Life & health

Simak 4 Cara Sederhana Untuk Memutihkan Lutut

By : Her World Indonesia - 2024-01-31 12:00:01 Simak 4 Cara Sederhana Untuk Memutihkan Lutut

Warna kulit yang tidak merata sering terjadi pada beberapa bagian tubuh, seperti lutut dan siku. Penyebabnya seringkali karena paparan sinar matahari yang berlebihan, kondisi genetik, dan bisa juga karena adanya gesekan terus menerus yang disebabkan oleh aktivitas fisik seperti berjongkok atau berlari yang dapat menyebabkan iritasi kulit dan penebalan lapisan kulit di area tersebut. 


Sekalipun tidak berdampak secara medis, lutut yang gelap seringkali mengurangi tingkat kepercayaan diri sehingga membuat kamu tidak nyaman. Oleh karena itu, Her World telah merangkum beberapa bahan yang bisa kamu gunakan untuk mencerahkan lutut kamu.


1. Gunakan Kandungan AHA


(Kandungan AHA efektif untuk mengangkat sel kulit mati. Foto: Dok. Karolina Grabowska/Pexels)


Alpha-hydroxy acid (AHA) memiliki kemampuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang memendam di dalam lapisan kulit sehingga menggunakannya dapat membantu kamu untuk meratakan dan mencerahkan warna lutut. Tak lupa, oleskan pelembap dan tabir surya untuk memberikan hidrasi dan proteksi yang cukup.


(Baca juga: Kenali 6 Ciri-Ciri Kulit Wajah Butuh Eksfoliasi)


2. Teh Hijau


(Teh hijau dapat membantu meratakan warna kulit. Foto: Dok. Paleo/Pexels)


Teh hijau dikenal memiliki senyawa epigallocationchin gallate (EGCG) yang efektif untuk mencegah penumpukan melanin, menghambat tirosinase sehingga dapat membantu kulit kamu lebih cerah. Kamu bisa menggunakan kapas yang sudah dibasahi oleh air teh hijau lalu oleskan ke bagian yang kamu inginkan. Penggunaan rutin dapat memberikan hasil yang maksimal.


3. Kopi


(Bulir kopi dapat membantu meratakan warna kulit. Foto: Dok. The How-to Home/Pinterest)


Kafein dan antioksidan alami dalam kopi membantu mengurangi hiperpigmentasi dan merangsang regenerasi sel kulit. Butiran halus scrub juga mengangkat sel-sel kulit mati, meninggalkan kulit lutut lebih lembut dan cerah. Kamu bisa mengambil scrub kopi kemudian campurkan dengan air untuk formulasi yang lebih kental, setelah itu oleskan pada lutut sembari gosok halus dan merata kemudian bilas menggunakan air hangat.


(Baca juga: Perawatan Alami untuk Kulit Sensitif dan Berjerawat)


4. Minyak Kelapa


(Minyak kelapa dapat membantu meratakan warna kulit. Foto: Dok. Biovco/Pinterest)


Minyak kelapa dikenal memiliki kandungan asam lemak esensial dan vitamin E. Kedua kandungan ini baik untuk memperbaiki kulit yang gelap dan kering. Sifat anti inflamasi dan antioksidannya juga membantu mengurangi peradangan dan merangsang produksi kolagen yang efektif menyamarkan warna gelap di sekitar lutut. Kamu bisa menggunakan minyak kelapa sebagai pelembap dengan rutin untuk hasil yang efektif.


Bahan-bahan seperti Kopi hingga perawatan dengan kandungan AHA dapat membantu mengurangi hiperpigmentasi, meningkatkan regenerasi sel kulit, dan memberikan kelembapan yang dibutuhkan. Dengan penggunaan rutin, perbaikan bertahap dalam penampilan lutut dapat dicapai sekaligus memberikan rasa percaya diri yang lebih besar.


(Penulis: Adila Firani)

Life & health