Life & health

Grammy Awards 2024: Momen Ikonis Musisi Dunia

By : Her World Indonesia - 2024-02-05 17:00:01 Grammy Awards 2024: Momen Ikonis Musisi Dunia

The Sunday show stands out, the 66th Grammy Awards finally arrived! 

Grammy Awards ke-66 akhirnya dilaksanakan pada 4 Februari 2024 zona Amerika atau 5 Februari 2024 waktu Indonesia. Grammy Awards merupakan rangkaian malam penuh bintang bagi musisi dan pegiat seni dunia dengan menawarkan penampilan A-list artist dan nominasi-nominasi bergengsi sebagai bentuk apresiasi kepada seluruh pekerja seni terhadap karya-karya mereka dalam satu tahun terakhir. 


Grammy Awards 2024 kali ini diselenggarakan di Crypto Arena, Los Angeles yang kembali dipandu oleh komedian terkenal, Trevor Noah menjadikannya sebagai pembawa acara selama empat tahun berturut-turut. Dalam acara tahun ini, Grammy menyediakan 94 nominasi dengan artis perempuan memiliki paling banyak nominasi. SZA menjadi artis yang mendapatkan paling banyak nominasi dengan sembilan kategori, termasuk nama-nama terkenal seperti Billie Eilish, Olivia Rodrigo, Taylor Swift, Lana Del Rey, hingga Julien Baker.


Malam penghargaan yang berlangsung selama tiga jam lebih ini juga dihadiri oleh Michelle Obama dan Meryl Streep yang bersaing mendapatkan piala dalam nominasi Best Audiobook. Lebih dari itu, malam penuh bintang ini menjadi malam yang tak terlupakan dengan penampilan memukau para legendaris termasuk iconic moment bagi beberapa artis. 


Her World merangkum lima highlight of the night selama acara berlangsung. Simak di bawah ini: 


1. Jay Z Menerima Dr. Dre Global Impact Award 


(Jay Z menerima penghargaan bersama putrinya, Blue Ivy. Foto: Dok. Valerie Macon/AFP via Getty Images) 


Kehadiran yang mengejutkan ketika Jay Z membawa putrinya, Blue Ivy keatas panggung untuk menemaninya menerima penghargaan malam itu. Momen ini juga menunjukkan kehadiran sang istri, the most Grammy Winner, Beyonce dengan 32 kemenangan sepanjang kariernya. Piala Dr. Dre Global Impact Award diberikan kepada orang-orang yang telah memberikan kontribusi luar biasa terhadap dunia musik dan budaya populer secara global. Penghargaan ini merupakan pengakuan atas kontribusi Jay Z dan karya-karyanya yang berhasil memberikan sudut pandang baru dalam lanskap musik dan memberikan banyak inspirasi untuk generasi berikutnya.


Speech Jay Z selama menerima piala tersebut mengambil alih trending media sosial karena dianggap menjadi acceptance speech terbaik dalam beberapa tahun terakhir, terkait dengan nominasi dan kemenangan-kemenangan yang Grammy hadirkan termasuk memberikan support kepada para musisi yang belum bisa masuk dan membawa kemenangan dari Grammy karena baginya, penilaian ini selalu subjektif. Dalam momennya, Jay Z mengatakan, “We want y’all to get the right, we love y’all. And obviously it’s subjective because you know it’s music and it’s opinion based!” 


Jay Z menutup kalimatnya dengan memberikan semangat kepada semua artis yang sedang berkarya, “to keep showing up until they give you all the accolades you feel you deserve!” ujarnya.


2. Taylor Swift Mengumumkan Album Baru, Meltdown the Internet


(Taylor Swift mengumumkan album barunya. Foto: Dok. Kevin Winter/Getty Images for Recording Academy)


Taylor Swift menyapa Grammy Awards dalam balutan dress putih indah dari Schiaparelli Couture dengan make up bold dan bibir merah khasnya. Malam itu, Taylor memiliki enam nominasi termasuk Record Of The Year, Album Of The Year, dan kategori Best Pop Solo Performance dan Taylor berhasil membawa pulang kemenangan Best Pop Vocal Album untuk MIDNIGHTS. 


