamin E yang kaya. Foto: Dok. Camilla/Pexels)


Mengonsumsi jambu biji dapat memberikan kontribusi dalam memenuhi kebutuhan harian akan vitamin E. Manfaat lain dari jambu biji adalah kandungan serat yang tinggi, yang membantu dalam menjaga kesehatan pencernaan, mengontrol kadar gula darah, dan mengurangi risiko penyakit jantung.


Secara keseluruhan, menjaga keseimbangan asupan vitamin E sangatlah penting untuk mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan. Dengan manfaatnya yang beragam, mulai dari melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan, menjaga kesehatan kulit dan mata, hingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh, vitamin E memainkan peran yang tak tergantikan dalam menjaga kesehatan tubuh.


(Penulis: Adila Firani)

Life & health