Life & health

3 Cara Privasi Story di Instagram, Gampang Banget!

By : Her World Indonesia - 2024-02-27 18:00:02 3 Cara Privasi Story di Instagram, Gampang Banget!

Fitur berbagi cerita atau story di Instagram telah menjadi sarana untuk membagikan kegiatan sehari-hari hingga promosi sebuah bisnis. Secara umum, siapapun terutama pengikut di Instagram bisa melihat story yang dibagikan. Namun, Instagram telah mengembangkan fiturnya, yakni dengan membiarkan pengguna untuk memilih siapa saja yang melihat unggahan story yang dibagikan. Itu artinya, kamu bisa memilih siapa saja yang bisa melihat dan tidak melihat unggahan story yang kamu bagikan, dengan cara privasi story IG. Bagi kamu yang masih bingung menggunakan fitur ini, berikut cara privasi story IG yang mudah dan simpel banget. Simak!


Tentang Fitur Story di Instagram


(Cara privasi story di Instagram. Photo by Ron Lach on Pexels)


Instagram merupakan media sosial untuk berbagi foto dan video dengan pengguna terbanyak di dunia. Instagram pertama kali dirilis untuk iOS pada tahun 2010, dan untuk android pada tahun 2012. Pengguna Instagram memiliki usia yang beragam dari berbagai kalangan, dengan pengguna terbanyak adalah orang-orang dengan rentang usia 20an hingga 30an. Kini, Instagram tidak hanya digunakan untuk tujuan pribadi, tetapi juga digunakan secara masif untuk promosi bisnis produk atau jasa dengan beragam konten yang menarik dan unik. Instagram memiliki banyak fitur menarik yang bisa memudahkan penggunanya berbagai moment atau mempromosikan sebuah bisnis. Salah satunya adalah fitur story

Fitur story di Instagram menjadi fitur yang paling sering digunakan oleh pengguna Instagram untuk membagikan cerita sehari-hari atau moment. Instagram story memungkinkan kamu bisa berbagi foto, video, dan teks, dengan tambahan efek musik, sticker, atau GIF, jika kamu menginginkannya. Melalui Instagram story, kamu tidak hanya bisa mengambil foto/video lalu langsung mengunggahnya, tetapi kamu juga bisa membagikan story, feeds atau reels dari orang lain dan menandai orang lain dalam cerita kamu. Berbeda dengan fitur unggah foto di feeds, fitur Instagram story hanya akan bertahan 24 jam dan setelah itu akan tersimpan di archive yang hanya bisa dilihat oleh pemilik akun. Jika kamu mau, kamu bisa mengunggahnya kembali story yang tersimpan di dalam archive

Pada Instagram story, kamu bisa mengatur privasi cerita kamu dengan bebas. Ingin menyembunyikan ceritamu dari satu orang atau banyak orang, itu semua dapat dilakukan, sehingga kamu bisa lebih nyaman saat membagikan ceritanya di Instagram.


(Baca Juga: Overthinking? 5 Rekomendasi Buku Ini Siap Menemani Kamu)


Cara Privasi Story di Instagram

Ada beberapa opsi yang bisa kamu pilih untuk mengatur privasi story IG kamu tanpa harus unfollow atau memblokir orang lain, yaitu:

1. Close Friend

Fitur close friend ini bisa kamu gunakan jika story Instagram yang kamu bagikan ingin diperlihatkan hanya untuk beberapa orang atau teman dekat saja. Kamu bisa mengatur daftar close friend di pengaturan, caranya:

1. Masuk pada halaman profil

2. Cari tombol 'Pengaturan dan privasi' di dalam ikon 'tiga garis'

3. Cari opsi 'Close Friend'

4. Centang pada akun yang kamu inginkan menjadi pemirsa story IG

5. Selesai


2. Menyembunyikan Story dari Orang Lain

Opsi ini bisa dipilih untuk menyembunyikan story Instagram dari beberapa atau banyak orang. Tidak hanya menyembunyikan story Instagram kamu dari orang lain, kamu juga bisa menyembunyikan cerita orang lain dari beranda Instagram kamu. Berikut ini cara menyembunyikan story dari orang lain: 

1. Masuk pada halaman profil

2. Cari tombol Pengaturan di dalam ikon 'tiga garis'

3. Cari opsi 'Sembunyikan Cerita/Siaran Langsung'

4. Pilih 'Sembunyikan Cerita Dari'

5. Centang akun IG yang kamu inginkan

6. Selesai


3. Mengatur Akun Instagram Menjadi Akun Private

Satu lagi, cara privasi story di Instagram yang bisa kamu lakukan yaitu dengan mengatur akun Instagram kamu menjadi akun private. Hanya saja, jika akun Instagram diatur menjadi akun private, tidak hanya story IG yang disembunyikan, tetapi juga termasuk feeds dan reels di profil kamu. Berikut ini cara mengatur akun instagram menjadi akun private:

1. Masuk pada halaman profil

2. Cari tombol Pengaturan dan privasi di dalam ikon 'tiga garis'

3. Pilih 'Privasi akun'

4. Geser tombol untuk mengaktifkan 'Akun Privat'

5. Selesai


(Baca Juga: Film "Agak Laen" Tembus Tujuh Juta Penonton!)


Nah, itulah beberapa cara privasi story IG dengan mudah. Sekarang, tidak perlu khawatir story IG kamu dilihat oleh orang yang tidak kamu inginkan. Selamat mencoba!



(Penulis: Calvin)

Life & health