Kenali 6 Ciri-Ciri Kulit Wajah Butuh Eksfoliasi


  • Kenali 6 Ciri-Ciri Kulit Wajah Butuh Eksfoliasi
    Ciri-ciri kulit wajah butuh eksfoliasi dan wajib kamu kenali. (Foto: Dok. Undrey/iStock)

    Kamu ingin tampilan wajah lebih cerah dan bebas jerawat? Rutinitas skincare untuk membersihkan, melembapkan, dan menyehatkan kulit wajah sudah pasti jadi kebiasaan yang esensial. Proses eksfoliasi yang kamu lakukan setidaknya satu kali dalam satu minggu, baik melalui proses scrubbing atau mengaplikasikan toner.


    Dengan tujuan mengangkat sel-sel kulit mati dan membiarkannya lakukan regenerasi, proses eksfoliasi wajah cukup menjanjikan tampilan yang lebih cerah dan sehat. Namun, kamu perlu mengenali ciri-ciri saat kulit wajah butuh eksfoliasi dan Her World sudah merangkumnya buat kamu. Penasaran apa saja?




    1. Pori-pori tersumbat


    Ada masanya ketika rutinitasmu mencuci wajah tak membuat kulit terasa bersih maksimal. Apalagi kamu yang memiliki jenis kulit kombinasi atau berminyak, mengaplikasikan make up setiap harinya, dan ditambah menggunakan masker. Banyak debu dan kotoran, yang tanpa kamu sadari, masuk dan menyumbat pori-pori.


    Ini bisa jadi sinyal kulit wajah yang memintamu untuk lakukan proses eksfoliasi. Kalau masih belum yakin, gunakan kaca atau cermin pembesar agar kamu bisa melihat dan lebih yakin kalau pori-porimu butuh dieksfoliasi karena ini bisa dialami oleh semua jenis kulit.


    ciri-ciri kulit wajah butuh eksfoliasi

    (Efek pori-pori tersumbat salah satunya adalah jerawat. Foto: Dok. Anastasia Stiahailo/iStock)


    2. Kulitmu mudah terkelupas


    Tubuh bisa melakukan proses eksfoliasi sendiri atau setidaknya memberi sinyal agar kamu memberi waktu pada diri sendiri untuk melakukan proses itu. Secara aktif, kamu akan menemukan kulit-kulit kering yang terkelupas, baik di area wajah maupun tubuh, dan tubuh membutuhkan bantuanmu agar prosesnya lebih cepat.


    Kamu bisa melakukan tape test untuk melihat apakah sel-sel yang mati masih tertumpuk di kulitmu. Cukup menempelkan selotip pada area kulit, usap secara halus selama tiga detik, dan perlahan cabut. Kamu bisa melihat kulit mati yang terangkat pada selotip.


    3. Area pipi, kening, dan dagu yang berminyak


    Bagi kamu yang memiliki kulit berminyak atau kombinasi, mungkin menemukan beberapa area wajah berminyak adalah hal yang wajar. Namun, saat kulit semakin berminyak di area pipi, kening, dan dagu, ini jadi sinyal bahwa kamu sudah menjalani keseharian dengan wajah yang sudah lama tak dieksfoliasi.


    Jika minyak di area wajahmu terasa lebih banyak dari normal, itu tandanya kulit wajahmu kesulitan menyimpan hidrasi sehingga harus dikeluarkan. Dengan proses eksfoliasi, pori-pori tak lagi tersumbat, kulit wajah pun kembali bisa mengatur kelembapan dan perlahan mengurangi minyak berlebih yang muncul di permukaan.


    (Baca Juga: 5 Cara Eksfoliasi Wajah Yang Harus Dihindari, Sudah Tahu?)


    4. Wajah terlihat kusam


    Lapisan kulit mati dengan segala debu dan kotoran yang tersimpan menjadi ciri-ciri wajah butuh eksfoliasi. Dengan mengangkat sel-sel kulit mata, kamu juga mendorong regenerasi sel kulit untuk bekerja lebih maksimal sehingga secara alami, wajahmu akan terlihat lebih cerah dan berkilau.


    Untuk beberapa tipe kulit, ketika kamu menggunakan chemical atau physical exfoliant, ada kemungkinan kamu menambah lapisan proteksi pada kulit.


    5. Produk tak terserap secara maksimal


    Rutinitas skincare dengan berbagai produknya tak akan memberi efek pada kulit wajah jika pori-porinya sudah tersumbat sehingga tak bisa menyerap dengan baik. Justru, produk akan bertahan di permukaan kulit dan bisa menambah masalah ketika bercampur dengan make up, debu, dan lain-lainnya.


    Proses eksfoliasi yang akan membersihkan pori-pori wajahmu ini akan membantu penyerapan produk lebih baik dan cepat sehingga nutrisi untuk kulit wajahmu tetap terlindungi.


    ciri-ciri kulit wajah butuh eksfoliasi

    (Produk apapun tak ada terserap jika wajahmu tak tereksfoliasi. Foto: Dok. Polina Kovaleva/Pexels)


    6. Kulit terasa lebih halus merata


    Apalagi buat kamu yang suka atau menjalani aktivitas di luar ruangan, paparan sinar matahari tak bisa dihindari. Selain rajin mengaplikasikan sunscreen, proses eksfoliasi pun tak boleh terlewatkan. Sebab, paparan sinar matahari akan mempertebal beberapa bagian sehingga kulit terasa kasar dan bumpy. Jadi, proses eksfoliasi akan membantu kulit terasa lebih halus secara merata.


    Namun, sebagai catatan, buat kamu yang sunburnt, lakukan proses penyembuhan kulit sebelum melakukan eksfoliasi agar kulit tak semakin meradang.


    (Baca Juga: Wajah Purging Dan Breakout, Bagaimana Cara Membedakannya?)


    Dengan mengenali ciri-ciri kulit wajah butuh eksfoliasi seperti yang sudah Her World paparkan di atas, mungkin bisa jadi solusi masalah yang dialami kulit wajahmu selama ini. Semoga bermanfaat!





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below