Jangan Salah! Ini 5 Langkah Tepat Mencuci Sepatu Kulit


  • Jangan Salah! Ini 5 Langkah Tepat Mencuci Sepatu Kulit
    cuci sepatu kulit dengan mudah. (Foto: Dok. Jack Redgate/Pexels)

    Sepatu kulit hadir dalam berbagai jenis, memberikan kamu banyak pilihan sesuai kebutuhan dan gaya. Pertama, terdapat sepatu kulit formal yang sering digunakan untuk acara-acara resmi atau ke kantor. Model oxford dan derby adalah contoh yang populer dalam kategori ini. Tidak hanya model oxford dan derby saja, tetapi sepatu kulit hadir dalam beragam desain yang kasual, termasuk loafers, sneakers kulit, dan chukka boots, memberikan kemudahan penggunaan sehari-hari dengan sentuhan gaya.


    Sandal kulit atau sepatu kulit merupakan pilihan yang baik saat musim panas, melindungi kaki kamu dan terasa nyaman. Namun, saat musim hujan melanda tentunya jika dipakai di luar ruangan, sepatu akan kotor karena genangan air atau jalanan yang basah. Sepatu kulit memiliki karakteristik unik, memberikan fleksibilitas kepada individu untuk mengekspresikan gaya pribadi mereka. Hal ini membuat banyak orang gemar menggunakan sepatu berbahan kulit. Agar tetap dapat menggunakan sepatu kulit saat hujan, tentunya terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan.




    Merawat sepatu kulit dengan benar dapat memperpanjang umur pakainya dan tetap mempertahankan penampilan sepatu dengan prima. Pertama, membersihkan sepatu secara teratur dengan sikat lembut atau kain yang lembut untuk menghilangkan debu dan kotoran ringan. Hindari pembersihan berlebihan yang dapat merusak lapisan pelindung kulit.


    Jangan Salah! Ini 5 Langkah Tepat Mencuci Sepatu Kulit

    (sepatu kulit membutuhkan perhatian dan perawatan khusus. Foto: Dok. Dr. Martens/Instagram)


    Gunakan pelembap kulit secara berkala untuk mencegah kulit menjadi kering dan retak. Pilih pelembap yang dirancang khusus untuk sepatu kulit untuk hasil yang optimal. Selain itu, simpan sepatu kulit kesayangan kamu di tempat yang kering dan hindari paparan langsung terhadap sinar matahari yang berlebihan, karena hal ini dapat menyebabkan perubahan warna dan kerusakan kulit.


    Jika sepatu terkena air hujan atau cairan lainnya, segera keringkan dengan kain lembut dan biarkan mengering secara alami. Jangan menggunakan sumber panas langsung seperti pengering rambut, karena panas berlebihan dapat merusak struktur kulit.


    Di musim hujan ini, sering sekali mendapati sepatu kita kotor lebih mudah dibandingkan biasanya. Setiap sepatu tentunya punya panduan berbeda untuk mencucinya. Berikut adalah langkah singkat yang dapat kamu lakukan untuk mencuci sepatu kulitmu. Simak terus, ya!


    5 Langkah Mencuci Sepatu Kulit di Musim Hujan:


    1. Sikat Debu dan Kotoran Ringan


    Sebelum mulai mencuci, bersihkan debu-debu sepatu dengan sikat lembut yang juga menghilangkan kotoran ringan pada sepatumu. Pastikan untuk tidak menyikat terlalu keras agar tidak merusak permukaan kulit.


    (Baca Juga: Tampil Memikat dengan 5 Rekomendasi Sepatu Pesta Berikut Ini)


    2. Pembersihan dengan Sabun Lembut


    Gunakan air hangat dan sabun lembut untuk membersihkan noda atau kotoran yang lebih sulit dihilangkan. Gunakan spons atau kain yang lembut untuk mengaplikasikan campuran air dan sabun, hindari menggunakan bahan yang kasar yang dapat merusak kulit.


    3. Jangan Merendam Sepenuhnya


    Hindari merendam sepatu sepenuhnya ke dalam air, terutama jika sepatu memiliki bagian kayu atau elemen non-kulit lainnya. Basahi sepatu secukupnya untuk membersihkan, kemudian segera keringkan.


    4. Keringkan secara Alami


    Setelah mencuci, biarkan sepatu kering secara alami di tempat yang sejuk dan kering. Hindari penggunaan pengering atau sinar matahari langsung, karena hal ini dapat merusak struktur kulit.


    5. Pelembap Kulit


    Jangan Salah! Ini 5 Langkah Tepat Mencuci Sepatu Kulit

    (Produk untuk merawat sepatu kulit. Foto: Dok. Collonil/Instagram)


    Setelah sepatu kering, gunakan pelembap kulit untuk mengembalikan kelembaban dan menjaga fleksibilitas kulit. Ini juga membantu mencegah kekeringan dan retak pada permukaan sepatu.


    Dengan merawat sepatu kulit dengan baik, kamu dapat memastikan bahwa investasi kamu dalam alas kaki tetap terjaga dengan baik dan tetap tampil elegan, bahkan dalam cuaca yang kurang bersahabat sekalipun. 


    Ada banyak pilihan produk untuk mencuci sepatu kulit, diantaranya adalah Jason Markk. Jason Markk dikenal sebagai pembersih sepatu yang fokus pada kebersihan dan perawatan sepatu, meskipun lebih mengutamakan sneakers, Jason Markk juga dapat digunakan untuk sepatu kulit.


    Jika merasa kurang cocok dengan Jason Markk, kamu dapat menggunakan Collonil. Merek asal Jerman yang menyediakan berbagai produk perawatan untuk sepatu dan barang kulit. Colloni menawarkan pembersih dan kondisioner kulit yang dapat digunakan untuk sepatu kulit formal dan boots.


    (Baca Juga: 5 Inspirasi Busana Tahun Baru Imlek 2024)


    Selain yang sudah disebutkan, kamu juga dapat mencoba Cadilac, produk perawatan sepatu dan aksesori kulit dengan fokus pada kelembutan dan perlindungan. Cadilac dapat digunakan untuk sepatu kulit formal dan juga berbagai jenis aksesori kulit lainnya seperti tas. 


    Itu dia langkah-langkah untuk mencuci sepatu kulitmu agar tetap terjaga kualitasnya. Selamat mencoba!


    (Penulis: Nada Kamiliya)





 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below