Life & health

Cuan Banget! 5 Rekomendasi Kerajinan Tangan yang Bisa Dijual

By : Her World Indonesia - 2024-02-20 14:00:01 Cuan Banget! 5 Rekomendasi Kerajinan Tangan yang Bisa Dijual

Hidup di era modern yang penuh dengan teknologi dan kesibukan, banyak orang yang mencari cara untuk melepaskan diri dari tekanan dan stres yang ditimbulkan oleh rutinitas sehari-hari. Salah satu solusi yang banyak dipilih adalah dengan menemukan hobi yang dapat memberikan kepuasan dan kebahagiaan. Memiliki hobi tertentu tidak hanya memberikan waktu untuk diri sendiri, tetapi juga menjadi sarana untuk mengekspresikan diri dan merasa lebih produktif.


“Hobbies are great distractions from the worries and troubles that plague daily living!” Kata Bill Malone. Jadi, hobi juga merupakan bagian penting dalam kehidupan manusia. Selain sebagai pelarian dari kesibukan sehari-hari, hobi juga dapat menjadi sumber kebahagiaan dan penghilang stres. Salah satu hobi yang semakin populer belakangan ini adalah kerajinan tangan. Kerajinan tangan membantu mengurangi tingkat stres dan meningkatkan perasaan bahagia. Tak hanya sebagai bentuk ekspresi kreativitas, kerajinan tangan juga memiliki nilai jual yang tidak dapat diabaikan.


Dari anak-anak hingga dewasa, banyak orang mulai menyadari nilai positif yang dapat diperoleh dari menghasilkan karya dengan tangan sendiri. Selain itu, semakin berkembangnya media sosial dan platform e-commerce juga turut memperluas pasar bagi produk-produk kerajinan tangan. Dengan begitu, hobi yang semula hanya dilakukan untuk kesenangan pribadi, kini juga memiliki potensi untuk menjadi sumber penghasilan tambahan dan menularkan kebahagiaan itu kepada orang lain. 


Simak rekomendasi hobi yang bisa menguntungkan kamu di bawah ini.


1. Olahan sedotan bekas


(Sedotan plastik daripada dibuang, kamu bisa mengubahnya menjadi hasil karya yang bernilai jual. Foto: Dok. Mirta Hanindya/Instagram)


Jika kamu merupakan salah satu seseorang yang sering membeli minuman di luar dan mendapatkan sedotan, jangan dulu buru-buru membuangnya. Kamu bisa mencoba mengumpulkannya, tentunya menjaga tetap bersih ya! Kemudian kamu bisa memulai anyaman sederhana dengan sedotan-sedotan yang sudah terkumpul tersebut. Sedotan bekas dapat diubah menjadi kerajinan tangan yang bernilai jual misalnya, diolah menjadi tas belanja yang ramah lingkungan, membuat hiasan untuk dekorasi rumah yang unik dan menarik. Dengan mengubah sedotan bekas menjadi berbagai macam produk yang bernilai jual, selain mengurangi limbah plastik, kamu juga membuka peluang untuk usaha kreatif dan ramah lingkungan.


(Baca juga: Mengenal Pottery dan 5 Manfaatnya Bagi Kesehatan Mental)


2. Merajut, sulam, dan menjahit


(Saat ini, hobi menyulam, merajut, hingga menjahit memiliki potensi bisnis yang besar. Foto: Dok. Freepik)


Jika kamu menyukai dan atau mulai tertarik dengan merajut, menyulam, dan menjahit selamat! Kamu menemukan hobi yang menenangkan, berwarna, dan tentunya bernilai jual dan memiliki potensi bisnis yang luas dalam modern ini karena mampu menghasilkan berbagai produk yang diminati oleh banyak orang. Mulai dari beanie hat yang modis hingga sweater yang hangat, serta pencil case atau pouch yang fungsional, semua dapat diciptakan melalui hobi ini. Produk-produk handmade ini memiliki nilai tambah berupa keunikan dan kualitas yang sulit ditemukan dalam barang-barang massal. Oleh karena itu, permintaan untuk produk-produk ini terus meningkat, baik dari konsumen individu maupun bisnis yang mengutamakan kualitas dan keunikan. Dengan kehadiran platform online dan media sosial, para pengrajin dapat memasarkan karya mereka dengan lebih luas, menciptakan peluang bisnis yang menjanjikan. Dengan demikian, memiliki hobi merajut, menyulam, dan menjahit bukan hanya memberikanmu kesenangan pribadi, tetapi juga dapat menjadi sumber penghasilan yang menjanjikan dalam dunia kreatif dan industri kreatif.