Kemenangan ini menjadi piala ke-13 baginya, forever icon! Dan dalam pidato kemenangannya, Taylor Swift mengumumkan album barunya, membawa para penggemar dalam kesenangan yang tinggi sepanjang malam. Taylor Swift mengatakan, “a secret that I’ve been keeping from you for the last two years. Which is that my brand new album comes out April 19th. It's called The Tortured Poets Department!” Setelah itu Taylor juga memposting cover album barunya yang akan keluar pada 19 April. 


(Baca juga: Sudah Satu Dekade, Makna Lagu “Wide Awake” Katy Perry)


3. Miley Cyrus Membawakan “Flowers” dan Membawa Pulang Dua Kemenangan


(Penampilan “Flower” Miley Cyrus memukau semua tamu. Foto: Dok. Kevin Winter/Getty Images for Recording Academy)


Miley Cyrus menghadiri Grammy Awards dengan penampilan glamor dan mewah yang sudah menjadi ciri khasnya. Malam itu, Miley hadir untuk menampilkan "Flowers" yang dalam satu tahun terakhir menjadi hits di seluruh tangga lagu dunia dengan irama dan lantunan lirik yang berhasil membuat semua orang terpukau. Selama penampilannya, Miley membawa para tamu malam itu dalam dua menit yang menyenangkan dan bermakna. 


Lebih lagi, penyanyi kelahiran November 1992 itu juga memberikan adlibs menarik selama penampilannya dengan mengatakan, “Why are you acting like you DON’T know the song?” yang menghadirkan tawa pecah di ruangan tersebut. Miley juga berhasil membawa pulang dua kemenangan dengan lagunya yaitu Best Pop Solo Performance dan Record Of The Year. Membuatnya pulang dengan senyuman bangga.


4. Penampilan Pertama Joni Mitchell Di Grammy Awards


(The legend itself, Joni Mitchell tampil di Grammy Awards. Foto: Dok. Amy Sussman/Getty Images)


World wide class, Joni Mitchel sang legenda yang telah berkarir lebih dari tiga dekade kini kembali ke panggung setelah 10 tahun berjuang dengan penyakitnya, aneurysm. Penampilan live ini juga menjadi penampilan pertama Joni Mitchell di Grammy Awards dengan membawakan lagu pentingnya yang rilis pada 1968, “Both Sides, Now” 


Joni membawakannya dengan semangat yang masih sama dengan rambut kepang khasnya dan senyuman manis dalam setiap liriknya. Penampilan ini menjadi penampilan kejutan bagi dunia yang sangat merindukan sosoknya.


(Baca juga: 5 Fakta Menarik Succession, Bawa Pulang Banyak Kemenangan)


5. Kembalinya Tracy Chapman di Televisi Setelah Satu Dekade


(Tracy Chapman tampil di Grammy Awards. Foto: Dok. Kevin Winter/Getty Images for Recording Academy)


A rare moment of live performance! Tracy Chapman hadir malam itu bersama Luke Combs membawakan lagu hits nya, “Fast Car” sejak tur terakhirnya pada 2009 dan hanya muncul beberapa kali dalam beberapa tahun terakhir. Penampilan ini juga menjadi penampilan ketiganya selama satu dekade terakhir, sekaligus membawa kembali para penggemar dengan semangat dan mimpi untuk terus menjalani hidup. 


Lagu ini dirilis pada 1988 yang membawa pesan-pesan menyentuh dan menginspirasi untuk tidak menyerah terhadap sebuah mimpi, meskipun jalan menuju kesuksesan mungkin penuh rintangan. Secara keseluruhan, "Fast Car" oleh Tracy Chapman bukan hanya lagu tentang kehidupan seorang wanita muda, tetapi juga sebuah cerminan dari pengalaman banyak orang yang berjuang untuk mencari makna dan kebahagiaan dalam kehidupan.


Grammy Awards 2024 akan selalu menjadi perayaan yang tak terlupakan dalam sejarah musik, dengan berbagai momen penting yang memancarkan kecemerlangan industri musik global. Dari penampilan panggung yang memukau hingga pidato kemenangan yang menyentuh, acara ini tidak hanya merayakan prestasi para musisi, tetapi juga menampilkan daya tarik dan kekuatan musik dalam menghubungkan orang-orang dari berbagai latar belakang di seluruh dunia.


(Penulis: Adila Firani)

Life & health