Life & health

Sudah Satu Dekade, Makna Lagu “Wide Awake” Katy Perry

By : Her World Indonesia - 2024-02-01 15:00:01 Sudah Satu Dekade, Makna Lagu “Wide Awake” Katy Perry



Dalam industri musik yang terus bergerak cepat dan beragam, tak banyak nama-nama musisi yang bisa bertahan lebih dari satu dekade, dan Katy Perry merupakan salah satu yang berhasil mempertahankan identitasnya sebagai musisi pop yang terus memberikan warna baru bagi dunia musik. Pemilik nama asli Katheryn Elizabeth Hudson ini lahir di Santa Barbara, California pada 25 Oktober 1984. Sebelum menjadi Katy Perry, Katy memulai nama panggungnya dengan Katy Hudson pada 2001 dengan mengeluarkan album pertamanya yang membawa konsep rohani mengingat latar belakang keluarganya. 


Namun, perjalannya tidak mudah, butuh bertahun-tahun bagi Katy Perry untuk bisa dikenal sampai akhirnya sekitar 2005 hingga 2007 Katy memantapkan niatnya untuk mengubah aliran musik, termasuk nama panggungnya menjadi yang sekarang, diambil dari nama gadis ibunya. Album pertama Katy dengan nama baru ini berjudul One of The Boys (2008) yang menaungi single hits seperti “I Kissed a Girl,” dan “Hot N Cold,” yang berhasil meraih nominasi Grammy untuk kategori Best Female Pop Vocal Performance. Bahkan, single “I Kissed a Girl” berhasil terpilih sebagai single pop terfavorit lewat ajang penghargaan Stasiun TV CBS, People's Choice Awards 2009.


Pada tahun-tahun selanjutnya, karir Katy Perry semakin membaik dan dikenal dengan lagu-lagu hitsnya, mulai dari “California Gurls,” “Roar,” “Fireworks,” dan “Wide Awake” yang rilis pada 2012. Semua lagu-lagu hits ini memberikan sudut pandang dan cerita yang berbeda-beda, dalam perjalanannya Katy Perry juga merupakan salah satu musisi yang aktif membagikan kisah kehidupannya melalui lirik-lirik yang indah. “Wide Awake” sendiri menjadi hits global yang dinikmati berbagai kalangan penikmat musik. Lagu ini secara singkat akan terlihat seperti lagu-lagu Katy Perry yang lainnya, tetapi lirik, musik video, hingga makna yang disajikan di dalamnya sangat penting. 


“Wide Awake” memulai ceritanya melalui lirik, “I’m wide awake. Yes I was in the dark, I was falling hard,” yang akan membawa kamu dalam perjalanan untuk memahami makna self-discovery, growth, and empowerment. Saat mendengarkan verse pertama, Katy akan menceritakan perasaannya terhadap cinta, perasaan yang menggebu-gebu dan membuatnya menginginkan lebih banyak hal. Dalam lirik-liriknya, Katy Perry juga mengeksplorasi bahwa jatuh cinta tak jarang membuat kamu bisa melupakan banyak hal dan terlena. Namun, pada bagian chorus kamu akan dibawa untuk menyadari bahwa tidak semua hal yang terlihat manis dan menyenangkan adalah realita. 


(Baca juga: Nostalgia! 7 Rekomendasi Lagu Katy Perry Wajib Didengar)


Pada bagian ini, bersama lirik, “Now, it’s clear to me that everything you see, ain’t always what it seems,” membantu kamu untuk melihat apakah perasaan dan jalan yang sedang kamu jalani saat ini sudah sesuai dengan dirimu sendiri? Di sini, Katy membawa kamu pada kisahnya yang sudah menyadari pentingnya self-aware dan kesadaran jika selama ini dirinya telah terbuai dengan mimpi dan harapan yang seharusnya tidak pernah diharapkan. Hal tersebut juga yang membuat dirinya merasa sesak dan tidak nyaman. Melanjutkan pada verse kedua, kamu akan melihat Katy Perry yang sudah mencintai dirinya dan realitanya lebih baik dari sebelumnya.


Dalam verse dua ini, Katy membantu kamu menyadari bahwa it’s okay to make a mistake, you can learn from it. You'll learn from your last choice, dan proses kesalahan itu juga yang akan membuat kamu tumbuh lebih baik. Dalam lirik, “I’m wide awake, and now I see everything in a different light” menunjukkan jika Katy akhirnya berdiri dengan sudut pandang baru yang membuatnya semakin yakin dan menghargai dirinya sendiri alih-alih terlena dengan hasrat dan opini orang lain. Sama dengan liriknya yang berbunyi, “Falling from cloud nine. Crashing from the high, I'm letting go tonight,” yang menunjukkan deklarasi kebebasan dan self-acceptance yang sudah hadir di dirinya.


Di bagian akhir lagu ini, Katy Perry menemani kamu untuk bangkit dari kesalahan, kegagalan, hingga situasi terpuruk lainnya. “God knows that I tried. Seeing the bright side, I'm not blind anymore,” bersama lirik ini Katy Perry mengajak kamu sebagai pendengar untuk menyadari bahwa kamu sudah berusaha, kamu sudah melakukan yang terbaik, dan jika hasil akhirnya tetap tidak memuaskan, it’s okay. Katy Perry membawa ceritanya dalam sisi yang semakin indah. Melalui lirik-lirik ini Katy mengeksplorasi jika pada akhirnya, apapun yang terjadi dalam kehidupannya, the only one who can help you is yourself, the only one who can tell you what to do is yourself. Jadi, dengan menyadari bahwa segala hal indah tidak akan selalu berakhir indah juga, kamu bisa mengontrol dirimu sendiri.


(Baca juga: Katy Perry Persembahkan Lagu Only Love Di AMAs Untuk Ayahnya)


Empowerment messages yang Katy Perry sajikan bersama lagu “Wide Awake” ini sangat penting dalam lingkungan masyarakat saat ini, saat banyak orang kehilangan kendali karena harapan, ekspektasi, dan keindahan yang seringkali tidak realistis pesan-pesan ini menjadi penting untuk menyadari that you are, your own support system. Dengan menghargai diri kamu sendiri, kamu akan bisa bangkit dan belajar dari kesalahan dan kembali sebagai sosok yang lebih baik.


(Penulis: Adila Firani)

Life & health