3. Scrapbook


(Scrapbook memiliki nilai jual yang tinggi. Foto: Dok. Freepik)


Scrapbook adalah buku atau album yang diisi dengan berbagai macam kertas, foto, stiker, dan dekorasi lain untuk mencatat dan mengabadikan momen-momen penting dalam kehidupan seseorang. Scrapbook biasanya tidak hanya berisi tulisan seperti buku diary, di scrapbook kamu bisa menempelkan foto-foto, tulisan, dan aksesoris lain yang kamu anggap penting untuk diabadikan. Untuk membuat scrapbook, kamu membutuhkan bahan-bahan yang cukup sederhana seperti album kosong, kertas scrapbook, foto-foto, stiker, pensil warna, gunting, lem, dan berbagai dekorasi lainnya sesuai selera kamu. 


And yes! Saat ini, nilai jual scrapbook semakin meningkat seiring dengan meningkatnya minat masyarakat terhadap kreativitas dan keunikan dalam mengabadikan kenangan. Scrapbook yang dibuat dengan rapi, penuh kreativitas, dan berisi momen-momen berharga memiliki nilai jual yang tinggi sebagai hadiah spesial atau koleksi pribadi. Dengan kemampuan untuk disesuaikan dengan tema dan preferensi individu, scrapbook juga menjadi pilihan yang populer untuk mengabadikan momen pernikahan, kelahiran, perjalanan, dan acara-acara lainnya.


4. Watercolour


(Hobi yang bisa membuat kamu memiliki banyak inspirasi dan bernilai jual. Foto: Dok. Abigail Limuria/Instagram)


Watercolour merupakan teknik melukis menggunakan cat air yang dilarutkan dengan air. Teknik ini memberikan hasil yang transparan dan lembut, sering digunakan untuk melukis lanskap, potret, dan ilustrasi. Banyak orang menjadikan watercolour sebagai hobi karena memberikan kebebasan ekspresi artistik dan meditatif yang mampu meredakan stress dan penat. Selain itu, watercolor juga memiliki nilai jual tinggi saat ini, apalagi bagi orang-orang yang menyukai bidang seni, terutama untuk karya seni original dan reproduksi. Selain menjual karya seni, ketika kamu suka melakukan watercolor kamu juga bisa menghasilkan pendapatan tambahan dengan menjual alat-alat melukisnya, seperti kertas khusus, kuas, dan cat air. Hal ini akan membantu orang lain di luar sana yang baru ingin mencobanya.


(Baca juga: Kenali Perbedaan Fast Fashion Dengan Slow Fashion, Penting!)


5. Lilin aromaterapi


(Saat ini lilin aromaterapi banyak digandrungi masyarakat. Foto: Dok. Freepik)


Memiliki hobi membuat lilin aromaterapi adalah pilihan yang menjanjikan karena dapat berdaya saing dan memiliki nilai jual tinggi. Semakin banyaknya orang yang menyadari manfaat aromaterapi bagi kesehatan dan kesejahteraan mereka membuat permintaan akan lilin aromaterapi semakin meningkat. Selain itu, membuat lilin aromaterapi juga dapat dilakukan dari rumah dengan modal yang terjangkau dan peralatan yang relatif sederhana. Dengan kreativitas dalam memadukan berbagai jenis minyak esensial dan pewarna alami, serta desain kemasan yang menarik, produk lilin aromaterapi milik kamu bisa memiliki daya tarik tersendiri bagi konsumen. Kamu juga bisa memasarkannya melalui platform online dan media sosial.


Maka, membuat kerajinan tangan tidak hanya memberikan kesenangan dan penghilang stres, tetapi juga memiliki potensi untuk menjadi sumber penghasilan tambahan. Berbagai jenis kerajinan tangan yang populer menawarkan berbagai pilihan bagi kamu yang ingin mengekspresikan kreativitas dari rumah dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan.


(Penulis: Adila Firani)

Life & health