Hair & beauty

5 Urutan Lip Care yang Tepat untuk Bibir Sehat!

By : Her World Indonesia - 2024-02-23 13:00:02 5 Urutan Lip Care yang Tepat untuk Bibir Sehat!

Merawat bibir menjadi hal yang wajib dilakukan untuk membuat bibir terlihat sehat. Terlebih, bibir merupakan salah satu bagian wajah yang cepat menunjukkan tanda-tanda penuaan. Merawat bibir agar selalu sehat dan lembap tidak cukup hanya dengan rutin menggunakan produk lip care. Menerapkan pengaplikasian urutan lip care yang tepat juga menjadi kunci untuk mendapatkan bibir yang sehat. Berikut ini urutan lip care yang tepat, yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan bibir yang lebih lembap dan sehat. Simak!


1. Rutin Eksfoliasi Bibir


Eksfoliasi merupakan salah satu rangkaian perawatan bibir yang wajib kamu lakukan untuk merawat penampilan dan kesehatan bibir. Melakukan eksfoliasi bibir sangat penting untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada area bibir secara lebih menyeluruh. Selain itu, rutin melakukan eksfoliasi bibir juga dapat meningkatkan sirkulasi darah di area sekitar bibir, yang akan membuatnya menjadi lebih bersih dan terlihat merah muda alami. Perlu diingat, produk eksfoliasi bibir berbeda dengan produk eksfoliasi wajah sehingga pastikan kamu memilih produk yang tepat. Supaya tidak mengiritasi atau membuat bibir menjadi kering, lakukan eksfoliasi bibir 1-2 kali seminggu. Sebagai alternatif, kamu dapat memanfaatkan bahan-bahan alami seperti campuran gula, madu, dan minyak kelapa, sebagai lip scrub. Aplikasikan ke bibir kamu selama 15-20 menit, kemudian bilas hingga bersih. 


2. Gunakan Lip Serum


Setelah melakukan eksfoliasi, urutan lip care selanjutnya yaitu mengaplikasikan lip serum. Lip serum berfungsi untuk membuat bibir menjadi lebih ternutrisi. Dengan demikian, bibir akan menjadi lebih sehat dan lembap. Lip serum menjadi produk tambahan yang dapat membantu meremajakan tekstur bibir. Bahkan, beberapa produk lip serum juga diformulasikan dengan sejumlah bahan aktif yang tak hanya dapat memberikan nutrisi pada area bibir, tetapi juga sekaligus meningkatkan kelembapan dan membuatnya terlihat merah muda alami. 

Sama halnya dengan serum wajah, lip serum juga terdiri dari molekul berukuran kecil yang bisa terserap lebih cepat ke dalam bibir, sehingga dapat membantu merawat kecantikan dan kesehatan bibir. Kamu dapat mengaplikasikan atau mengoleskan lip serum pada bibir secara menyeluruh pada pagi dan malam hari. 


(Baca Juga: Memahami Face Yoga dan 5 Latihan Awal Untuk Pemula)


3. Aplikasikan Lip Balm


(Urutan lip care yang benar. Photo by Ron Lach on Pexels)


Penggunaan lip balm bertujuan untuk menambahkan kelembaban secara lebih maksimal pada bibir. Hydrating agent dalam lip balm akan meresap ke dalam bibir dan memberikan hidrasi dan kelembapan pada bibir, sekaligus melindungi bibir dari cuaca yang ekstrem dan mencegah munculnya tanda-tanda penuaan. Pada pagi hari, sebaiknya gunakan lip balm yang mengandung SPF, yang dapat melindungi dari paparan sinar matahari. Gunakan juga produk lip balm yang kaya akan bahan-bahan yang melembapkan seperti almond oil atau shea butter

Dengan menggunakan lip balm, kamu dapat mengunci kelembapan bibir sehingga terhindar dari kondisi kering dan membuat bibir tampak menghitam. Sangat disarankan untuk menggunakan lip balm sebelum keluar rumah dan gunakan secara berkala dalam 3-4 jam selanjutnya, atau saat bibir kamu terasa kering. 


4. Gunakan  Lip Mask


(Urutan lip care yang benar. Photo by Mike Murray on Pexels)


Urutan lip care berikutnya yaitu dengan menggunakan lip mask, untuk membuat bibir lebih sehat dan lembap. Terlebih jika bibir kamu terasa kering akibat penggunaan kosmetik maupun kurangnya hidrasi dalam tubuh. Penggunaan Penggunaan lip mask secara rutin akan membuat bibir tampak lebih kenyal, sehat, lembap, dan pink alami. Kebanyakan produk lip mask juga biasanya dirancang mampu memberikan nutrisi dan kelembapan yang maksimal pada bibir. 

Sebelum menggunakan lip mask, bersihkan bibir terlebih dahulu dari kotoran atau sisa lip product yang mungkin masih menempel dan tertinggal di bibir. Kemudian, aplikasikan produk lip mask pada bibir dan diamkan selama beberapa menit. Angkat lip mask dan pijat bibir secara perlahan agar sisa essence dari produk lip mask masuk dan terserap ke dalam bibir. 

Kamu bisa mengaplikasikan masker bibir pada rangkaian akhir perawatan bibir di malam hari sebelum tidur. Disarankan untuk menggunakan masker bibir sebanyak dua sampai tiga kali dalam seminggu agar untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 


5. Perawatan Bibir dari Dalam


Selain merawat dari luar, sangat penting untuk melakukan perawatan bibir dari dalam yakni dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh setiap harinya. Minum air putih yang cukup setiap hari dapat berkontribusi untuk membuat bibir tampak lebih sehat dan lembap. Dengan begitu, bibir akan lebih merah merona dan tidak mudah kering. Imbangi juga dengan mengonsumsi buah-buahan dan sayur untuk meningkatkan nutrisi pada bibir secara alami. Hindari kebiasaan merokok yang dapat menyebabkan bibir menghitam karena produksi zat melanin yang meningkat.

Kamu juga harus menghindari kebiasaan lain seperti menggigit, menjilat, atau mengelupas bibir yang pecah-pecah. Kebiasaan-kebiasaan ini bukan hanya akan membuat bibir menjadi iritasi, tetapi juga bisa membuat bibir menjadi terluka dan berdarah, yang akan membuatnya tampak kurang sehat.


(Baca Juga: 5 Cara Mudah Menghilangkan Belang di Wajah)


Itulah urutan lip care yang benar dan tepat, yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan bibir yang lebih lembap dan sehat. Pastikan kamu menerapkan urutan lip care yang tepat guna memaksimalkan penampilan bibirmu agar tampak lebih sehat dan cantik. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi, ya. Selamat mencoba!



(Penulis: Calvin)

Hair & beauty